Lagu Anak-Anak Bahasa Inggris Jika Digolongkan Berdasarkan Temanya

Saat ini lagu anak-anak yang mendidik sudah makin sedikit bahkan menghilang. Kini banyak anak-anak yang justru menyanyikan lagu untuk orang dewasa. Baik itu lagu dalam negeri maupun lagu dari luar negeri. Hal itu tentunya sangat menghawatirkan pasalnya mereka bahkan belum mengerti makna dari lagu yang mereka nyanyikan. Sebagai orang tua atau sosok dewasa yang mendampingi sudah selayaknya membantu anak-anak generasi penerus bangsa dengan menyuguhkan lagu anak-anak yang pas sesuai umur mereka.

Di zaman globalisasi seperti sekarang ini anak-anak memang lebih tertarik dengan lagu-lagu barat atau yang berbahasa Inggris. Orang tua bisa mencarikan lagu berbahasa Inggris untuk anak-anak mereka tentunya yang sesuai dengan usia anak.

Variasi lagu anak-anak sebenarnya sangat banyak sehingga orang tua tidak perlu khawatir kalau anak akan bosan bila diberi lagu yang itu-itu saja. Apalagi lagu berbahasa Inggris yang tersedia untuk beberapa tingkatan usia. Lagu-lagu anak berbahasa Inggris juga mudah diingat karena kebanyakan melodinya sama namun dipakai untuk lagu yang berbeda, contohnya ABC song dan Twinkle Twinkle Little Star. Jadi, orang tua yang kurang fasih berbahasa inggris tidak perlu khawatir.

Lagu Anak-Anak Bahasa Inggris

Berikut ini pasberita.com beberapa lagu anak berbahasa Inggris sesuai dengan temanya.

Bertema Angka

youtube.com

Lagu untuk anak-anak berbahasa Inggris bertema angka sangatlah banyak. Mulai dari lagu yang mengenalkan angka dari satu hingga sepuluh sampai lagu yang mengenalkan angka dari satu hingga seratus. Selain itu lagu-lagu bertema angka bahasa Inggris juga mengenalkan anak-anak dalam berhitung maju dari angka terkecil ke angka yang terbesar dan juga berhitung mundur dari angka terbesar ke angka yang terkecil.

Dengan begitu anak-anak bisa bernyanyi sambil berlajar dasar penjumlahan dan pengurangan. Beberapa lagu anak bertema angka dalam Bahasa Inggris, diantaranya:

  • Little Indian
  • Once I Got a Fish Alive
  • 5 Little Monkey
  • Five Little Duck
  • Big Number Song

Bertema Huruf

ef.co.id

Anak-anak paling suka lagu bertema huruf atau abjad, selain mudah diingat lagu-lagu bertema huruf memang bagus dikenalkan sejak dini. Melalui lagu bertema huruf anak-anak bisa belajar melafalkan huruf sebelum akhirnya dirangkai menjadi sebuah kata hingga akhirnya bisa berbicara hingga membaca.

Lagu-lagu bertema huruf cocok didengarkan untuk anak mulai usia satu tahun karena di usia tersebut anak sudah mulai belajar berbicara. Lagu berbahasa Inggris yang bertema huruf tidak hanya ABC Song masih ada lagu ejaan huruf yang keduanya tersedia dalam berbagai versi. Berikut lagu anak berbahasa Inggris dengan tema huruf.

  • ABC Song
  • Phonic Song

Bertema Hewan

ef.co.id

Anak-anak paling suka dengan hal-hal yang berbau binatang mulai dari boneka, pakaian, gambar, film, termasuk juga lagu tentang binatang. Lagu anak-anak berbahasa Inggris bertema binatang sangatlah banyak bahkan bisa dibilang mendominasi.

Lagu-lagu bertema binatang mungkin juga cukup familiar di telinga para orang tua karena lagu-lagu betema binatang termasuk jajaran lagu anak yang populer. Kebanyakan lagu bertema binatang juga mempunyai alunan musik yang disukai anak-anak sehingga mudah diingat. Berikut beberapa lagu bertema hewan yang populer, diantaranya:

  • Animal Sounds
  • Itsy Bitsy Spider
  • Six Little Duck
  • Old Mc Donald
  • Baa Baa Black Sheep
  • Little Pony

Bertema Alam dan Cuaca

Tema alam dan cuaca juga diangkat menjadi lirik dalam lagu anak-anak. Seperti lagu anak berbahasa Indonesia, lagu anak berbahasa Inggris juga ada yang bertema benda-benda alam dan cuaca. Lagu-lagu seperti ini biasanya sudah diajarkan di sekolah-sekolah taman kanak-kanak terutama yang berbasis bilingual atau internasional.

