15 Lagu Malaysia Terbaik Sepanjang Masa dan Masih Hits Hingga Kini

Kali ini kita melipir sedikit ke negara tetangga yang berbatasan langsung dengan Indonesia, yaitu Malaysia. Malaysia menggunakan bahasa Melayu yang memiliki kemiripan dengan Bahasa Indonesia.

Bahkan di beberapa daerah di Indonesia juga memakai bahasa Melayu, terutama mereka yang berasal dari suku Melayu.

Berkat kesamaan dalam hal bahasa membuat kita dengan Malaysia menjadi tetangga serumpun. Kemiripan bahasa pula yang membuat orang Indonesia tidak asing dengan bahasa orang Malaysia termasuk lagu-lagunya.

Lagu-lagu Malaysia terbaik tentu tidak asing di telinga masyarakat Indonesia apalagi di tahun 80/90-an. Beberapa lagu Malaysia yang dulu sempat populer masih menjadi kenangan bagi masyarakat Indonesia.

Lagu Malaysia Terbaik

Lagunya yang easy listening serta liriknya yang mudah dihafal memiliki daya tarik tersendiri di hati masyarakat Indonesia.

Bahkan beberapa penyanyi dari Negeri Jiran tersebut sudah mempunyai basis fanss sendiri di Indonesia. Berikut ini beberapa lagu malaysia terbaik sepanjang masa versi pasberita.com.

1. Ku di Halaman Rindu

Lefthanded yang merupakan grup band beraliran rock pada tahun 1987 merilis sebuah album yang berjudul “Seruan”. Di dalam album tersebut terdapat 10 lagu secara keseluruhan. “Ku di Halaman Rindu” merupaka single hits band Lefthanded yang terdapat dalam track lagu di album tersebut. Alunan lagunya sangat mencerminkan musik melayu rock jaman jadul, syahdu-syahdu gitu deh.

2. Isabella

Lagu yang satu ini bisa dibilang salah satu lagu Malaysia terbaik dan juga paling populer di Indonesia bahkan hingga saat ini. Meski telah lewat satu dekade nyatanya lagu dari penyanyi Amy Search ini masih sering dinyanyikan atau dicover oleh penikmat musik di tanah air.

Lagu yang dirilis tahun 1989 ini bahkan pernah dibawakan ulang oleh Band ST12 di tahun 2009 yang memang mengusung genre melayu. Isabella merupakan single hits dari album Amy Search yang bertajuk “Fenomena”.

3. Anggapanmu

Dua lagu sebelumnya merupakan lagu rock melayu kali ini Ziana Zain datang dengan “Anggapanmu” yang bernuansa pop. Tahun 80-an memang jamannya musik rock bahkan di tanah air pun band seperti Godbless banyak digandrungi. Namun memasuki tahun 90-an musik pop mulai banyak digemari. Di tahun 1993 di bawah label Universal Music Publishing Group lagu ini dirilis. Penulis lirik  “Anggapanmu” adalah Asmin Mudin.

4. Tergamak Kau

Band rock asal negeri Jiran, Ukays merilis sebuah album bertajuk “Bisa Berbisa” di tahun 1994 di bawah label Bertelsmann Music Group. Pada album tersebut terdapat 8 lagu keseluruhan dan satu diantaranya adalah “Tergamak Kau”. Meskipun berjudul Tergamak Kau (Manisnya Kamu)”, namun isinya justru mengatakan sebaliknya alias sarkas.

5. Titian Perjalanan

Melihat judul beserta nama band, yaitu XPDC (kalau kita membacanya dengan ekspedisi) ada sinkronisasi diantara keduanya. “Titian Perjalanan” merupakan lagu yang terdapat di dalam track album “Kita Peng-Yu” pada tahun 1994. Album yang bisa berarti “Kita Teman (China: Peng Yao)” dirilis dibawah label Life Record.

6. Disana Menanti Disini Menunggu

Selain “Tergamak Kau” pada album “Bisa Berbisa (1994)” milik band Ukays terdapat pula lagu “Disana Menanti Disini Menunggu”.

7. Cintaku Tak Melekat Satu

Band rock yang satu ini mungkin tak seterkenal band-band rock sebelumnya, tapi lagu “Cintaku Tak Melekat Satu” merupakan salah satu lagu Malaysia yang terbaik. Band Illusi di tahun 1999 merilis sebuah album bertajuk “Segalanya Ku Terima”. Album tersebut dirilis dibawah label New Southern Records Sdn Bhd, Universal Music. “Cintaku Tak Melekat Satu” merupakan salah satu single pada album tersebut bersama dengan 15 lagu lainnya.

