15 Lagu Metal Terbaik yang Populer Pada Tahun 90-an | Nostalgia Yuk!

Berbicara tentang lagu metal akan membawa kita bernostalgia kembali pada tahun 90-an. Karena pada tahun itu lagu-lagu metal terbaik banyak menggema, bisa dibilang tahun 90-an adalah masa-masa kejayaan lagu metal di seluruh dunia.

Band-band rock ternama dunia juga banyak bertebaran, seperti Metallica, Megadeth, Helloween, Soundgarden, Slipknot, dan lain sebagainya. Tidak hanya band rock Internasional, pada tahun 90-an juga merupakan masa kejayaan band rock asal tanah air Power Metal. Power Metal sendiri juga banyak merilis lagu metal terbaik yang tak kalah hist dari band-band metal rock luar negeri.

Lagu Metal Terbaik

Seperti lagu “The Ecstasy of Gold” dari band Metallica, band Power Metal juga punya karya terbaik salah satunya yaitu “Timut Tragedi” yang dirilis pada tahun 1993. Bagi kamu yang belum tau sejarah lagu metal terbaik pada tahun 90-an, berikut pasberita.com rangkum beberapa lagu metal terbaik dengan aliran musik heavy metal mulai dari Metallica hingga Power Metal.

1. Metallica – The Ecstasy of Gold (1999)

Lagu dengan genre progressive metal ini masuk dalam nominasi penghargaan Grammy untuk penampilan rock instrumental terbaik. “The Ecstasy of Gold” pada mulanya merupakan lagu yang diaransemen oleh Ennio Morricone dan diaransemen ulang oleh Metallica yang menjadi bagian dari singel pada album “S&M”. Band Metallica sering menggunakan intro dari lagu ini sebagai pembukaan konsernya sejak tahun 1983.

2. Power Metal – Malapetaka (1991)

Lagu “Malapetaka” merupakan salah satu singel dari album Power Metal bertajuk “Power One”. Band yang mengusung tema heavy metal ini memiliki warna musik yang penuh dengan melodi dan kencang. Lagu ini berisi tentang sindiran akan tingkah anak manusia yang serakah haus akan kekuasaan dan tahta. Ibarat iblis manusia menjadi gila karena saling menghasut yang membuat dunia murka dan menimbulkan malapetaka.

3. Megadeth – Hangar 18 (1990)

“Hangar 18” merupakan salahsatu lagu rock hits band Megadeth yang diambil dari album “Rust in Peace”. Lagu dengan genre progressive metal ini masuk dalam nominasi penghargaan Grammy untuk kategori Penampilan Metal Terbaik. Lagu ini mencapai posisi #25 pada tangga lagu Irish Singles Chart dan mencapai posisi #26 pada tangga lagu UK Singles Chart.

4. Power Metal – Timur Tragedi (1993)

Tepat pada tahun 1993 saat Power Metal mengadakan pergelaran festival rock, lagu “Timur Tragedi” menjadi pembuka konser. Lagu ini merupakan salah satu singel dari album Power Metal bertajuk “Power Demons” mengisahkan tentang sebuah tragedi tsunami di daerah timur. Dari lirik lagunya digambarkan bahwa tsunami telah meyapu bersih sebuah negeri menyisakan puing kehancuran dengan banyak jiwa yang tertimbun mati.

5. Slipknot – Wait and Bleed (1999)

Diambil dari album dengan nama yang sama “Slipknot”, beberapa prestasi yang diperoleh Slipknot lewat lagu ini yaitu masuk dalam nominasi Grammy pada kategori Best Metal Performance tahun 2001, memenangkan penghargaan Best Single di Kerrang! Awards. “Wait and Bleed” dirilis sebagai singel utama dari album ini pada bulan Juli 1999 dan mencapai posisi #34 pada tangga lagu di US Billboard Hot Mainstream Rock Tracks pada bulan Februari 2000.

6. Power Metal – Selamat Malam (1995)

Berbeda dengan singel-singel sebelumnya, lagu ini masuk ke dalam album “Serigala” yang merupakan salah satu lagu tentang cinta dari Power Metal. Mengisahkan tentang kenangan cinta di masa lalu yang menyayat hati, dimana keangkuhan dan masing-masing ego membuat hubungan itu harus kandas di tengah jalan. Namun walau begitu cerita indah akan terus selamanya tersimpan di dalam angan dan ingatan.

7. Megadeth – Symphony of Destruction (1992)

“Symphony of Destruction” dirilis sebagai singel dari album Megadeth berjudul “Countdown to Extinction”. Liriknya yang menggambarkan sindiran terhadap situasi pemerintahan yang menempatkan masyarakat berada di bawah kepemimpinan yang buruk membuat lagu ini menjadi salah satu lagu terbaik Megadeth. Berbeda dalam lagu sebelumnya, lagu ini dapat menembus pasar Amerika dan masuk dalam US Billlboard Hot 100 dan menempati posisi #15 di tangga lagu UK Singles.

