15 Lagu Jepang Terbaru Tahun ini Sebagai Sajian Hangat di Musim Gugur

Lagu-lagu Jepang tak kalah easy listening dengan lagu-lagu Korea maupun Barat. Apalagi buat kalian penikmat musik Jepang atau lagu-lagu berbahasa asing. Mungkin bagi kalian yang pernah menonton film Jepang atau anime pasti tidak asing lagi dengan lagu-lagu Jepang. Setelah menonton film atau dorama Jepang beberapa dari kalian pasti terbawa emosi bila diiringi oleh lagu-lagu yang enak di telinga. Bagi kalian yang bukan pecinta musik Jepang, apakah sudah uptodate dengan informasi lagu-lagu Jepang terbaru tahun ini?

Sama dengan negara-negara lain, Jepang juga aktif menelurkan musisi-musisi dengan karyanya yang hits. Mungkin bagi para newbie saat ini artis Jepang yang kalian tahu hanya sebatas AKB48 dan Pikotaro si penyanyi PPAP (Pen Pineapple Apple Pen). Tak bisa dipungkiri juga berkat 48 family dan Pikotaro musisi-musisi maupun musik jepang jadi lebih familiar di telinga masyarakat Indonesia.

Lagu Jepang Terbaru

Tidak hanya AKB48, Jepang juga masih mempunyai musisi-musisi dengan lagu-lagu mereka yang inspiratif dan juga easy listening. Bagi kalian penikmat musik Jepang pasti sudah punya musisi favorit. Apa kalian mengikuti single-single terbaru yang mereka keluarkan. Berikut ini list lagu Jepang terbaru 2018 versi pasberita.com yang perlu kamu tahu.

1. Idea

“Idea” merupakan singel terbaru dari penyanyi sekaligus penulis lagu Gen Hoshino. Musiknya yang easy listening menjadikan singel teranyar dari Hoshino ini menduduki tangga lagu teratas untuk chart Billboard Jepang di minggu pertama bulan September 2018. Lagu “Idea” juga merupakan opening untuk serial dorama “Hanbun Aoi” di stasiun tv NHK. Selain lagunya yang memang enak didengar MV dari Idea juga sangat menarik meskipun minimalis.

2. U.S.A

Dilihat dari judul lagunya kalian pasti sudah bisa menebak tentang isi lagunya. Yup, U.S.A merupakan lagu tentang Amerika dari sudut pandang orang Jepang. Boyband DA PUMP berhasil menduduki peringkat kedua setelah September minggu pertama menduduki peringkat ketiga di Chart Billboard dengan single U.S.A yang liriknya mudah diingat.

3. Ambivalent

Buat kalian yang suka ngidol maupun pecinta J-pop pasti tak asing dengan 48 Family. Kali ini datang dari idol grup dibawah manajemen yang sama dengan 48 Family, yaitu Keyakizaka46. “Ambivalent” merupakan singel teranyar dari idol grup Keyakizaka46 yang dirilis pada 15 Agustus 2018.

4. Ai no Katachi

Kolaborasi pertama antara MISIA dan Hide dari band Greeeen pada lagu “Ai no Katachi” menjadi featuring yang pecah. Kolaborasi antara keduanya membuat “Ai no Katachi” dijadikan sebagai theme song Dorama yang diadaptasi dari manga, yaitu “Gibo to Musume no Blues”.

5. Jikochou De Ikou!

Masih datang dari artis di bawah naungan Yasushi Akimoto, yaitu Nogizaka46 dengan single terbarunya “Jikochu de Ikou!” yang berhasil naik satu peringkat di minggu kedua September 2018. Mereka menempati posisi ke #6 di tangga lagu Billboard Jepang di atas adik mereka (sister group) Keyakizaka46.

6. Lemon

Setelah di Bulan Maret sempat menduduki peringkat teratas pada Japan Hot 100 Billboard, “Lemon” dari Kenshi Yonezu harus rela turun peringkat ke posisi #8 di bulan September. “Lemon” telah didownload lebih dari 800.000 pengguna sejak dirilis. MV-nya di youtube juga telah diputar sebanyak 155 juta kali semenjak diupload enam bulan yang lalu.

7. Moshi Kimi wo Yurusetara

Penyanyi sekaligus penulis lagu Leo Ieiri merilis singel “Moshi Kimi wo Yurusetara” pada 1 Agustus 2018. Singel barunya ini menjadi theme song untuk dorama Fuji TV, yaitu “Zettai Reido 3”. Singel ke-14 dari Leo ini berarti “Jika Kamu Bisa Memaafkanku”. Pada minggu kedua September lagu ini berada pada peringkat 16 char Billboard Jepang, turun empat peringkat dari minggu sebelumnya.

