22 Lagu Yang Menjadi Saksi Napak Tilas Karir BTS “From Nothing To Something”

Bangtan Boys (BTS) merupakan boygroup yang sangat populer saat ini. Sedikit perkenalan, member BTS terdiri dari Rap Monster, Rap Monster merupakan leader BTS, main rapper, dan bertanggung jawab atas pembuatan lagu-lagu BTS.

Jin yang merupakan member tertua sebagai vokalis dan visualnya BTS, Suga sebagai lead rappernya BTS juga sering menulis lirik untuk lagu mereka.

J-Hope adalah main dancer, rapper, dan sub vokalisnya BTS, Jimin terpendek merupakan main dancer dan lead vocalis BTS, si populer V merupakan lead dancer, vocalis, dan visual BTS, yang terakhir adalah maknae (member termuda) BTS dengan julukan “golden maknae” Jungkook merupakan main vocalis, lead dancer, sub rapper, dan center BTS.

Perjalanan BTS mulai dari debut sampai saat ini memang tak mudah. Boygroup yang terkenal dengan harmonisasi tariannya yang sangat kompak dan susah ini harus jatuh bangun meraih mimpi mereka.

Mereka juga berasal dari agensi yang tak terlalu besar, maka fasilitas yang mereka dapatkan pun sangat standar.

Akan tetapi usaha mereka yang keras menghasilkan buah, karya-karya mereka diterima oleh masyarakat luas hingga mereka menjadi artis mancanegara saat ini dan agensi merekapun naik level menjadi empat agensi terbesar di Korea Selatan dan tentu saja mereka pindah rumah di tempat yang lebih luas dan mewah.

Dilansir dari video mereka yang dulu memperlihatkan isi apartemennya, mereka sekarang dapat kamar masing-masing dan di dalam kamar tersebut ada juga yang punya studio gitu.


Lagu Korea BTS


Buat kamu yang baru menjadi “Army” (fandom BTS), kudu tau list lagu-lagu mereka mulai debut sampai jadi artis mancanegara saat ini.

1. No More Dream (11 Juni 2013)

“No More Dream” merupakan lagu saat pertama kali BTS debut, dalam MV nya kamu bisa lihat baju dan dandanan BTS seperti musisi hiphop baru.

Tapi dibalik dandanannya, lagu debut ini ingin menanyakan apa yang sebenarnya impianmu.

Para member BTS ingin mengajakmu agar jangan ragu untuk bermimpi, jangan menyesal dan lakukan apapun yang kau suka walaupun kamu hanya punya waktu sehari saja di dunia ini.

So, tak ada lagi perkataan bermimpi jangan ketinggian!

2. We Are Bulletproof Pt. 2 (16 Juli 2013)

Ini merupakan lagu BTS yang isi liriknya berisi curahatan hati mereka dalam menggapai mimpi, mereka menceritakan betapa sulitnya masa-masa menjadi trainer.

Menulis lagu, latihan menari, begadang adalah keseharian mereka sebelum debut, namun setelah debut pun mereka harus menguatkan diri melawan kritikan netizen, tapi mereka tetap tahan banting kok.

3. N.O (10 September 2013)

Lirik lagu ini seperti kondisi yang dialami para pelajar saat ini. Lagu “N.O” menceritakan bagaimana tekanan yang diberikan pada orangtua kepada anaknya agar menjadi nomor satu di sekolahnya.

Para pelajar dibuat seperti boneka dipaksa untuk belajar dan belajar dengan harapan agar menjadi sukses dan kaya, padahal kekayaan bukanlah tolak ukur kebahagian.

Member BTS mengajak kamu untuk tidak mengejar mimpi orang lain tetapi mimpimu sendiri.

4. Boy In Luv (20 Febuari 2014)

“Boy in Luv” tentang seorang remaja cowok yang naksir berat sama gadis di sekolahnya. Kalau cowok cinta mati seperti mereka kali yah, kerjaannya ngepoin si cewek, ngechat, PDKT gitu walaupun ceweknya bersikap dingin.

Tapi begitulah cowok, semakin dingin mereka semakin penasaran dan semakin ingin memiliki. Greget yah.

5. Just One Day (6 April 2014)

Jika diberikan kesempatan sehari saja kamu mau ngapain dengan orang yang kamu sayang?

Kalau member BTS dalam lagunya sih bakal ngajakin kekasihnya jalan-jalan, makan, nonton film dan melakukan banyak hal. Duuh… romantis banget!

6. Danger (19 Agustus 2014)

Lagu “Danger” berkisah tentang cinta yang berat sebelah seperti kamu cinta mati sama pasanganmu namun dia hanya sekedarnya saja. Sakit banget kan?

Nggak heran kalau kamu merasa dipermainkan dan ingin mendapat cinta seimbang sebesar cinta yang kamu berikan untuk pasanganmu.

7. War Of Hormone (21 Oktober 2014)

Kalau kamu bertemu lawan jenis yang good looking, wangi, dan badannya bagus pasti hormon pun meningkat yang bakal buat kamu tergila-gila dan rela melakukan apa saja untuk dia. Itulah yang dirasakan member BTS ke wanita idamannya.

8. I Need U (29 April 2015)

Lagu ini berkisah tentang hati dan perasaan seorang pria yang hancur karena tersakiti, namun rasa cinta lebih besar daripada rasa bencinya sehingga ia masih tetap membutuhkan sang kekasih meskipun terus disakiti.

Duuuhhh ini kondisi yang banyak dialami orang yang baru patah hati. Ada story di MV ini yang nyambung dengan MV lagu lainnya dan di MV ini saking sakitnya yang dirasakan mereka katanya bunuh diri.