8. Memori Berkasih

Achik dan Siti Nurdiana atau akrab disapa Nana merupakan rekat duet yang populer berkat lagu “Memori Berkasih” yang dirilis tahun 2003. Lagu bergenre pop ini merupakan single hits yang terdapat pada album “Paling Comel (Paling Cantik)”.

Meskipun berjudul comel bukan berarti album tersebut berarti orang yang omongannya ember kemana-mana karena dalam bahasa Malaysia comel adalah cantik. Album tersebut dirilis dibawah label Hui Hvang Enterprise Sdn Bhd. Achik dan Nana masih eksis dalam karir solo mereka masing-masing hingga saat ini. Hanya saja tampilan Nana sekarang ini berbeda karena telah berhijab.

9. Gurauan Berkasih

Berawal dari sebuah duet Abdillah Murad bin Md. Shari atau yang dikenal dengan nama panggung Achik bersama dengan Nana mereka akhirnya memutuskan untuk membuat proyek duo. “Gurauan Berkasih” merupakan salah satu lagu hits mereka selain “Memori Berkasih” pada tahun 2003. Lagu-lagu duo ini bahkan tetap dikenang hingga saat ini meskipun Achik telah berpulang ke hadapan Tuhan karena kecelakaan lalu lintas yang dialaminya.

10. Tiada Lagi Indah

Bagi kalian penggemar ajang pencarian bakat pasti sudah tak asing lagi dengan nama Jaclyn Victor. Penyanyi cantik kelahiran 4 Desember 2008 tersebut merupakan pemenang Malaysian Idol musim pertama. Ia juga dikenal masyarakat Indonesia setelah mengikuti ajang Asian Idol dan bersaing bersama dengan perwakilan dari Indonesia, Mike Moehede yang ditayangkan oleh salah satu stasiun TV swasta di Indonesia. “Tiada Lagi Indah” merupakan single hitsnya yang dirilis pada tahun 2004.

11. Hanya Segenggam Setia

Album “Hujan” yang dirilis pada tahun 2006 merupakan album dari Rahmat Ekamantra. Pada album tersebut terdapat sebuah lagu, yaitu “Hanya Segenggam Setia” yang menjadi single hits. “Hanya Segenggam Setia” merupakan lagu pop yang diiringi dengan intro gitar elektrik.

12. Zapin Terbilang

https://www.youtube.com/watch?v=BVa6gvrGGCg

Judulnya saja sudah menunjukkan nuansa Melayu, “Zapin Terbilang” merupakan lagu yang kental dengan nuansa melayu dari irama dan liriknya. Lagu ini dibawakan oleh band Iklim pada tahun 2007. Lagu ini termasuk dalam album mereka yang bertajuk pergimu satu tanda. Liriknya patut kita resapi karena mengajarkan kebaikan terutama dari sudut pandang agama Islam.

13. Bila Diri Disayangi

Band Ukays yang berganti nama menjadi U.K’s, dibacanya tetap sama lho jangan baca dengan istilah Indonesia (U-Ka-Es) karena nama  ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan Unit Kesehatan Sekolah (UKS). Lagu ini terdapat dalam album “Suatu Ketika” yang dirilis pada tahun 2007. U.K’s atau Ukays memang selalu mengeluarkan lagu-lagu yang bagus termasuk “Bila Diri Disayangi”.

14. Cinta Kristal

“Cinta Kristal” merupakan lagu yang dibawakan oleh penyanyi Rahim Maarof di tahun 1988. Rahim Maarof sendiri merupakan penyanyi yang terkenal di Malaysia maupun Indonesia di tahun 80 hingga 90-an. Lagu yang ada pada album bertajuk “Kristal” ini populer kembali di tahun 2009. Album tersebut dirilis di bawah naungan BMG Pasific yang kini berganti menjadi Sony BMG.

15. Dirantai Digelangi Rindu

Lagu “Dirantai Digelangi Rindu” merupakan single dari album milik band Exist yang bertajuk “Mutan”. Lagu ini dirilis pada tahun 1998 yang kemudian populer kembali di tahun 2014. Band Exist sendiri merupakan band yang terbentuk di awal tahun 90-an. Jaman itu band ini merupakan band yang sangat digandrungi para remaja. Kalau di Indonesia bisa dibilang mirip band Stinky.

Masih banyak lagu-lagu terbaik dari negara tetangga kita Malaysia. Beberapa lagu di atas mungkin dapat mewakili dari sekian banyak lagu Malaysia yang juga dinikmati oleh pecinta musik di tanah air.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.