39 Lagu Ebiet Terbaik Sepanjang Masa yang Penuh Makna

Lagu Ebiet Terbaik – Siapa sih yang tak kenal Ebiet G Ade penyanyi bernama lengkap Abid Ghoffar bin Aboe Dja’far ini sudah tidak asing lagi di belantika musik Indonesia. Ebiet G Ade adalah penyanyi kelahiran Wandadi, Banjarnegara 21 April 1954. Karir bermusiknya dimulai pada tahun 1979 tepatnya di Yogyakarta, sehingga ia sering dianggap sebagai musisi Jogja.

Ia merupakan salah satu penyanyi legendaris di Indonesia yang mempunyai suara khas. Bahkan suaranya tak dimiliki oleh anaknya yang juga seorang penyanyi, yaitu Adera. Adakah yang baru tahu kalau Adera merupakan anak dari Ebiet G ade. Sekilas wajahnya memang mirip, tapi jenis suara serta lagu yang mereka bawakan cukup berbeda.

Lagu Ebiet Terbaik

Ebiet kerap membawakan lagu-lagu yang bertemakan alam serta duka derita kelompok tersisih. Meskipun begitu ia tetap mempunyai banyak lagu dengan tema yang juga cukup beragam. Entah itu tema tentang cinta, sosial-politik, religi, keluarga, dan sebagainya. Tentunya masih bergenre pop-balad. Berikut ini lagu-lagu terbaik dari Ebiet G Ade.

1. Berita Kepada Kawan
2. Sebuah Tragedi
3. Untuk Kita Renungkan
4. Masih Ada Waktu
5. Camelia

6. Bunga-bunga Cinta
7. Nyanyian Suara Hati
8. Menjaring Matahari
9. Yang Terluka
10. Yogyakarta
11. Huru Hara
12. Seraut Wajah
13. Langit Terluka
14. Kembara Lintas Panjang
15. Kupu-kupu Kertas

16. Hidupku MilikMu
17. Kosong
18. Titip Rindu buat Ayah
19. Cinta Sebening EMbun
20. Elegi Esok Pagi
21. Senandung Jatuh Cinta
22. Biarlah Aku Diam
23. Dosa Siapa? Ini Dosa Siapa?
24. Untuk Kita Renungkan
25. Nyanyian Ombak
26. Rembulan Menangis
27. Isyu
28. Nyanyian Getir Tanah Air
29. Bias Warna
30. Rindu KehadiranMu
31. Bahasa Matahari
32. Kontradiksi Di Dalam
33. Ingin Ku Peluk Bintang Kejora
34. Cinta Di Kerata Biru Malam
35. Demikianlah Cinta
36. Untuk Anakku Tercinta
37. Surat Dari Desa
38. Berita Kepada Kawan
39. Mengarungi Keberkahan Tuhan

Perjalanan Karir Ebiet (dengan Lagu Ebiet Terbaik)

Selain beberapa single hits diatas Ebiet masih mempunyai banyak pulluhan lagu lainnya. Lagu-lagu tersebut tergabung di dalam beberapa album, baik itu album studio maupun album kompilasi. Selama berkarir Ebiet G Ade telah mengeluarkan album studio sebanyak 22 buah dari tahun 1979 – 2013.

Ada pula beberapa album kompilasi yang umumnya berisi lagu-lagu terbaik maupun lagu sesuai dengan temanya. Tidak semua album dari Ebiet G Ade berisikan lagu-lagu baru. Ia sering merilis ulang beberapa lagu lamanya yang sukses di pasaran baik dengan arasemen asli maupun diaransemen ulang.

Tak hanya menggarap sendiri setiap album yang dikeluarkan ia juga kerap berkolaborasi dengan beberapa musisi berbakat tanah air. Sebut saja Addie MS, Dodo Zakaria, ian Antono, Billy J, Purwacaraka, Erwin Gutawa, Kla Project, Dwiki Darmawan, dan Andi Rianto.

Saat Tragedi Tsunami Aceh di tahun 2004 Ebiet juga menyumbangkan suaranya beserta dengan beberapa musisi tanah air lainnya di Album Kita Untuk Mereka. Di dalam salah satu lagunya, yaitu Indonesian Voice ia menyumbangkan suara emasnya bersama dengan semua artis yang terkait dalam penggarapan album tersebut.

Sukses dengan banyak lagu dan albumnya Ebiet G Ade juga berhasil mendapatkan beberapa penghargaan di bidang musik karnanya. Penghargaan yang pernah diterimanya, antara lain BASF Award di tahun 1984 – 1988, Penyanyi Solo dan balada terbaik di tahun 1997 AMI, Lagu Terbaik AMI Sharp Award di Tahu 2000, dan Planet Muzik Award di Singapura pada tahun 2002, serta beberapa penghargaan lainnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*