8. Metallica – Sad But True (1993)

Singel terakhir dari album kelima Metallica yang bertajuk “Metallica” ini dirilis tepatnya pada bulan Februari 1993 silam. Lagu ini masuk dalam 20 besar di tangga lagu US Mainstream Rock Tracks dengan mencapai posisi #15 dan menduduki posisi #20 di tangga lagu UK Singles.

9. Power Metal – Satu Jiwa (Empowered) (1991)

Lagu-lagu yang terdapat pada album “Power One” ini memang identik dengan musik yang keras dan lirik yang berisi gambaran atau sindiran tentang hidup. “Satu Jiwa” adalah sebuah lagu yang penuh dengan gejolak semangat yang menantang dari sebuah jiwa yang padam. Mengajarkan kita untuk terus bangkit meraih prestasi ketimbang tenggelam dalam kerisauan yang membuat frustasi.

10. Helloween – Forever and One (1996)

“Forever and One” adalah lagu dari salah satu band heavy metal asal Jerman Helloween. Lagu yang diambil dari album yang bertajuk “The Time of the Oath” ini diciptakan oleh vokalis Helloween sendiri Andi Deris. Band ini terdiri dari lima personel Andi Deris (vokal), Roland Grapow (gitar), Michael Weikath (gitar), Markus Grosskopf (bass), dan Uli Kusch (drum) dibentuk di Hamburg, Jerman Utara pada tahun 1984.

11. Steelheart – She’s Gone (1990)

Steelheart merupakan band rock yang dibentuk pada tahun 1990 di Norwalk, Connecticut, United States. Salah satu lagu hits mereka “She’s Gone” merupakan lagu album debut mereka bertajuk namba band itu sendiri “Steelheart”. Lagu ini mencapai posisi #59 di tangga lagu Billboard Hot 100 pada bulan Oktober 1991. Di Indonesia sendiri lagu ini banyak diputar dan populer di acara-acara rock di beberapa stasiun radio.

12. Power Metal – Sadarku (1996)

Diambil dari salah satu album Power Metal yang bertajuk “Peta Dansa” lagu ini mengisahkan tentang menikmati kesendirian untuk merenung dari sebuah kesalahan di masa lalu. Sesuai dengan judulnya “Sadarku”, bahwa kita harusnya bangkit dari kenistaan dan kegelapan menyongsong hidup yang lebih terang.

13. Metallica – Nothing Else Matters (1992)

Sama dengan lagu Metallica sebelumnya, lagu ini merupakan singel ketiga diambil dari album yang sama “Metallica” namun lagu ini dirilis pada tahun 1992. “Nothing Else Matters” mencapai posisi nomor #11 di Billboard Mainstream Rock Tracks dan juga masuk ke dalam jajaran Top 10 di beberapa chart lagu di Eropa. Lagu ini menjadi salah satu lagu terbaik dan paling populer, dibuktikan telah banyak yang mengcover lagu ini hampir 100 kali.

14. Soundgarden – Black Hole Sun (1994)

Band ini berasal dari Seattle, Amerika yang dibentuk pada tahun 1984. Salah satu lagu mereka yang paling populer yaitu “Black Hole Sun” ditulis oleh Chris Cornell terdapat dalam album studio keempat mereka yang bertajuk “Superunknown”. Lagu paling populer dari Soundgarden ini akan selalu mengingatkan kita pada nuansa 90-an. “Black Hole Sun” menjadi jawara pada tangga lagu Billboard Mainstream Rock Tracks selama 7 minggu berturut-turut.

15. Power Metal – Sirna (1992)

Menjadi bagian dari album Power Metal yang bertajuk “Power Mission”, lagu ini berkisah jiwa yang gamang mencari cita dan tempat pulang. Seolah-olah dunia ini telah sirna karena harapan yang tak kunjung terwujudkan dan derita yang terus berdatangan. Bagi yang sedang kalut dalam beban lagu ini cocok menjadi pengiring kegamangan kalian, semoga dengan sebuah lagu sedikit luka akan tersembuhkan.

Jika mendengarkan lirik-lirik dari lagu metal kebanyakan berisi tentang protes dan sindiran atau tentang ironi kehidupan. Pada tahun 90-an memang banyak sekali ironi kehidupan yang terjadi di lingkungan masyarakat, baik dari segi pemerintahan maupun dari segi sosial. Well, sebagai infromasi kamu saja semoga kecintaan kamu dengan lagu-lagu metal tidak berkurang seiring banyaknya genre musik yang kini makin berkembang.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.