17 Lagu Jazz Terbaik Indonesia yang Paling Populer di Banyak Kalangan

Musik jazz dianggap sebagi musik kalangan tingkat tinggi. Setidaknya begitulah pendapat sebagian orang karena perhelatan konsernya pun memiliki tema tersendiri. Di Yogyakarta misalnya, sekali dalam setahun selalu diadakan konsen musik jazz dengan nama Prambanan Jazz. Lagu-lagu jazz terbaik biasanya dibawakan di sepanjang acara oleh penyanyi-penyanyi ternama tanah air.

Popularitas musik jazz pun terus menanjak di tanah air. Banyak dari musisi Indonesia yang kini ikut terjun ke dunia jazz. Hal ini karena musik jazz adalah jenis musik yang easy listening dan mudah dikombinasikan dengan berbagai genre musik lainnya. Hingga terkadang banyak yang salah menilai sebuah lagu yang disangka pop ternyata mengandung unsur jazz di dalamnya.

Lagu Jazz Terbaik

Banyak yang merasa tidak pernah mendengarkan lagu jazz sebelumnya, padahal mungkin hampir setiap hari mereka mendengarnya di radio. Bagi kamu yang masih merasa asing dengan musik jazz, berikut 17 lagu populer dari penyanyi papan atas yang luput dari kesadaran kamu bahwa lagu tersebut merupakan lagu jazz.

1. Could It Be – Raisa (2011)

Lagu ini dilantunkan oleh panyanyi cantik asal Bandung, Raisa. “Could It Be” merupakan single utama dari album Raisa yang bertajuk “Raisa”. Lagu ini berhasil menjadi jawara selama lima minggu di chart album weekly Indonesia. Berkat kepopuleran “Could It Be”, lagu jazz terbaik ini mengantarkan nama Raisa menjadi pemenang Pendatang Baru Terbaik di ajang AMI Award 2012.

2. Sepatu – Tulus (2014)

Salah satu single dari album “Gajah” ini masuk dalam nominasi Indonesian Choice Award untuk kategori Song of the Year. Bagi kamu mungkin lagu ini terdengar seperti lagu pop biasa, namun nyatanya “Sepatu” masuk dalam genre lagu jazz terbaik di tanah air. Nuansa jazz yang santai pada lagu ini cocok untuk menemani ngopi di pagi hari.

3. Kisah dari Selatan Jakarta – White Shoes and The Couples Company (2010)

White Shoes and The Couples Company merupakan salah satu band indie alternatif yang telah menelurkan beberapa lagu jazz terbaik. Lagu “Kisah dari Selatan Jakarta” merupakan single ke-12 dari album studio mereka berjudul “Vakansi”. Lagu berdurasi 4 menit 38 detik ini dapat menjadi hiburan asyik di sela kebosanan kamu dengan rutinitas yang monoton.

4. Jangan Cintai Aku Apa Adanya – Tulus (2014)

Lagu ini dirilis tepat setelah lagu “Sepatu” diorbitkan. “Jangan Cintai Aku Apa Adanya” kembali meroketkan nama Tulus lewat banyakknya penghargaan yang ia peroleh dari AMI Award kategori Artis Solo Pria Pop Terbaik 2015, Pencipta Lagu Pop Terbaik 2015, dan kategori Karya Produksi Terbaik Terbaik 2015. Selain itu pada tahun 2016 Tulus juga memperoleh penghargaan dari ajang Dahsyatnya Award untuk Video Klip Terdahsyat.

5. Sahabat Setia – Andien (2002)

Tentu sudah tidak diragukan lagi kualitas musik jazz dari penyanyi mungil, Andien. “Sahabat Setia” merupakan single utama ketiga dari album kedua solo Andien bertajuk “Kinanti”. Kala itu Andin masih muda sekali, belum memiliki anak dan masih single. Saat mendengarkan lagu ini pikiranmu akan kembali melayang ke masa putih abu-abu dulu.

6. Pilihanku – Maliq & D’Essentials (2009)

Ayoo siapa yang pasti selalu hadir di setiap perhelatan konser off air nya band jazz terbaik tanah air ini. Aliran jazz telah melekat dan mendarah daging pada warna musik Maliq & D’Essentials. “Pilihanku” menjadi single andalan dari album kelima mereka bertajuk “Mata Hati Telinga”. Sebagai rekomendasi, lagu ini cocok dijadikan buat lamaran lho wahai pria-pria yang sudah siap menikah.

7. Pergi untuk Kembali – Ello (2005)

Salah satu karya terbaik Ello di masa-masa awal memulai karirnya dulu. “Pergi Untuk Kembali” merupakan lagu jazz yang groovy dan enak didengarkan saat nongkrong di kafe bersama teman-teman terbaik. Lagu yang cocok bagi para pejuang LDR ini diiringi oleh alunan musik yang lambat dengan sesekali hentakan.

