10 Lagu Barat Yang Bakal Membuat Anak Rantau Homesick Akut

Kondisi sedih adalah ketika segala sesuatu terasa sangat memilukan. Menurut KBBI secara bahasa, sedih didentikkan dengan sendu, isak, dan tangis.

Jadi dapat disimpulkan bahwa sedih adalah keadaan yang dapat membuang seorang menangis pilu dan terisak-isak. Penyebabnya mungkin berbeda-beda, karena setiap orang memiliki tingkat kesediahan yang berbeda pula.

Menjadi anak rantau misalnya, sungguh berapa juta rindu yang telah ditabung mereka saat harus jauh dari rumah dan orang terkasihnya.

Namun, perjuangan harus tetap dilanjutkan demi kehidupan yang lebih baik kelak. Bertahanlah wahai sesama anak rantau, Mamak menanti hadiah keberhasilanmu!

Menjadi anak rantau itu berat, bahkan Dilan saja tak akan sanggup menanggungnya. Ketika kamu pergi melangkahkan kakimu dari kampung halaman, dari situlah perjuanganmu dimulai.

Saat orang tuamu berpesan “Sejauh manapun kau akan pergi, ingat selalu bahwa doa kami selalu menyertaimu”, disitu pulalah mereka menaruh harapan yang terbaik bagimu.

Maka bagi anak rantau di seluruh belahan dunia dimanapun kalian berada, berjuanglah dengan sungguh-sungguh. Demi doa orang tua yang tidak pernah putus dan demi cita-citamu yang akan kamu wujudkan di masa depan kelak.


Lagu Barat Sedih


Musik adalah sebuah wujud dalam mewakili perasaan seseorang. Lagu-lagu tentang rindu kepada rumah dan seisinya tentu menjadi soundtrack dalam hidup kalian saat ingin sekali pulang.

Lagu sedih tidak melulu terkait patah hati dan putus cinta, lagu tentang hidup sendiri di perantauan terkadang memiliki tingkat kesedihan yang lebih klimaks dibandingkan dengan lagu patah hati pada umumnya.

Seperti lagu “Home” milik Michael Buble masih menjadi masterpiece dalam membuat kita menitikkan air mata karena rindu rumah.

Selain itu, masih banyak lagu-lagu sedih lainnya bertemakan tentang sebuah rindu akan rumah. Check this out!

1. Home – Michael Buble

Siapa yang tidak tahu dengan lagu legend ini? Suara Michael Buble nan merdu dipadu dengan lirik lagu nan dalam menjadi alunan yang komplit akan menambah rasa rindumu akan rumah.

Sudah dicover berulang-ulang namun tetap Michael Buble lah yang menjadi juara dalam menyanyikannya. “Let me go home…..” penggalan lirik dari reff. lagu ini dijamin akan membuatmu ingin langsung pesat tiket pesawat agar bisa pulang saat ini juga. Seandainya bisa??

2. 93 Million Miles – Jason Mraz

Tidak terlalu termehek-mehek sih kalau mendengarkan lagu ini, karena liriknya yang indah berhasil dikemas dalam alunan nada yang bijak oleh Jason Mraz.

Juara memang si abang Jason ini! Saat mendengarkan lagu ini, kamu akan merasakan kehadiran orang tua disisimu dan mereka berkata “Sabarlah nak, tuntaskan mimpimu! Kemanapun kau pergi pintu rumah akan selalu terbuka lebar bagimu. Kami menantimu.” Hwuaaaaaaa,,, tetap aja sedih ya!

3. Stop This Train – John Mayer

John Mayer pernah mengatakan bahwa ia pasti merinding setiap membawakan lagu ini, “I don’t know how to playing this live, because this song is one kind of emotional song for me” kata John di salah satu acara radio swasta.

Lagu ini diperuntukkan bagi kedua orang tuanya, dimana di lagu John ingin menyampaikan bahwa pada saat itu dia sangat takut untuk menjadi dewasa dan harus terpisah dari kedua orang tuanya.

Dia ingin keadaan tidak berubah dan tetap pada masa dimana ia masih dikelilingi orang-orang tersayangnya.

Namun, sekali lagi hidup mengajarkan bahwa waktu tidak pernah terhenti dan kamu akan menaiki “kereta”-mu sendiri. Dengerin deh lagu ini, liriknya ngena banget!

4. (I Want To) Come Home – Paul McCartney

Lagu lawas ini menjadi soundtrack sebuah film pada tahun 2009 yang berjudul “Everybody’s Fine”. Berkisah tentang seorang Ayah yang tinggal sendiri oleh anak-anaknya, sehingga ia merasa kesepian.

