5 Lagu Jepang Sedih yang Akan Membuat Kamu Banjir Air Mata

Banyak juga lagu-lagu Jepang sedih dan melankolis. Lagu Jepang tidak semuanya cheerful semacam lagu-lagu dari Idol grup AKB48 lho. Apalagi lagu untuk soundtrack film dengan jalan cerita yang menyedihkan sudah pasti bakal bikin kamu banjir air mata. Buat kalian “berotak” Jepang pasti sering mendengarkan lagu-lagu Jepang. Entah untuk sekedar belajar kosa kata atau memang penggemar musik atau musisi Jepang.

Musik dan musisi Jepang juga tak kalah kerennya lho dari musik atau musisi Korea. Bagi kalian yang baru pertama kali menjadi pendengar lagu berbahasa Jepang mungkin agak asing, tapi lama-kelamaan kalian bisa dibuat tertarik dengan lagu Jepang. Bila kalian bosan mendengar lagu sedih berbahasa Indonesia atau Inggris tidak ada salahnya coba memutar lagu berbahasa Jepang. Berikut lagu Jepang sedih yang bisa buat kalian terenyuh.

Lagu Jepang Sedih

1. One

https://www.youtube.com/watch?v=Ul_1VOc7TS8

Lagu one merupakan single dari band B’z yang dirilis tahun 1999. Band B’z sendiri merupakan duo rock Jepang yang beranggotakan Takahiro Matsumoto serta Koshi Inaba. Lagu ini diciptakan oleh mereka berdua yang memang seorang komposer dan produser serta vokalis dan penulis lagu. Lirik ditulis oleh Koshi Inaba sedangkan musiknya diaransemen oleh Tak Matsumoto.

Lagu ini berisi tentang sepasang kekasih yang memutuskan untuk mengakhiri hubungan mereka dengan berat hati. Kekasih yang amat dicintainya ingin pergi mengejar mimpinya namun terganjal hubungan mereka. Dengan berat hati ia merelakan kekasihnya pergi untuk mengejar mimpinya meskipun rasanya sakit. Ia berharap suatu saat mereka akan dapat bertemu kembali entah kapan, dimana dan bagaimana.

2. Arigatou

Lagu ini merupakan single hits dari penyanyi wanita KOKIA. Sekilas nama panggungnya mirip dengan merk ponsel, tapi sebenarnya tidak ada hubungannya sama sekali. Penyanyi sekaligus penulis lagu KOKIA memiliki nama asli Akiko Yoshida. Lagu Arigatou merupakan salah satu lagu yang sukses bahkan hingga mendapat tiga penghargaan dan dicover oleh penyanyi Hong Kong Sammi Cheng.

Lagu ini berisi tentang seseorang yang ditinggal kekasihnya dan hanya kenangan yang tersisa. Hubungan mereka kandas karena tidak ada lagi komunikasi. Saat kekasihnya pergi ia baru sadar akan rasa kehilangan. Ia berharap bisa bertemu kembali dengan kekasihnya hanya untuk sekedar mengucapkan terimakasih (arigatou) meskipun akan terasa sakit.

3. Tokyo

Lagu yang dirilis pada Januari 2006 ini merupakan salah satu single dari aktris dan penyanyi sekaligus pencipta lagu, Yui. Lagu ini terdapat pada album bertajuk “From Me To You” di tahun 2006 yang juga merupakan album perdana dari Yui. Lagu Tokyo memang tak sesukses singel pertamanya, yaitu “Feel My Soul” yang menjadi soundtrack drama “Fukigen na Gene” di Fuji TV.

Lagu ini ditulis berdasarkan pengalaman hidup Yui sendiri. Lagu ini berisi tentang seseorang yang ingin mengejar impiannya namun belum merasa yakin untuk keluar dari masa lalunya. Meski demikian ia tetap memberanikan diri untuk melangkah dan percaya bahwa ia akan dapat meraih kilaunya sendiri. “Tokyo” ditulis Yui saat saat dalam perjalanan meninggalkan kampung halamannya, Fukuoka.

4. To Mother

Lagu To Mother merupakan lagu yang ditulis Yui untuk ibunya. Yui sangat sayang kepada ibunya karena ia tinggal hanya dengan ibunya semenjak ayahnya mencampakkan mereka. Itulah mengapa Yui tidak memakai nama belakang keluarganya karena ingin melupakan masa lalunya yang keras tanpa kehadiran sosok ayah di sampingnya. Lagu ini berisi tentang seorang ibu yang selalu tegar dan berjuang untuk anaknya.

5. Please Stay With Me

Masih dari penyanyi kondang Yui, lagu ini terdapat pada album “Holiday In The Sun” yang dirilis pada tahun 2010. Lagu ini berisi tentang seseorang yang merindukan kekasihnya. Ia selalu menahan rindunya dan menahan rasa sakit di hatinya hingga membuatnya menangis.

Nah, itu tadi lagu jepang sedih yang cocok menemani kegalauan kalian. Selain untuk bermelankolis ria lagu-lagu di atas juga cocok untuk kalian dengarkan sebagai lagu pengantar tidur.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.