37 Lagu Banyuwangi Terbaik yang Membuatmu Ingin Joget

Lagu Banyuwangi Terbaik – Apa yang ada di benak kalian bila mendengar kata banyuwangi. Mungkin sebagian besar dari kalian akan langsung terpikir tempat menyeberang terdekat untuk ke Pulau Bali. Ya, memang Kabupaten Banyuwangi adalah daerah yang letaknya di ujung bagian timur pulau Jawa. Dari Banyuwangi juga kalian yang ingin ke Bali menggunakan kapal laut bisa menyeberang disana.

Lagu Banyuwangi Terbaik

Pelabuhan Ketapang adalah pelabuhan yang dimaksud disini dan merupakan satu-satunya jalur laut terpendek untuk menuju Pelabuhan Gilimanuk. Ada kisah fiksi yang terkenal tentang nama Banyuwangi. Cerita tersebut tentang kisah seorang putri yang bernama Sri Tanjung. Sri Tanjung diragukan oleh suaminya Raden Banterang mengandung anak orang lain.

Ia dibunuh oleh suaminya di pinggir sungai. Sebelum pedang dihunuskan sang putri bersumpah sambil berkata jika darah yang mengalir berbau amis berarti anak tersebut bukan anak mereka. Sedangkan jika air sungai berbau wangi maka anak yang dikandungnya adalah anak mereka.

Selain cerita rakyat tentang Banyuwangi ada hal menarik lain yang akhir-akhir ini sering dicari di mesin pencarian google, yaitu lagu Banyuwangi. Lagu Banyuwangi terbaik rata-rata didominasi oleh lagu-lagu dangdut koplo Jawa Timuran seperti kebanyakan daerah lain di Jawa Timur. Berikut ini beberapa lagu Banyuwangi terbaik yang kerap dimainkan.

Lagu Banyuwangi Terbaik

1. Kelangan

2. Singkur-singkuran
3. Mrekes Ati
4. Sun Wes Lilo
5. Wegah Kelangan
6. Wedi Kelangan
7. Ngelabur Langit
8. Sun Roso
9. Sing Biso
10. Angenan
11. Koyo Langit Ambi Bumi
12. Wes Pungkas
13. Sing Biso Sirno
14. Cukup Rogo Isun
15. Mempeng
16. Baliko Maning
17. Senandunge Ati
18. Selendang Angen
19. Tutupe Wirang
20. Kanggo Riko
21. Ojo Nguber Welas
22. Abang-abang Lambe
23. Tanpo Riko
24. Kelayung Layung
25. Wong Nomor Telu
26. Kembang Kertas
27. Nyesel
28. Dipateni Endeng Endeng
29. Percumo Baen
30. Lalekno Baen
31. Ngeloro Galih
32. Bisane Mung Nyawang

33. Kepaling
34. Temangsang
35. Sing Kanti
36. Gawe Paran
37. Ganti Cerito

Penyanyi Banyuwangi

Beberapa lagu Banyuwangi diatas banyak dibawakan oleh penyanyi-penyanyi asli Banyuwangi, seperti Nanda Feraro, Wandra, Reny Farida, Demy, Olivia, serta Rozi Abdillah.

Nanda Feraro merupakan pria kelahiran Banyuwangi yang mulai terjun di dunia tarik suara pada tahun 2013. Nama Nanda semakin melejit di tahun 2016 dengan singlenya yang berjudul Bisane Mung Nyawang. Saat ini ia berkarir dibawah label Banyuwangi Records Management dan Aura Musik Pop.

Ainur Rofiq Wandra Resturian atau yang lebih dikenal dengan Wandra merupakan penyayi asli Banyuwangi. Ia berasal dari dusun Krajan, Desa Kebaman, Kecamatan Srono, Banyuwangi. Laki-laki bertubuh kurus ini kelahiran tahun 1995 lho. Bakat bernyayinya sudah terlihat sejak usianya masih belia. Di bangku SMA wandra pernah menjuarai kontes bernyanyi se Jawa Timur dan berhasil menjadi Juara 1.

Reny farida bisa dibilang sebagai “Diva” nya Banyuwangi. Ia bahkan mempunyai basis penggemar yang cukup banyak. Reny menyebut mereka sebagai SRF atau Sahabat Reny Farida. Meski sudah berkeluarga Reny Tetap saja Eksis di panggung-panggung kendang kempul banyuwangi dan sekitarnya.

Demy merupakan pria kelahiran Jajag, Banyuwangi tahun 1981. Tak hanya sebagai penyanyi ia juga kerap menciptakan lagu-lagu yang ia bawakan. Salah satu single hitsnya adalah wedus yang sempat menjadi kontroversi karena dianggap melecehkan agama Islam. Kini lagu wedus sudah ditarik dari peredaran, tetapi lagu tersebut juga sudah melekat ditelinga para penggemar dangdut koplo.

Olivia adalah model cantik asal Banyuwangi yang juga merambah bidang tarik suara. Sedangkan Rozi Abdillah salah satu kontestan bintang panturan di stasiun TV Indosiar.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*