Sang Ayah berharap keluarganya akan berkumpul kembali pada setiap hari Natal, namun anak-anaknya sibuk dengan pekerjaan masing-masing.

Penasaran dengan kondisi anak-anaknya yang terpencar di berbagai kota, ia memutuskan untuk mengunjungi anaknya satu persatu sebelum Natal.

5. Wild World – Joanna Wang

Lagu ini didekasikan untuk semua anak perempuan yang merantau jauh nun disana nih. Aslinya lagu ini dinyanyikan oleh Mr. Big, yang kemudian dicover ulang oleh Joanna Wang dengan irama yang lebih melankoli yang berhasil membuat kamu merindukan sosok sang Ayah disampingmu saat ini.

Lagu ini seolah mewakili pesan seluruh Ayah di dunia ini kepada anak perempuannya, bahwa berhati-hatilah di dunia baru yang akan kamu pijak.

Bijaklah dalam berkawan, jangsan sampai terjerumus ke hal-hal yang tidak baik. “Sampai kapanpun kamu tetaplah gadis kecil Ayah”.

6. Homesick – Kings Of Convenience

“Homesick, ‘cause I no longer know where home is?” menyanyikan lagu ini sambil nangis bombay. It’s okay, hal itu menggambarkan betapa kerinduanmu pada rumah sudah sampai di titik puncaknya.

Lirik pada lagu ini memang sangat pilu menyayat hati, sehingga setiap yang mendengarnya akan ikut baper walau sedang tidak homesick.

7. Take Me Home, Country Roads – John Denver

Jika kalian generasi 2000-an maka kalian akan merasa asing dengan lagu ini. Namun, bagi generasi 90-an ke atas lagu ini adalah soundtrack hidup yang menemani semasa kalian sedang menuntut study di negeri asing dan jauh dari keluarga.

Bagi merasa pernah menuntut ilmu yang sangat lama di luar negeri pasti mewek setiap mendengar lagu ini.

Musik countrynya mengingatkan kita pada jalanan di kampung halaman yang dikelilingi sawah luas membentang di kanan kirinya. Ah.. Sudahlah.

8. Landslide – Fleetwood Mac

Menjadi tua itu pasti, namun menjadi dewasa adalah sebuah pilihan. Tingkat kedewasaan seseorang tidak berbanding lurus dengan usianya, semakin bertambah usia belum tentu membuatnya semakin dewasa.

Terkadang kita terlalu takut untuk menerima perubahan baru di dalam hidup kita, kenyataan bahwa setiap harinya usia akan bertambah dan kenyataan bahwa dewasa nanti kita akan memulai hal baru dalam setiap babak kehidupan.

Well, I’ve been afraid of changin’
‘Cause I’ve built my life around you
But time makes you bolder
Even children get older
And I’m getting older, too
Oh, I’m getting older, too

Lagu ini dipersembahkan untuk seluruh Ayah di dunia, we are really miss you Dad ! –your daughter

9. Home – Gabrielle Aplin

Menurut pelantun tembang “Please Don’t Say You Love Me” ini rumah adalah tempat dimana hatimu tertambat, tempat dimana kamu kembali ketika merasa sendiri, dan tempat dimana kamu beristirahat sejenak melepaskan semua beban hidup yang kamu pikul selama ini. “home is where you go to rest your bones” begitulah sepenggal lirik dari lagu ini.

Lagu ini dijadikan soundtrack film “Brooklyn” yang mengisahkan tentang gadis Irish yang pergi merantau dan berjuang mencari pekerjaan di belahan bumi Amerika.

Semua konflik tentang kesepian dan rindu rumah di dilm tersebut bakal ngena banget di perasaan para anak rantau.

10. Dear God – Avenged Sevenfold

Miles away from those I love purpose undefined” sepenggal lirik pada awal lagu ini sukses membuat air matamu menetes, mewakili setiap keping rindu yang telah kamu tabung bertahun-tahun lamanya.

Demi kepingan-kepingan rindu yang belum terbayar tuntas, biarlah lagu ini mewakili doamu malam ini. Semoga Tuhan selalu melindungi orang-orang yang kamu sayagi nun jauh disana. Aamiin!

Karena segala sesuatu diciptakan berdamping-dampingan, maka tidak ada seorangpun di dunia ini yang bisa bertahan sendiri.

Setegar dan sekuat apapun dirinya pasti pernah merasa pilu karena rindu. Kenapa? Karena setiap manusia memiliki ‘hati’, dan disitulah rindu terletak. Bless for all the parenst in the world.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.