15 Deretan Lagu Kenangan yang Tak Akan Pernah Lekang Oleh Waktu

Ketika berbicara tentang lagu kenangan, pastinya kamu akan terkenang masa-masa yang sudah kamu lalui. Bisa beberapa tahun yang lalu, bulan, minggu, hari, bahkan jam dan detik yang lalu. Namanya juga kenangan pasti yang sudah berlalulah ya. Apalagi jika bernostalgia dengan musik yang cocok, sudah pasti banget kamu akan larut secara emosional.

Bicara masalah musik kenangan, dibalik kesuksesan musik Indonesia zaman modern ini, ada musisi-musisi lagu lawas yang sangat menginspirasi. Cara pembawaan yang unik dari musik-musik lawas membuatnya selalu enak walau berkali-kali didengar.

Lagu kenangan memang punya era dan penikmatnya masing-masing. Dengan sendirinya mereka memiliki golongan seperti musik 60-an, 70-an, 80-an atau 90-an. Namun lawas bukan berarti harus dinikmati oleh yang tua-tua loh! Justru yang muda-muda juga harus dengar bagaimana karya musisi terdahulu yang tidak kalah kerennya.

Deretan Lagu Kenangan Terfavorit

Kalian bisa belajar dari mereka bagaimana untuk mempertahankan citra musik meski sudah beberapa periode zaman yang mereka lalui. Dijamin deh kamu bakalan suka dengan lagu-lagu para musisi ini dan familiar dengan lagunya. Berikut lagu-lagu kenangan yang bakalan bawa kamu ke dunia nostalgia:

1. Kemesraan – Iwan Fals feat Rafika Duri

Lagu ini cocok banget buat kamu yang lagi mesra-mesranya sama pasangan. Tentunya pasangan halal ya. Apalagi suara Iwan Fals yang unik membuat kita benar-benar terhanyut akan lirik-liriknya.

Tak kalah lawan duetnya yaitu Rafika Duri yang juga memiliki suara khasnya sendiri. Dijamin deh kamu bakalan kembali ke masa-masa tertentu di hidupmu.

2. Di Dadaku Ada Kamu – Vina Panduwinata

Lagu ini mengandung kata ceria didukung oleh musik yang juga ceria dan klasik. Karena isinya juga tentang seorang wanita yang menggambarkan kekasih pujaannya. Yang akan menggoda sampai kekasih pujaannya luluh padanya.

3. Kalau Bulan Bisa Ngomong Oleh – Sumbang

Dengan intro musik yang asik dan menarik kamu akan menikmati sepenuhnya lagu ini penuh dengan nostalgia. Diiringi lirik yang penuh sajak pantun dan juga bahasa hiperbola, lagu ini akan membawa kita ke alam imajinasi.

4. Setangkai Anggrek Bulan (Bunga Anggrek)

Lagu “Setangkai Anggrek Bulan” pertama kali dinyanyikan duet oleh dua penyanyi legend Indonesia, yaitu Emilia Contesa, Ibunda dari penyanyi Denada Tambunan serta mendiang Broery Pesolima atau yang lebih dikenal dengan nama Broery Marantika.

Lagu ini berisi tentang perasaan sayang seorang lelaki kepada pujaan hatinya. Ia mengibaratkan sang kekasih sebagai setangkai anggrek bulan.

5. Berita Kepada Kawan – Ebiet G Ade

Lagu ini mengisahkan cerita pilu, apalagi sering diputar saat terjadi bencana alam. Cocok bagi kamu yang sedang melakukan perjalanan jauh sendirian, merantau jauh dari sanak keluarga.

Lirik dari lagu ini membawa kita berimajinasi tetang perjuangan hidup seorang diri yang ditinggal mati oleh seluruh kerabatnya dan hanya hidup sebatang kara. Tidak ada tempat bergantung selain Yang Maha Kuasa.

Mencoba mencari jawaban atas beban hidup yang begitu berat dipikul namun tidak ada jawabnya. Semua perbuatan akan kembali pada kita, baik dan buruknya kepada Tuhan lah tempat kita kembali.

6. Cincin Di Jari Manismu – Ari Wibowo

Lirik dari lagu ini menceritakan tentang kisah seseorang pria yang jatuh cinta pada seorang wanita dan wanita itu juga membalas cintanya. Namun, wanita tersebut sudah memiliki cicin di jari manisnya pertanda bahwa ia sudah ada yang punya. Mereka menyesali pertemuan mereka yang sedikit terlambat.