9. Dope (23 Juni 2015)

Disini para member BTS mengajak kamu melihat betapa sibuknya keseharian BTS agar bisa sampai tenar saat ini, disaat kita enak-enakan main dan berpesta mereka harus terus bekerja.

Di MV-nya kamu bisa liat Rap Monster memakai baju petugas hotel, Suga jadi pilot, Jin jadi dokter, V jadi detektif, J.Hope jadi pembalap, Jimin jadi karyawan sibuk, dan Jungkook jadi petugas SWATT.

10. Butterfly (1 Oktober 2015)

Lagu ini ada di MV BTS “on stage: prologue” yang mana merupakan sambungan story dari MV “I Need U”. Kamu bakal semakin bingung dengan ceritanya, para membernya sepertinya nggak jadi bunuh diri.

Lalu siapa yang sebenarnya meninggal? Apakah V yang di akhir MV tersebut terjun ke laut?

11. Run (29 November 2015)

Kata Rap Monster, lagu ini untuk memotovasi kamu buat terus berjuang dan bangkit dari kegagalan. MV-nya wajib ditonton karena ini adalah akhir dari cerita “I Need U” dan “Butterfly”.

V yang hampir meregang nyawa kembali teringat kenangan para member BTS lalu Jungkook ngasih senyuman penuh makna gitu. Apakah V akhirnya meninggal atau mengurungkan niat? Jawabannya ada di akhir video.

12. Epilogue : Young Forever (19 April 2016)

MV lagu ini merupakan flashback dari story “I Need U” sampai “Run” yang mana mereka meratapi semua yang mereka lakukan, tersesat, dan berusaha menemukan jalan keluarnya.

Hayo tebak apa arti pesawat terbang di landasan pacu? BTS memang selalu buat penasaran ya.

13. Fire (1 Mei 2016)

Lagu ini tentang bagaimana member BTS menghadapi haters. Dasyat deh kalo kamu bisa ikut mengartikan semua makna tulisan dan scene dalam MV-nya.

Di ending lagu ini, Suga bilang kalau dia akan memaafkan si haters.. kalo kamu?

14. Save Me (15 Mei 2016)

Lirik lagu “Save Me” ini tentang seorang yang merasa frustasi dan sangat butuh pertolongan. Kalau dilihat dari lirik dan MV-nya, ini kondisi orang yang lagi depresi banget.

15. Blood, Sweat & Tears (9 Oktober 2016)

Lagu yang awalnya tak disukai Suga ini ternyata sangat laris di pasaran. MV-nya pun penuh teka-teki seperti Jin yang nyeker ayam tetapi member lainnya pakai sepatu. Apa maksudnya, kalian tau?

16. Spring Day (12 Februari 2017)

“Spring Day” berisi tentang rasa rindu yang teramat dalam untuk seseorang yang telah pergi untuk selamanya.

Betapa sulitnya menghapus seseorang yang kita sayangi hanya untuk menguragi rasa sakit itu, namun terkadang kita memilih untuk tetap sakit dan merindukannya.

17. Not Today (19 Ferbuari 2017)

Di MV “Not Today” para member diikuti penari latar yang mamakai pakaian jubah hitam-hitam dan melakukaan formasi segitiga, karena scene ini banyak yang mengira bahwa mereka membawa unsur iluminati.

Tapi itu hanyalah spekulasi, kalian bisa lihat sendiri.

18. Come Back Home (5 Juli 2017)

Ini merupakan remake dari lagu dari Seo Taiji and Boys dengan versi remix yang lebih trendi, tak heran lagu ini menjadi hot song dan menduduki peringkat 51 Worldwide iTunes Top Song Chart.

19. DNA (18 September 2017)

Lagu DNA sampai saat ini masih banyak didengar sehingga peringkatnya terus berada di atas. Lagu ini berisi tentang takdir terhadap pasangan yang sudah ada dari dulu seperti DNA.

Lagu yang sempat ditampilkan oleh BTS di ajang bergengsi AMA 2017 ini wajib buat kamu dengar.

20. Mic Drop (Steve Aoki Remix) (24 November 2017)

Kali ini BTS berduet dengan DJ Amerika ternama Steve Aoki. Kolaborasi mereka yang epic membuat lagu ini bertahan di US Billboard selama 9 minggu berturut-turut dan dianugerahi sertifikat Gold dari Recording Industry Association of America (RIAA) karena telah terjual sebanyak 500 ribu unit. Daebak!

21. With Seoul (6 Desember 2017)

Kepopuleran BTS sebagai musisi Internasional dimanfaatkan untuk mempromosikan Korea Selatan ke turis mancanegara agar mengunjungi negeri ginseng tersebut, khususnya Seoul.

Kabarnya setelah lagu ini dirilis, website resmi pariwitasa Seoul mengalami crash akibat banyak yang mengunduhnya. Sangat terbuktikan kepopuleran BTS.

22. Fake Love (18 Mei 2018)

Lagu terbaru BTS ini tak perlu dijelaskan lagi, semua unsur lagu ini keren banget terutama MV-nya yang membuat lagu ini masuk kedalam tiga besar lagu terlaris di dunia.

Kabarnya lagu ini bakal diputar sama FIFA dalam piala dunia 2018 loh.

Daebak memang perjalanan karir boygroup asal Korea Selatan ini. Patut kita acungi jempol sebagai salah satu boygroup yang Go International dengan bakat yang mumpuni.

Lagu-lagu di atas adalah bukti nyata yang mengiringi perjalanan karir BTS dari sekedar boygroup biasa menjadi luar biasa.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.