9 Lagu Green Day Terbaik Setelah Lebih dari Seperempat Abad Berkarya

Hello September, how’s life? Berharap semua kabar baik hadir bagi kalian semua. Berbicara tentang bulan September nih, masih ingat dengan penggalan lagu berikut “summer has come and passed, the innocent can never last, wake me up when september ends”. Yups, pasti kalian bernyanyi saat membacakan lirik dari salah satu lagu Green Day terbaik tersebut. Lagu berjudul “Wake Me Up When September Ends” ini menjadi hits fenomenal sepanjang masa, hingga kini 14 tahun lamanya sejak lagu itu pertama kali dirilis.

Green Day adalah band punk rock asal Amerika yang dibentuk pada tahun 1987 di Berkeley. Awal mulanya band yang terdiri dari Billie Joe Armstrong, Mike Dirnt, dan Tre Coll ini bernama “Sweet Children” yang pada saat itu mereka baru berusia 15 tahun. Mulai berganti nama menjadi Green Day saat mereka menandatangi kontrak dengan label Reprise Record.

Pasca menandatangi kontrak, Green Day kemudian merilis album ketiga mereka bertajuk “Dookie” yang membuat nama mereka mendunia. Singel-singel terbaik seperti “Longview”, “Bascet Case”, “When I Come Around”, dan “Welcome to Paradise” berhasil masuk chart Billboard dan menjawarai chart lagu di beberapa negara.

“Basket Case” sendiri adalah lagu yang melejitkan nama Green Day, saat memulai karir sampai kini telah melalang buana di blantika musik dunia lebih dari seperempat abad lamanya. Hingga kini mereka telah menelurkan 12 album studio dengan singel-singel yang memikat seperti “Boulevard of Broken Dreams”, “American Idiot”, “21 Guns”, dan “Good Riddance (Time of Your Life)”.

Lagu Green Day Terbaik

Beberapa album mereka setelah “Dookie (1994)” yang berisi lagu Green Day terbaik yaitu, “Insomniac (1995)”, “Nimrod (1997)”, “Warning (2000)”, “American Idiot (2004)”, “21st Century Breakdown (2009)”, album trilogi bertajuk “Uno!, Dos!, Tre! (2012)”, dan album ke-12 mereka bertajuk “Radio Revolution (2016)”. Berikut 9 list lagu terbaik sepanjang masa dari band yang memenangi Grammy Award kategori album fenomenal tersebut:

1. Boulevard of Broken Dreams (2004)

Lagu yang menjadi singel kedua dari album ketujuh mereka “American Idiot” ini ditulis oleh sang vokalis Billie Joe Amstrong. Tercatat menjadi lagu tersuksesnya Green Day, “Boulevard of Broken Dream” mencapapi posisi #2 di US Billboard Hot 100 dan menempati posisi jawara di US Billboard Pop 100.

Bisa dibilang lagu ini menjadi salah satu lagu yang paling menyentuh dari band Green Day. Mengisahkan tentang perasaan kesendirian dalam mengejar cita-cita. Beberapa prestasi yang diraih Green Day lewat lagu ini yaitu menjadi satu-satunya lagu yang menyabet penghargaan Grammy Award for Record of The Year dan MTV Video Music Award for Video of The Year sekaligus.

2. 21 Guns (2009)

Diambil dari album studio kedua Green Day berjudul “21st Century Breakdown”. Lagu yang memiliki makna rasa patriotisme ini membawa Green Day pada penghargaan MTV Video Music Award untuk kategori Video Rock Terbaik, Sinematografi Terbaik, dan Penyutradaan Terbaik.

3. Wake Me Up When September Ends (2005)

Lagu ini menjadi lagu kedua Green Day yang memasuki chart Top 10 Single. Merupakan singel keempat dari album yang bertajuk “American Idiots”, lagu ini mencapai posisi #6 di US Billboard Hot 100 dan bertengger di posisi #2 pada US Hot Modern Rock Tracks.

“Wake Me Up When Sepetember Ends” merupakan sebuah nyanyian tentang kesedihan Billie Joe Armstrong yang menulis lagu ini untuk mengenang Ayahnya yang meninggal karena kanker pada 10 September 1982. Saat itu usia Armstrong masih sangat belia, yaitu 10 tahun. Selain itu lagu ini juga menjadi simbol dedikasi untuk peristiwa serangan 11 September yang menyabet berbagai penghargaan.

