11 Lagu Jepang Terbaik dan Terpopuler yang Tak Lekang Oleh Waktu

Jepang mungkin paling dikenal karena teknologinya serta orang-orangnya yang terampil dan disiplin tinggi. Selain dari itu masih banyak hal tentang Jepang yang menarik salah satunya lagu-lagu Jepang.

Lagu-lagu Jepang terbaik dan populer belakangan ini banyak dikenal dengan sebutan J-pop. Entah karena disamakan sebutannya dengan K-pop atau memang lagu-lagunya kebanyakan mengandung unsur pop Jepang.

Pernahkah kalian mendengar lagu Jepang dan bertanya-tanya apa maknanya? Ya, lagu Jepang juga banyak yang easy listening sehingga yang tak mengerti bahasa Jepang bahkan mulai penasaran untuk mencari apa makna dari lagu yang didengarnya. Tak bisa dipungkiri hal ini juga membuat kita ikut belajar dan menambah kosakata bahasa Jepang.

Lewat lagu Jepang kita secara tidak langsung belajar budaya Jepang, salah satunya bahasa. Budaya Jepang merupakan peleburan antara hal-hal yang berbau tradisional dan modern. Hal ini akan terlihat sekali dalam hal musik.

Lagu Jepang Terbaik

Setiap lagu Jepang seperti ditulis untuk merefleksikan budaya yang berkembang disana. Liriknya pun menggambarkan emosi yang beragam, mulai dari cinta, persahabatan, keluarga, luka, mimpi, dan masih banyak lagi.

Banyak sekali lagu-lagu Jepang yang bagus dan pastinya enak didengar. berikut ini beberapa lagu jepang terbaik sepanjang masa.

1. Please Stay with Me

Penyanyi bertalenta Yui memang tidak ada habisnya. Lagu lagu yang ia bawakan hampir semua merupakan ciptaannya sendiri. lagu-lagu Yui kebanyakan ditulis berdasarkan pengalaman pribadinya sehingga tak jarang liriknya sangat menyentuh dan emosional, apalagi saat Yui membawakannya secara langsung. “Please Stay with Me” merupakan salah satu single hits yang terdapat dalam album “Holidays In the Sun”. Single yang cocok untuk mengungkapkan perasaan kegalauan ini dirilis pada tahun 2010.

2. First Love

Utada Hikaru merupakan salah satu penyanyi cantik bertalenta. Beberapa lagunya bahkan telah mendunia. Banyak dari lagu-lagunya yang menempati urutan pertama dalam tangga lagu musik Jepang. “First Love” merupakan salah satu single hits dari Utada yang membawanya go international dan dikenal banyak orang di luar Jepang.

Lagu ini bahkan tersedia versi bahasa Inggrisnya. Lagu ini terdapat dalam album yang berjudul sama, yaitu “First Love” dan terjual hingga 9,86 juta keping di seluruh dunia. Lagu “Firts Love” hingga saat ini masih menjadi lagu yang banyak diminati di ruang-ruang karaoke Jepang bahkan menjadi lagu wajib pecinta lagu Jepang di manapun.

3. Nantoka Narusa

Boyband atau idol grup asal Jepang News merilis sebuah album berjudul “Pacific” di tahun 2007. “Nantoka Narusa (Entah Menjadi Bagaimana)” merupakan salah satu single di dalam album tersebut bersama dengan 14 lagu lainnya.

4. Ai No Uta

“Ai no Uta” merupakan single hits dari penyanyi seksi Koda Kumi. Single ini dirilis pada tanggal 12 September 2007. Koda merupakan penyanyi beraliran pop rock serta hip hop dan r&b. Single “Ai No Uta” merupakan single ke-37 dari penyanyi Kumi Koda. Kumi Koda tidak hanya terkenal di Jepang, ia bahkan pernah tampil untuk acara MAMA ( Mnet Asia Music Award) dan mendapat sambutan hangat dari para penonton bahkan artis-artis K-pop juga mengapresiasi penampilannya. Ia juga membawa pulang penghargaan dari ajang tersebut.

5. Way to Heaven

https://www.youtube.com/watch?v=E6zng_3CoFc

Lagu bergenre J-pop “Way to Heaven” merupakan single milik penyanyi Aya Ueto yang ada pada album “Happy Magic: Smile Project”. Albumnya sendiri dirilis pada tahun 2009, sedangkan single “Way to Heaven” dirilis pada Maret 2007. Lagunya ditulis dan diaransemen oleh Shoko dan Shoichiro Hirata. Lagu berdurasi 4 menit 35 detik ini langsung masuk 20 besar chart musik Jepang saat pertama kali debut.