7. Ratu Sejagad – Vonny Sumlang

Liriknya mengambarkan seorang wanita yang bermimpi indah. Dalam mimpinya ia bersolek cantik untuk sebuah pentas pemilihan seorang ratu. Penuh kegirangan dirinya melompat-lompat hingga jatuh dari kasuranya dan ternyata semua itu hanyalah mimipi.

8. Bukan Cinta Biasa – Siti Nurhaliza

Lagu ini cocok bagi kamu yang lagi jomblo atau kamu yang sering ditanya-tanya kapan nikah. Lirik dari lagu yang pernah hits ini berisikan tentang hakikat cinta yang akan menyatukan dua insan yang berbeda.

Bukan karena paksaan atau dijodoh-jodohkan karena ingin menyegerakan pernikahan, melainkan menyatunya dua insan sudah diatur oleh Yang Maha Kuasa.

9. Panggung Sandiwara – Nike Ardila

Lagu ini berisikan lirik yang menggambarkan kehidupan manusia di muka bumi. Bahwa kebanyakan dari kita selama ini hanya berpura-pura dengan perannya masing-masing. Seakan-akan kita sedang berasa di atas panggung yang disaksikan oleh khalayak ramai.

Dimana para penonton akan menangis jika alurnya sedih, akan tertawa jika alurnya lucu dan akan mabuk ketika yang dimainkan tentang kisah percintaan. Seakan semuanya sudah diatur oleh orang-orang di balik layar. Cocok dijadikan lagu di atas pentas saat kamu memainkan drama musikal.

10. Cubit Cubitan – Koes Plus

Disamping memilliki lirik yang jenaka, lagu ini juga memiliki irama yang enak dan asik didengar. Dari kalangan manapun akan setuju ketika musiknya sudah diputarkan, maka secara otomatis kita akan ikut menggoyangkan badan.

11. Diana – Koes Plus

Bagi kamu laki-laki yang jauh dari sanak keluarga apalagi kamu yang sedang mencari jati diri dan mencari pujaan hati akan menghayati lirik lagu ini. Karena lirinya membuat kita berimajinasi tentang seorang laki-laki yang sedang dalam perjalanan.

Dalam perjalananya ia bertemu dengan seorang gadis kembang desa anak seorang petani. Jatuh cinta pada pandangan pertama, ia pun membulatkan tekad untuk melamar si gadis tersebut.

Namun, rintangan pasti selalu ada, orang tua dari si gadis menentangnya. Jadilah si laki-laki membujuk gadis pujaannya untuk meyakinkan kedua orang tuanya.

12. Asam Di Gunung Garam Di Laut – Koes Plus

Lagu ini berceritakan tentang seorang laki-laki yang selalu ingin berjumpa dengan kekasihnya. Meski dari kejauhan saking rindunya hanya wajah kekasih pujaannyalah yang selalu hadir dalam bayangan.

13. Ondel-Ondel – Benyamin Sueb

Meski terbilang lawas, lagu ini menjadi tembang kebanggaan masyarakat Jakarta. Lagu ini mengangkat ciri khas daerah sehingga bisa populer di mata masyarakat. Bahasa yang dibawakan pun juga sangat khas dengan Betawinya.

Namun, bukan berati karena khas Betawi lagu ini hanya bisa dinikmati oleh warga lokal. “Ondel-Ondel” juga sudah hits di kalangan anak- anak sampai dewasa di seluruh kawasan Nusantara.

14. Abang Pulang – Benyamin Sueb feat Ida Royani

Masih dalam lagu Benyamin (Alm) dengan khas Betawinya lagu ini berisikan tajuk pantun dengan gendre komedi. Disamping menjadi nyanyian lagu ini sekaligus menjadi dialog dalam peran mereka di drama yang ditayangkan berulang kali oleh berbagai TV nasional.

15. Hujan Gerimis Aje – Benyamin Sueb

Lagu dengan logat Betawi ini pada masanya merajai layar kaca Indonesia. Sekaligus dijadikan soundtrack dan dialog dalam drama yang dimainkan almarhum sebagai penyanyi maupun sebagai aktor..

Bagaimana menurut kalian para pembaca deratan lagu-lagu bertajuk kenangan lawas di atas? Meski lawas tapi lagunya masih tergiang-ngiang sampai sekarang bukan?

Lagu kenangan di atas bisa menjadi tambahan daftar koleksi dalam playlist kamu dikala santai atau momen-momen berharga bersama orang-orang terdekat. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.