10 Lagu Kenangan dari OST Sinetron Generasi Jadul 90an
trivia.id

10 Lagu Kenangan dari OST Sinetron Generasi Jadul 90an

Posted on

Lagu kenangan apa sih yang membuat kalian teringat zaman 90-an? Berbicara era 90-an memang tidak ada habisnya karena semua kenangan di era itu banyak menyisakan kenangan manis. Mulai dari jajanan, permainan, fashion, bahkan hingga sinetronnya.

Jika sinetron saat ini dianggap alay dan terlalu banyak plagiat drama Asia berbeda dengan sinetron era 90-an yang Indonesia banget. Sebut saja sinetron Tuyul dan Mbak Yul yang bercerita tentang persahabatan Ucil si tuyul insyaf dengan manusia bernama Mbak Yulia. Tentunya kamu tidak akan menemukan tuyul di drama Asia manapun selain Indonesia.

Setiap sinetron pastinya mempunyai original soundtrack masing-masing. Sama halnya dengan sinetron 90-an yang soundtracknya masih lekat ditelinga para penikmatnya. Bahkan hingga generasi jaman now pun banyak yang mengcover lagu-lagu di era 90-an, baik lagu-lagu dari OST sinetron maupun bukan.

Lagu kenangan dari OST sinetron 90-an tidak hanya enak didengar, tapi juga bisa membawa generasi era 90-an flashback ke masa lalu.

Kalian yang merasakan era tersebut pasti akan langsung membayangkan salah satu adengan sinetron jika lagunya sedang kalian dengarkan. Bahkan kalian mungkin akan langsung menyanyikan lagunya walaupun hanya sekedar membaca judulnya saja.

Daftar Lagu Kenangan Sinetron Generasi 90an

Berikut 10 judul lagu kenangan dari OST Sinetron yang Mengingatkan Kita Akan Sinetron 90-an.

1. OST Bidadari

Lagu ini dirilis tahun bukan pada tahun 90-an melainkan ditahun 2000, tapi tentunya penikmat dari lagu ini merupakan anak generasi 90-an. Lagu yang merupakan sebuah opening atau soundtrack dari sinetron dengan judul yang sama ini dinyanyikan oleh Marshanda.

Lagu ini booming bersamaan dengan boomingnya sinetron bidadari. Komposer dari lagu Bidadari adalah seorang pencipta lagu anak-anak kenamaan yang banyak menciptakan lagu-lagu anak di tahun 90-an, yaitu Erwanda atau yang lebih dikenal dengan Papa T. Bob.

Lagu ini bercerita tentang seorang anak yang kesepian dan menginginkan kehadiran sesosok bidadari disampingnya. Sesuai banget kan dengan isi cerita dari sinetron bidadari.

2. OST Tersanjung

Siapa sih yang tak kenal dengan sinetron yang sempat masuk rekor MURI sebagai sinetron dengan jumlah episode terpanjang. Tentunya kalian juga tidak asing dengan soundtrack dari sinetron ini bukan?

Lagu yang menjadi opening sekaligus closing sinetron Tersanjung ini dinyanyikan oleh komposernya sendiri, yaitu Retno Susanti bersama aktris cilik saat itu yang juga bermain dalam sinetron ini Mega Utami.

Lagu ini menjadi booming sejak pertama kali sinetron ini ditayangkan ditahun 1998. Lagu ini berisi tentang curahan hati seorang wanita yang tersanjung akan janji-janji kekasihnya. Dia berharap kalau kata-kata manis dari kekasihnya bukanlah sanjungan semata.

Ia tak ingin disia-siakan atau dicampakkan oleh kekasihnya. Gimana? Apakah cukup menggambarkan keseluruhan isi sinetron ini? Kayaknya sih kurang ya, mengingat jumlah episode sinetron ini panjangnya luar biasa.

3. OST Janjiku

Lagu Janjiku merupakan lagu opening dari sinetron berjudul sama. Lagu Janjiku merupakan salah satu OST sinetron yang enak didengar. lagu ini dinyanyikan oleh penyayi sekaligus aktris Paramitha Rusady yang juga peran utama di sinetron ini. Lagu ini booming bersamaan dengan kemunculan sinetron ini ditahun 1997.

Lagu ini bahkan sering diputar diberbagai radio saat itu karena banyaknya permintaan penggemar. Lagu-lagu yang dinyanyikan Paramitha Rusady memang selalu enak didengar. Apalagi kalau mendengarkan lagunya sambil penuh penghayatan. Rasanya suara serak-serak manja Mbak Mitha selalu nempel dihati.