8. Takkan Rela – Calvin Jeremy (2012)

“Takkan Rela” merupakan lagu jazz terbaik karya Calvin Jeremy dari album keduanya “Calvin Jeremy”. Bagi yang masih merasa asing, coba dengerin dulu deh lagunya kamu akan tersihir oleh sura soft dari penyanyi berusia 27 tahun tersebut.

9. Bye Bye – Raisa (2013)

Meski menceritakan sebuah perpisahan namun lagu ini terdengar santai dengan iringin musik jazz yang sangat feminis. Perpaduan suara Raisa yang nge-jazz banget dan musik yang pelan namun asik ini membuat lagu “Bye Bye” terdengar tak sendu sama sekali. Jika mendengarkan lagu ini saat patah hati mungkin kamu akan langsung move on.

10. Indahnya Dunia – Andien (2017)

Single utama dari album terbaru Andien bertajuk “Metamorfosa” ini seolah-olah mengajak kamu kembali ke masa lalu. Penggarapan lagu ini dimulai sejak awal kehamilan Andien, sehingga lagu-lagu dalam album ini agak terasa lebih sensitif dan perasa. Pada video klip “Indahnya Dunia” kamu akan melihat sisi dari dunia yang berbeda. Penasaran, langsung klik video di bawah ini ya!

11. Jangan Pernah Berubah – Marcell (2003)

Sekilas lagu lawas ini terdengar seperti lagu pop biasa. Namun tanpa kamu sadari lagu bertempo lambat ini diiringi irama yang nge-jazz di belakangnya. Proses penggarapan lagu ini saja melibatkan beberapa pencipta lagu jazz andal seperti Glenn Fredly, Melly Goeslaw, Tohpati, dan lainnya. Tak heran jika lagu ini langsung hits setelah dirilis.

12. Terdiam – Maliq & D’Essentials (2005)

Apakah kau kurasakan getaranku pada dirimu, ku hanya duduk terdiam menunggu untuk tahu namamu. Siapa yang tak asing dengan lirik tersebut? Yup, penggalan reff dari lagu “Terdiam” ini memang sudah menggema di telinga masyarakat. Lagu ini merupakan salah satu single dari album Maliq & D’Essentials berjudul “1st”.

13. Aku Ingin – Indra Lesmana (1990)

Lagu ini menjadi hits andalan Indra Lesmana di album solonya dan menjadi lagu jazz terbaik Indonesia di tahun 90-an. Lirik lagunya bercerita tentang keinginan seseorang untuk bebas dan terlepas dari masa lalu yang menghantuinya. Ia ingin melupakan kisah-kisah lama yang menyakitkan dan memulai hidup yang baru lagi.

14. Everybody Knew – Citra Scholastika (2013)

“Everybody Knew” merupakan single kedua dari album Citra bertajuk “Pasti Bisa”. Artis jebolan Indonesian Idol ini karirnya semakin melejit dari waktu ke waktu. Karakter vokal Citra yang unik membuat Citra masuk ke dalam jajaran artiz jazz terpopuler di Indonesia.

15. Sedari Dulu – Tompi (2008)

Ketika berbicara tentang musik jazz tentu kamu tidak boleh melupakan dokter ahli bedah satu ini, Tompi. Kiprah Tompi di arena musik jazz sudah tidak bisa dianggap remeh. Lagu-lagu yang diciptakannya telah banyak melambungkan nama penyanyi papan atas tanah air. ‘Sedari Dulu” merupakan lagu dengan tema cinta yang diciptakan sendiri oleh Tompi. Karakter suara Tompi yang unik membuat lagu ini banyak disukai oleh kalangan muda.

16. Saat Kau Milikku – Barry Likumahuwa Project (2015)

Nama Barry Likumahuwa Project sangat populer di kalangan para pecinta musik jazz. Di setiap perhelatan konser jazz, Barry Likumahuwa Project menjadi salah satu band yang dinantikan kehadirannya. Salah satu lagu jazz terbaik mereka “Saat Kau Milikku” pernah menjadi runner up chart lagu top track di last.fm.

17. Terlalu Lama Sendiri – Kunto Aji (2015)

Merupakan lagu pertama Kunto Aji ketika memulai debutnya. Sebagai pendatang baru di dunia jazz karir Kunto Aji terbilang meroket bebas lewat lagu “Terlalu Lama Sendiri”. Berkat lagu ini Kunto memenangkan Breakthrough Artist of the Year di NET. Indonesian Choice Award. Sejak pertama kali dirilis lagu ini langsung populer di kalangan anak muda terutama di kalangan mereka yang jomblo.

Nah, sekarang sudah paham dong musik seperti apa yang dinamakan jazz itu. Selain beberapa lagu di atas masih banyak lagi musisi jazz terbaik tanah air yang pasti tak asing buatmu. Seperti Glenn Fredly, Mocca, Tohpati, Isyana Saraswati, RAN, dan beberapa musisi jazz lainnya yang telah menelurkan banyak lagu jazz terbaik di blantika musik tanah air.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.