28 Lagu Koes Plus Terbaik yang Melegenda Sepanjang Masa

Lagu Koes Plus Terbaik – Koes Plus merupakan salah satu legenda di Indonesia. Band atau grup musik yang terbentuk di tahun 1969 ini beranggotakan 4 orang. Mereka adalah Tony Koeswoyo, Yon Koeswoyo, Totok Adji Rahman, serta Murry. Posisi Totok pada bass hanya ada di album I – Deg Deg Plas. Sisanya posisi bass diisi oleh Yok Koeswoyo.

Lagu Koes Plus Terbaik

The Beattles bisa dibilang sebagai inspirasi Koes Bersaudara dan juga Koes Plus dalam bermusik. Sedangkan Koesplus sendiri merupakan kiblat musik Pop di Indonesia meskipun genre yang mereka usung tidak hanya Pop, tapi juga Rock n Roll, Bossa Noxa dan Blues. Sebut saja grup musik seangkatan mereka, seperti Favourites, Panbers, Mercy’s, dan D’Lloyd menjadikan mereka sebagai panutan dalam bermusik.

Di masa kejayaannya lagu-lagu Koes Plus benar-benar memenuhi radio-radio di Indonesia. Semua orang sering merequest lagu Koes Plus dan bahkan memainkannya saat ada pesta. Tak hanya itu Prestasi luar biasa Kos Plus yang lain adalah mengeluarkan 22 album di tahun 1974. Masyarakat yang senang akan karya mereka memberi apresiasi dengan penghargaan Legend Basf Award sebagai kelompok legendaris.

Remake Lagu Koes Plus Terbaik Indonesian Idol

Setelah hampir 5 dekade berkarya Koesplus mempunyai banyak lagu populer. Beberapa karya dari Tony Koeswoyo bahkan pernah diremake dan dibuat Album oleh ajang Indonesian Idol ke . berikut beberapa lagunya.

1. Diana
2. Untukmu
3. Hatiku Hatimu
4. Derita
5. Terbenamlah Matahari
6. Cepat
7. Liku-liku Laki-laki
8. Kembali Ke Jakarta
9. Malam Ini
10. Kau Datang Lagi
11. Aku Kembali
12. Hanya Untukmu

Album Lagu Koes Plus Terbaik 35 Tahun Berkarya

Selain beberapa lagu, seperti Diana, dan Derita dari Tony Koeswoyo masih ada beberapa lagu-lagu terbaik Koesplos yang dirangkum dalam satu Album perjalanan 35 tahun karir mereka. Lagu-lagu tersebut, diantaranya adalah:

1. Bujangan
2. Andaikan Kau Datang Kembali
3. Why Do You Love Me
4. Pelangi
5. Cintamu Tlah Berlalu
6. Dara Manisku
7. Hidup yang Sepi
8. O La La
9. Layang-layang
10. Langit Terang
11. Hatiku Beku
12. Angin Laut
13. Kolam Susu
14. Bunga Di Tepi Jalan
15. Kembali
16. Penyanyi Tua

Sejarah

Grup Koes Plus terbentuk sebagai kelanjutan dari grup Koes Bersaudara. Waktu masih memakan nama Koes Bersaudara anggotanya memang terdiri dari kakak beradik Koes, yaitu John (Koesdjono), Tonny (Koestono), Yon (Koesjono), Yok (Koesrojo), dan Nomo (Koesnomo). Kelompok dengan anggota ini bertahan hingga tahun 1963 hingga John Koeswoyo tidak lagi berada di grup.

Sempat bertahan dengan 4 orang anggota yang tersisa nama Koes Bersaudara terus berkarya hingga tahun 1968. Nomo kemudian meninggalkan grup bersamaan dengan dimasukkannya anggota baru. Mereka akhirnya berganti nama menjadi Koes Plus karena selain Koes bersaudara ada tambahan personil.

Ketikan Tonny berpulang kepada Tuhan Yang Maha Esa otomatis Koes Plus hanya menyisakan dua Koes bersaudara, yakni Yon dan Yok. Bersama dengan personil lain Yon dan Yok meneruskan berkarya di dalam Koesplus hingga tahun 1997. Menyusul Tony Yok pun turut dipanggil Yang Kuasa hingga menyisakan satu anggota Koes Bersaudara, yaitu Yon yang tetap aktif bersama Koes Plus.

Kondisi Terkini

Pernah menjadi grup musik dengan bayaran tertinggi nyatanya tak lantas membuat hidup para personil Koes Plus “enak”. Band legendari itu kini bernasib tragis karena mereka tidak mendapatkan royalti dari hasil penjualan kaset lagu mereka. Tidak seperti pemusik di era ini yang hidupnya serba wah karena pembagian royalti yang cukup.

Koes Plus hanya dibayar sekali untuk setiap Album yang dihasilkan dan tidak ada royalti tambahan untuk setiap kaset atau CD yang terjual. Tak heran bila di tahun 1992 Yon Koeswoyo harus berjualan batu akik untuk kehidupan sehari-hari. Berbekal sisa-sisa suara di usia mereka yang sudah senja, Koes Plus tetap manggung dari panggung ke panggung kecil untuk mendapatkan uang. Yon tetap bersyukur karena lagu mereka tetap dicintai masyarakat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*