4. Bahasa Kalbu

Lagu ini merupakan lagu opening dari sinetron Cinta ditahun 1999. lagu ini dinyanyikan oleh penyanyi yang juga diva Indonesia, yaitu Titi DJ. Lagu ini dirilis pada tahun 1999 dan menjadi hits kala itu karenanya lagu ini diambil menjadi opening soundtrack sinetron Cinta.

Lagu ini merupakan single unggulan di album milik Titi DJ dengan judul yang sama. Lagu ini juga diproduseri oleh Titi DJ sendiri bersama dengan Dorie Kalmas.

5. OST Tersayang

Lagu dengan judul Tersayang ini merupakan soundtrack dari sinetron hits dikalangan muda-mudi tahun 90-an, yakni Tersayang. Saking ikoniknya peran Anjasmara dan Jihan Fahira kala itu, tiap pasangan muda-mudi tahun 90-an banyak yang terinspirasi oleh kisah cinta peran mereka berdua.

Bahkan soundtrack dari sinetron ini juga sering menjadi soundtrack para pasangan muda-mudi di kehidupan nyata. Lagu ini juga banyak direquest di radio oleh anak muda jaman itu sebagai gombalan untuk pasangan mereka masing-masing.

6. OST Pernikahan Dini

Lagu pernikahan dini merupakan lagu opening dari sinetron dengan judul yang sama. Sinetron ini mulai tayang ditahun 2001, meskipun begitu penikmatnya tentu saja para remaja generasi 80 dan 90-an. Melly Goeslaw merupakan komposer dari lagu yang dibawakan oleh peran utamanya sendiri, yaitu Agnes Monica.

7. OST Keluarga Cemara

Sinetron keluarga yang hits ditahun 90-an , yaitu Keluarga Cemara memiliki soundtrack yang lekat ditelinga penikmatnya. Lagu dengan judul yang sama dinyanyikan dan dikomposeri oleh pemeran Emak pada sinetron tersebut.

Aktris sekaligus penyanyi yang merupakan istri dari budayawan Cak Nun, yakni Novia Kolopaking tidak hanya bermain di sinetron tersebut sebagai Emak.

Ia juga sekaligus memproduksi soundtrack dari sinetron tersebut. Sinetron Keluarga cemara sendiri mulai tayang pada tahun 1996 dan lagu Keluarga Cemara menjadi lagu pembuka sekaligus penutup dari sinetron ini.

8. OST Jin dan Jun

Lagu Jin dan Jun yang merupakan lagu untuk opening dan closing sinetron Jin dan Jun memiliki judul yang sama namun berbeda melodi serta liriknya. Lagu opening dinyanyikan oleh Retno Susanti sedangkan untuk lagu penutupnya dinyanyikan oleh Syahrul Gunawan yang juga berperan sebagai Jun di season pertama sinetron ini.

Komposer dari kedua lagu tersebut adalah Dian S Adira. Lagu pembuka dari sinetron ini sangat cheerful sehingga anak-anak generasi 90-an sering menyanyikannya saat sinetron ini diputar. Sinetron Jin dan Jun sendiri mulai diputar di televisi pada tahun 1996.

9. OST Jinny oh Jinny

Lagu opening dari sinetron Jinny oh Jinny yang mulai mengudara pada tahun 1997 ini sangat melekat ditelinga pendengarnya. Lagunya sangat ceria dan sangat cocok untuk mengisi opening dari sinetron ini. Jinny sebagai tokoh utama dalam sinetron ini juga dikenal sangat centil dan ceria. Komposer dari lagu Jinny oh Jinny ialah Didi AGP.

10. OST Tuyul dan Mbak Yul

Siapa sih yang tidak ingat sinetron yang mulai tayang tahun 1997 ini? Salah satu sinetron hits ditahun 90-an yang sampai sekarang masih laris dibikin meme oleh generasi millenials. Soundtrack dari sinetron ini juga tak kalah ngehits dengan sinetronnya.

Penyanyi dari lagu Tuyul dan Mbak Yul juga salah satu penyanyi sekaligus artis yang namanya tenar berkat perannya disalah sinetron horror komedi yang juga hits jaman itu. Yup, siapalagi kalau bukan Ozy Syahputra si pemeran hantu botak di sinetron Si Manis Jembatan Ancol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.