17 Lagu Malaysia Terbaru, Terbaik, dan Terpopuler Sepanjang Tahun 2018

Lagu negara tetangga, yaitu Malaysia cukup akrab di telinga masyarakat Indonesia bahkan lagu Malaysia terbaru pun sudah ditunggu rilisnya oleh fans musik Melayu di tanah air.

Jauh sebelum musik K-Pop menginvasi musik dunia termasuk Indonesia, musik Melayu dari Malaysia telah lebih dulu memasuki pasar musik nusantara.

Banyak penyanyi Malaysia yang sukses dan mempunyai banyak penggemar di Indonesia, contohnya saja Amy Search, Sheila Majid, dan Siti Nurhaliza (sekarang Dato’ Sri Siti Nurhaliza). Selain suara mereka yang merdu, lagu-lagu mereka pun selalu enak didengar.

Hingga kini lagu dari Negara Malaysia masih memiliki penggemar setia di Indonesia terutama pecinta musik-musik Melayu. Lagu Malaysia identik dengan musik melayu yang juga sama dengan aliran musik di tanah air.

Selain itu arti dan makna lagu Malaysia juga mudah dicerna oleh masyarakat Indonesia, karena liriknya yang menggunakan bahasa Malay tidak jauh berbeda dengan Bahasa Indonesia.

Lagu Malaysia Terbaru

Lagu-lagu Malaysia banyak didominasi oleh genre pop balad, tapi seiring berjalannya waktu dan invasi musik-musik luar negeri membuat warna musik Malaysia menjadi lebih beragam.

Seperti halnya di tanah air, lagu-lagu Malaysia terbaru juga banyak yang terinspirasi dari musik-musik luar negeri seperti musik barat dan K-pop. Berikut beberapa lagu Malaysia terbaru 2018.

1. Hikayat Benladin

Raper muda Benladin baru merilis single terbarunya yang berjudul “Hikayat Benladin” pada bulan Juli lalu. Liriknya yang cukup panjang ditulis sendiri oleh raper berusia 17 tahun itu. Sebagai raper muda ia bisa dikatakan cukup berbakat karena lebel sekelas Sony Entertaiment Music Malaysia mendistribusikan lagu-lagunya.

2. Sampai Ke Hari Tua

“Sampai Ke Hari Tua” merupakan single terbaru dari penyanyi pop solo Aizat Amdan. Liriknya sangat romantis apalagi lantunan suara Aizat Amdan begitu harmonis dan enak didengar. Lagu ini sangat cocok dijadikan backsound buat kamu yang ingin melamar kekasihmu.

3. Amalina

Jangan terkecoh saat melihat musik video lagu “Amalina” dari Santesh karena ini lagu Malay bukan India. Santesh memang orang Malaysia keturunan Tamil sehingga intro serta musik videonya bernuansa India. Lirik dan lagu ini ditulis oleh Room None dan Harry Khalifah yang banyak menciptakan lagu-lagu hits untuk banyak penyanyi Malaysia.

4. Anta Permana

Lagu terbaru dari Dato’ Sri Siti Nurhaliza atau yang dulu dikenal dengan Siti Nurhaliza berjudul Anta Permana. Lagu yang ditulis oleh Ezra Kong dan Hael Husaini ini baru saja dirilis pada bulan Sepetember. Dalam bahasa Melayu klasik Anta Permana berarti tidak terkira.

5. Ragaman

Penyanyi 40 tahun, Faizal Tahir kembali merilis single dengan warna yang baru. Single terbarunya yang berjudul “Ragaman” terdapat unsur musik reggae dan pop tahun 60-an. Selain itu ia juga memasukkan suara anaknya di dalam lagu ini. Seperti judulnya, Ragaman sendiri bercerita tentang seorang suami yang sabar menghadapi segala macam atau beragam tingkah istri.

6. Kisah Antara Kita

One Avenue Band kembali dengan single barunya yang berjudul “Kisah Antara Kita”. Video klip untuk lagu ini mengusung konsep yang unik karena diselipkan sedikit komedi. Warna musik serta konsep One Avenue bisa dibilang mirip dengan band tanah air, yaitu Kangen Band.

One Avenue Band mempunyai main vokalis pria, tapi mereka juga mempunyai anggota wanita yang juga menjadi vokalis seperti posisi Erin di Kangen Band. Bahkan video klip lagu yang lucu mengingatkan kita pada video klip “Yolanda” milik Kangen Band yang membedakan hanya keberadaan “Babang Tamvan”.

7. Pendusta Cinta

Pendusta cinta merupakan single teranyar dari penyanyi muda berhijab Wani. Di single ini Wani berkolaborasi dengan Waris. Lagu dan serta musik video “Pendusta Cinta” sangat kekinian dengan sedikit sentuhan pop dance. Wani mengingatkan kita pada penyanyi muda jebolan ajang pencarian bakat di Indonesia, yaitu Fatin.