4. American Idiot (2004)

Selain judul lagu, “American Idiot” dijadikan sebagai judul album dari album studio ketujuh Green Day. “American Idiot” sendiri merupakan sebuah album dengan konsep yang menceritakan seputar tokoh fiksi anti-hero, Jesus of Suburbia”.

Lagu yang menjadi singel utama di album ketujuh ini berhasil menduduki posisi #61 pada tangga lagu Billboard Hot 100 dan menjadi singel pertama Green Day yang masuk peringkat lima besar di Inggris, yaitu pada posisi #3. Liriknya yang dipenuhi kritikan pedas dan frontal kabarnya ditujukan pada pemerintahan Amerika yang berlebihan dalam mengurusi peristiwa perang Iraq.

5. Still Breathing (2016)

“Still Breathing” merupakan singel kedua dari album studio ke-12 Green Day yang berjudul “Revolution Radio”. Lagu yang menempati posisi puncak #1 chart US Alternative Songs, US Mainstream Rock, US Rock Airplay, dan Canada Rock ini adalah nyanyian yang mewakili perasaan seseorang yang menemukan kekuatan di balik kerasnya persaingan kehidupan.

6. Waiting (2000)

Bagi yang sedang berputus asa, mending dengerin lagu ini deh agar semangat kamu bangkit lagi. Lagu yang diambil dari album “Warning” ini bercerita tentang rasa opsimisme. Salah satu lagu yang fresh dari Green Day tentang seseorang yang menginginkal hal baru dan berbeda dalam hidupnya. Ia menginginkan hidup yang lebih baik lagi di masa depan walaupun banyak rintangan dan resiko yang akan dihadapi nanti.

7. Good Riddance (Time of Your Life) (1997)

Popularitas Green Day yang sempat menurun pada saat itu kembali melejit setelah merilis lagu “Good Riddance (Time of Your Life” ini. Lagu dengan durasi 2 menit 34 detik tersebut merupakan satu-satunya lagu akustik ballad dari Green Day. Petikan gitar yang diiringi suara violin yang begitu harmonis membuat lagu ini mencapai posisi jawara di US Billboard pada masa itu.

Lagu lawas ini merupakan singel kedua dari album studio kelima Green Day bertajuk “Nimrod”. Terdapat pesan yang bijak dalam lagu ini agar kita tidak menyia-nyiakan waktu, karena kita tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan nanti. So, use your time wisely my friend!

8. Holiday (2005)

Jika kalian mengira lagu ini menceritakan tentang liburan musim panas yang indah, maka jawabannya adalah tidak. Lagu yang merupakan prelude untuk lagu “Boulevard of Broken Dreams” ini berisi tentang kritikan keras terhadap para pemimpin dunia. Berisi ajakan kepada seluruh masyarakat di dunia agar tidak mendukung segala sesuatu yang berhubungan dengan perang.

Senada dengan lagu-lagu lainnya dari album “American Idiot”, “Holiday” mengajak kita untuk mencintai perdamaian, bahwa perang bukanlah cara yang benar dalam menyelesaikan suatu masalah. Lagu ini berhasil meraih popularitas di seluruh dunia, seperti sukses mencapai peringkat #1 pada chart US Hot Modern Rock Tracks dan tercatat terjual sebanyak 1.452.000 copy per Juli 2010.

9. Basket Case (1994)

Singel pertama yang melejitkan nama Green Day ke mata dunia, meskipun lawas namun lagu ini menjadi lagu Green Day terbaik yang tak boleh ditinggalkan. Diambil dari album ketiga mereka bertajuk “Dookie”, lagu ini menceritakan kisah sang vokalis Billie saat didiagnosa mengidap Panic Disorder. Jika kalian menonton video klip di atas, maka latarnya adalah Rumah Sakit Jiwa (RSJ). Tapi tenang saja sekarang Bang Billie sudah sembuh kok.

Segudang prestasi telah diraih Green Day, salah satu yang teranyar yaitu menerima penghargaan sebagai Global Icons pada perayaan MTV Europe Music Award tahun 2016. Telah 31 tahun mereka berkarir tidak membuat Green Day berhenti berkarya, November tahun lalu mereka merilis singel berjudul “Back In The USA” dan “Ordinary World” dari album terbaru bertajuk “Greatest Hist: God’s Favorite Band (2017)”. Wah masih akan berkarya hingga satu abad ke depan nih sepertinya Green Day, semoga sukses terus ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.