8. Marigold

Dirilis pada 8 Agustus lalu, singel ke-5 dari penyanyi cantik Aimyon mengambil tempat di kota Shanghai untuk musik videonya. Sebagai penyanyi muda dan pendatang baru musik dari Aimyon cukup diterima masyarakat. Terbukti dari viewers setiap singelnya yang mencapai puluhan juta begitu juga dengan penjualan lagu digital.

9. Ao to Natsu

Pecinta anime “Yu-Gi-Oh! Arc-V” pasti tak asing lagi dengan band Mrs GREEN APPPLE yang mengisi soundtrack lagu penutupnya. Meski memakai nama Mrs, tapi personil band ini semuanya lelaki. Lagu dari Mrs. GREEN APPLE yang memiliki arti “Biru dan Musim Panas” ini baru dirilis pada awal Agustus kemarin. “Ao to Natsu” juga menjadi theme song untuk film “Ao to Natsu Kimi ni Koishita 30-inch” yang dibintangi oleh Shiori Akita, Wakana Aoi, dan Seika Furuhata.

10. Joy Shitai Kimochi

Kalian pasti sering mendengar atau sekedar tahu kata “kimochi” kan. “Kimochi” dalam judul lagu ini tidak ada hubungannya dengan kue mochi apalagi Roy Kimochi, tapi “kimochi” dalam arti yang sebenarnya. “Kimochi” berarti kenikmatan. “Joy Shitai Kimochi” memang berisi ajakan untuk bersenang-senang dan melupakan beban hidup sesaat.

Kebiasaan orang Asia Timur termasuk Jepang adalah pergi minum-minum ke bar saat ada perayaan atau sedang ada masalah. Singel teranyar dari A.B.C-Z yang dirilis akhir Agustus ini berada di peringkat #5 setelah sebelumnya berada di posisi terakhir pada Chart Japan Hot 100 Billboard.

11. Koushien

Penyanyi yang akrab disapa Masha (Masaharu Fukuyama) merilis singel terbaru berjudul “Koshien” pada 27 Agustus. Pekan ini “Koshien” berhasil masuk dalam daftar tangga lagu Billboard Jepang di posisi #17. Berdurasi kurang lebih empat menit “Koshien” bercerita tentang seseorang yang membayangkan impian yang indah bersama pasangannya, tapi kenyataannya sedikit menyakitkan. Ia berusaha untuk memperbaikinya karena ia ingin mempunyai keluarga yang bahagia bersama pasangannya tesebut.

12. Hikari

Masih sama dengan minggu pertama, di minggu kedua September ini “Hikari” dari band rock Androp bertahan di peringkat 22 setelah lima minggu berada di Chart Japan Hot 100 Billboard. Singel ke sepuluh Androp ini menjadi theme song untuk dorama yang merupakan remake dari drama Korea berjudul sama, yaitu “Good Doctor” di Fuji TV yang dibintangi oleh Aktor tampan Yamazaki Kento. “Hikari” berarti cahaya, liriknya sangat cocok untuk menggambarkan karakter utama dari dorama “Good Doctor”.

13. Burning Festival

Kolaborasi yang menarik antara idol grup wanita Team Syachihoko dengan boyband Radio Fish membuat “Burning Festival” cepat diterima oleh masyarakat. Baru dirilis Agustus lalu “Burning Festival” langsung menempati posisi 24 pada tangga lagu Billboard Jepang di September minggu kedua. Selain mengkolaborasikan dua artis lagu ini juga menggabungkan musik J-pop dengan rap.

14. Juusou

Setelah hiatus selama 13 tahun KICK THE CAN CREW akhirnya come back dengan singel “Juusou”. Grup hiphop ini berkolaborasi dengan Yasuyuki Okayama. “Juusou” menjadi theme song untuk dorama Nippon TV berjudul “Sukkiri!!”.

15. Be Myself

Daichi Miura harus rela turun peringkat ke posisi #27 dari minggu lagu dengan posisi sebelumnya pada peringkat #11 di Chart Japan Billboard. Meskipun begitu tanggapan positif banyak ia dapat dari MV “Be Myself” yang ia rilis Agustus lalu. Seperti biasa Miura selalu menyuguhkan kemampuan dancenya yang energik.

Itulah beberapa lagu Jepang terbaru yang sedang hits di kalangan pecinta musik Jepang maupun masyarakat Jepang. Masih banyak lagu Jepang terbaru lainnya yang mungkin salah satunya ada musisi favoritmu.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.