8. Bahagia

Lagu “Bahagia” merupakan single teranyar dari penyanyi cantik Eza Edmond. Lirik dan lagu single ini diciptakan oleh Hazmi Fahim. Lagu ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 2014, tapi baru dirilis untuk umum di tahun ini. Video klip lagu ini memiliki konsep animasi karikatur perempuan berhijab (mungkin Eza) yang bernyanyi dengan latar belakang lirik lagu “Bahagia”.

9. Apa Salahku

Mendengar lagu Apa Salahku dari Yazid Izaham mengingatkan kita dengan Charlie vokalis Setia Band. Warna suara Yazid memang setipe dengan Charlie sehingga lagu “Apa Salahku” banyak mengumbar vibra dengan cengkok melayu milik Yazid.

10. Perasaan

Setelah sukses dengan hits single “Potret Lebaran” dan “Teratai Cinta”, kini penyanyi muda Sheryl Shazwanie kembali dengan single terbarunya, yaitu “Perasaan”. Liriknya ditulis oleh Imam Imran serta lagu oleh Room None. Video klipnya dibuat dengan latar belakang kisah cinta ala-ala anak SMA Malaysia. Jika melihat video klipnya kita mungkin akan terbayang kisah cinta anak madrasah di Indonesia.

11. Terbang

Lagu ini merupakan lagu teranyar dari Band Treehill yang dirilis pertengahan tahun ini. Komposer untuk lagu “Terbang” ialah Zimi sedangkan liriknya ditulis oleh Hang Nadim. Lagu ini merupakan single utama yang terdapat di album “Terbang” milik Treehill.

12. Kepuraanmu

Jika di tanah air kita mempunyai Afghan maka Malaysia mempunyai Luqman Faiz. Kali ini Luqman kembali dengan single terbarunya yang bertajuk “Kepuraanmu”. Seperti lagu-lagu dari label Aries Musik lainnya lagu ini juga terus naik dari minggu ke minggu di chart tangga lagu Malaysia setelah dirilis bulan lalu. Lagu dan lirik “Kepuraanmu” diciptakan oleh Sirkhan/ Rinkarnaen/ Sang Hitam.

13. Pedih

Penyanyi muda Sarah Suhairi mengingatkan kita pada salah satu public figure Indonesia, yaitu Fatimah Halilintar salah satu anggota keluarga fenomenal Gen Halilintar. Kini penyanyi yang berhijab dan berbehel baru saja mengeluarkan single berjudul “Pedih”. Liriknya ditulis oleh Imam Imran serta lagu yang diaransemen oleh Room None.

14. Tak Pernah Hilang

Tak Pernah Hilang merupakan proyek duet dari penyanyi Amylea dan Kaer. Lirik lagunya ditulis sendiri oleh Amylea. Sebelum merilis single ini masing-masing dari mereka telah sukses dengan single “Seperti Dia” (Amylea) yang merupakan OST dari “Ramadan yang Hilang” dan “Izinku Pergi” (Kaer).

15. Sampai Bila

Satu lagi penyanyi cantik yang memiliki suara bening, yaitu Misha Omar baru saja mengeluarkan single bertajuk “Sampai Bila” di pertengahan tahun ini. Misha Omar memiliki penampilan seperti Dira Sugandhi dengan warna suara seperti Siti Nurhaliza. Tak heran bila lagu dari penyanyi di bawah label Sony Music Entertaiment Malaysia ini begitu digandrungi dan mendapat respon positif dari para penggemarnya.

16. Selamat Tinggal Sayang

Haqiem Rusli kembali dengan single barunya, yakni “Selamat Tinggal Sayang” setelah sukses dengan mini album “Segalanya”. Kini penyanyi berusia 20 tahun yang identik dengan kacamata hitam itu menulis dan mengaransemen sendiri lagu terbarunya dibantu dengan Ibnu. Meskipun ada beberapa kontroversi yang dilakukannya, tapi karya-karya dari Haqiem Rusli patut diacungi jempol. Kalau disamakan dengan artis Indonesia mungkin ia seperti Aliando Syarifnya Malaysia.

17. Cabang Tiga

Lagu “Cabang Tiga” merupakan original soundtrack untuk Film Malay, “Paskal The Movie”. Lagu rap hip hop ini ditulis dan dibawakan oleh Aman RA. Liriknya memiliki makna yang nasionalis sesuai dengan jalan cerita Film Paskal. Film Paskal sendiri merupakan film yang diadaptasi dari kisah nyata pasukan khusus yang bertugas di Pawagam.

Itulah beberapa lagu Malaysia terbaru di tahun 2018. Apa diantara lagu tersebut ada penyanyi favoritmu atau justru kamu baru tahu tentang lagu-lagu di atas. Nggak rugi deh mendengarkan lagu-lagu mereka yang tak kalah easy listening dengan lagu-lagu tanah air.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.