Lagu bertema benda alam dan cuaca memang cocok dimasukkan ke dalam dunia pendidikan sebagai sarana pembelajaran untuk mengenal benda-benda alam dan cuaca. Tidak hanya siswa taman kanak-kanak, lagu-lagu anak berbahasa Inggris dengan tema alam dan cuaca juga cocok diajarkan untuk anak Sekolah Dasar usia 7 – 8 tahun. Berikut beberapa lagu bertema alam dan cuaca, diantaranya:

  • Twinkle Twinkle Little Star
  • Rain Rain Go Away
  • How’s The Weather
  • Rainbow
  • Mr. Sun

Bertema Kendaraan

jagoanbahasainggris.com

Lagu yang disukai anak-anak selain bertema binatang adalah lagu-lagu dengan tema kendaraan. Lagu-lagu dengan tema kendaraan bisa dinyanyikan saat berpergian dengan anak. Tentunya kita harus memilih lagu yang sesuai dengan kendaraan yang kita naiki bersama anak-anak. Jangan menyanyikan lagu bis saat kita sedang naik kereta begitu juga sebaliknya. Bisa bisa anak akan bingung dengan makna lagunya. Apalagi yang dinyanyikan lagu berbahasa Inggris.

Lagu dengan tema kendaraan juga cocok dinyanyikan saat circle time di dalam kelas. Biasanya anak-anak usia taman kanak-kanak akan antusias menyanyikan lagu-lagu dengan tema kendaraan apalagi sambil diperagakan dengan gerakan. Beberapa lagu bertema kendaraan, antara lain:

  • The Wheel On The Bus
  • Down By The Station
  • Row Row You Boat

Bagian Tubuh

youtube.com

Tema body part atau bagian tubuh cocok untuk dinyanyikan dalam rangka mengenalkan bagian-bagian tubuh manusia pada anak. Lagu dengan tema ini bahkan cocok diajarkan untuk anak di bawah usia satu tahun.

Anak-anak yang belum lancar berbicara pasti akan lebih sering menunjuk atau memegang suatu objek yang diinginkannya termasuk juga bagian tubuhnya, seperti kepala, tangan maupun kaki. Agar anak lancar mengucapkan bagian tubuh mereka terutama dalam bahasa Inggris lagu-lagu bertema bagian tubug pas untuk diperdengarkan. Berikut lagu tentang bagian tubuh.

  • Fingers Song
  • Head, Shoulders, Knees, and Toes

Lainnya

youtube.com

Diluar tema angka, huruf, binatang, kendaraan, bagian tubuh, alam dan cuaca masih banyak lagu anak-anak berbahasa Inggris yang lainnya. Mulai dari yang singkat hingga yang liriknya sangat panjang. Lagu dengan lirik yang panjang biasanya diambil dari sebuah cerita, tapi bukan berarti semua lagu yang panjang berasal dari sebuah cerita.

Adapula lagu yang liriknya pendek namun diambil dari sebuah cerita anak-anak, seperti Humpty Dumpty. Selain panjang pendeknya lirik adapula lagu dengan lirik yang bisa dibilang tidak jelas temanya, seperti lagu Ram Sam Sam. Diluar panjang pendeknya lirik, berikut lagu anak-anak berbahasa Inggris populer lainnya:

  • Clamentine
  • Humpty Dumpty
  • London Bridge
  • Ram Sam Sam
  • Johny Johny Yes Papa
  • Hocky Poky
  • I Am A Little Tea Pot
  • Nice to Meet You

Lagu anak-anak berbahasa Inggris bagus diberikan untuk anak-anak sebagai sarana pembelajaran agar anak bisa dengan mudah menguasai bahasa Inggris. Selain memperkaya kosa kata anak-anak juga bisa belajar tentang pronunciation atau pelafalan kosa kata Bahasa Inggris. Tidak hanya belajar kosa kata dan pelafalan saja dari lagu anak berbahasa Inggris anak-anak juga bisa mengambil pelajaran dari makna yang terkandung dalam setiap lagu.

Beberapa lagu anak Berbahasa Inggris menyajikan lirik yang mengandung pesan moral. Ada lagu yang mengandung lirik tentang berbagi, ada pula lirik yang berpesan untuk tidak berbohong, dan masih banyak lagi. Memberikan lagu anak Bahasa Inggris kepada anak-anak sebenarnya sudah mengajarkan satu paket komplit. Tidak hanya bahasa, tapi juga moral dan olah vokal. Apalagi zaman sekarang yang memang tuntutan untuk bisa berbahasa asing terutama Bahasa Inggris sangat tinggi.

Memberikan anak lagu-lagu berbahasa Inggri sejak kecil merupakan solusi yang tepat karena dengan mengenalkan lagu sejak kecil maka anak akan terbiasa. Meskipun begitu sebagai orang Indonesia kita juga harus mengajarkan anak-anak lagu dengan bahasa Ibu mereka agar tumbuh menjadi generasi penerus bangsa yang cinta tanah airnya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.