6. Love So Sweet

Single ke-18 milik boyband Arashi ini dirilis dalam 2 edisi, yaitu reguler dan karaoke. Lagu ini menjadi lagu tema untuk acara variety televisi berjudul “G no Arashi”. Selain itu lagu ini juga menjadi soundtrack untuk dorama Jepang “Hana Yori Dango 2” yang dibintangi oleh salah satu anggota Arashi. “Love So Sweet” bahkan masuk kedalam jajaran lagu terbaik Jepang di tahun 2008.

7. Without You

Penyanyi pop sekaligus penulis lagu blasteran Jepang-Korea JYONGRI. Penyanyi kelahiran 30 Agustus 1988 ini sangat pandai bermain piano dan menulis lirik termasuk lirik lagu “Without You”. Selain menulis untuk lagunya sendiri Jyongri juga menulis beberapa lagu untuk artis lain. Meskipun “Without You” tidak menempati posisi atas pada beberapa tangga lagu Jepang, tapi penjualan digitalnya bisa dibilang lumayan. Selain dalam bentuk digital single “Without You” juga tersedia dalam bentuk CD dibawah label EMI Music Japan.

8. Ijime, Dame, Zettai

Idol grup Babymetal merilis album bertajuk “Babymetal” di tahun 2014 yang berisi 10 lagu salah satu diantaranya “Ijime, Dame, Zettai”. Lagu memiliki makna yang dalam yaitu jangan pernah ada bullying lagi. Salah satu bukti kalau lirik lagu-lagu Jepang memiliki emosi yang luas bisa terlihat pada lagu ini.

Apalagi pasar yang dituju oleh Babymetal memang kalangan remaja yang rentan akan aksi bullying. Idol grup di Jepang kerap dijadikan role model oleh para fans mereka oleh karena itu setiap materi yang mereka bawakan selalu dipikirkan matang-matang agar dapat memberi pengaruh positif bagi para fansnya.

9. Koi No Victory

Morning Musume merupakan idol grup wanita asala Jepang yang debut di tahun 1997. Meski telah beberapa kali berganti fromasi Morning Musume tetap aktif di dunia entertaiment hingga kini. “Koi No Victory” merupakan salah satu lagu mereka yang dirilis pada tahun 2003. Single ini dijadikan lagu tema untuk dorama Jepang berjudul “Victory! Footgirls no Seishun”. Lagu ini merupakan single ke-20 Morning Musume dan telah dicover ke dalam bahasa China oleh Ice Creamusume yang bisa dibilang sister grup dari Morning Musume. Lagu ini dinyanyikan oleh beberapa member dari 5 generasi sekaligus.

10. I Believe

“I Believe” merupakan single debut dari Ayaka, penyanyi sekaligus penulis lagu kelahiran Osaka tahun 1987. Penyanyi yang kini telah menikah dengan aktor Hiro Mizushima ini debut pada tahun 2006. Single “I Believe” langsung masuk deretan 10 besar di chart musik Jepang saat pertama dirilis sebelum akhirnya menempati posisi puncak dengan penjualan lebih 200.000 copy.

Lagu ini juga dijadikan sebagai lagu tema untuk drama Jepang berjudul “Rondo”. “I Believe” juga sangat populer di luar Jepang hingga penyanyi wanita asal Singapura Sing Chew mengcover lagu ini berduet dengan Eric Martin.

11. Best Friend

Duo pemusik Chiharu Tamashiro dan Ayano Kinjo yang tergabung dalam grup Kiroro memulai debut mereka pada tahun 1996. Pada mulanya mereka hanyalah sebuah band indie hingga akhirnya di tahun 1998 mereka memulai debut utama mereka. Kalau di Indonesia Kiroro bisa disamakan dengan grup d’Cinnamons. “Best friend” merupakan single mereka yang dirilis pada 6 Juni 2001 lalu. Lagu ini masuk pada album yang berjudul “Four Leaves Clover” yang rilis pada bulan Desember. Seperti judulnya isi dari lagu ini menceritakan tentang kisah persahabatan.

Lagu-lagu Jepang di atas merupakan lagu-lagu Jepang terbaik yang mungkin kalian juga tahu. Masih banyak lagu Jepang yang juga enak didengar akan tetapi tak sepopuler lagu-lagu di atas. Menurut kamu mana lagu yang paling menarik? Mungkin kalian punya lagu lain yang tidak ada dalam list lagu di atas. Semoga info kali ini menambah referensimu.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.