9 Lagu Mocca Terbaik Mulai Dari Yang Teranyar Hingga Yang Terlawas

Bagi para penggemar musik jazz tentu sudah tidak asing lagi dengan band yang satu ini. Mocca, band jazz yang terkenal dengan melodi swing jazz ini dibentuk pada tahun 1997 di Bandung, Jawa Barat. Style musik yang dimainkan band Mocca terinspirasi dari musik retro tahun 70-an dengan improvisasi swing, bossa nova, Swedish pop, dan jazz. Lagu Mocca terbaik tentu sudah banyak kamu dengar di radio seperti “Happy”, “I Remember”, “Once Upon A Time”, “On The Night Like This”, dan yang teranyar yaitu “Teman Sejati”.

Band yang terdiri dari Arina (vokal), Riko (gitar), Toma (bass), dan Indra (drummer) ini juga terkenal hingga ke Korea Selatan loh, dibuktikan dengan salah satu lagu terbaik Mocca yang berjudul “Happy” dijadikan sebagai musik latar untuk acara anak-anak salah satunya reality show “The Return Of Superman” yang tayang di KBS2. Sebuah prestasi yang luar biasa dan patut diacungi jempol.

Lagu Mocca Terbaik

Bagi kamu yang baru saja mencoba merambah dunia musik jazz, Mocca dapat menjadi band pioneer untuk kamu gandrungi. Karena lagu-lagu nya yang easy listening dan nyaman untuk didengarkan tidak akan membuat telingamu bosan. Tapi sebelumnya yuk kenalan dulu dengan beberapa lagu terbaik Mocca di bawah ini, biar nggak kudet-kudet amat!

1. Teman Sejati (2018)

Singel teranyar dari Mocca nih Swinging Friends yang dirilis tepat pada momen valentine 14 Februari 2018 lalu. “Teman Sejati” merupakan singel perdana untuk album Mocca yang bertajuk “Lima”. Salah satu lagu mocca terbaik ini bercerita tentang kisah pertemanan antara dua anak manusia yang bersahabat sejak kecil hingga tua.

Di video klipnya, lagu ini menceritakan tentang Budi dan Nani yang berteman dan bertetangga sejak kecil. Budi mengajak Nani untuk mencari mesin karaoke baru milik Nani dan membuat kejutan kecil dari perjalanan mereka. Pada proses penulisannya, lagu ini terinspirasi dari sebuah mainan yang hilang. Penasaran bagaimana lagunya, just listen to it soon!

2. I Remember (2018)

Lagu “I Remember” merupakan lagu lama yang dirilis ulang oleh band Mocca. Lagu yang sempat dirilis pada tahun 2000-an ini sempat menjadi soundtrack film “Catatan Akhir Sekolah (CAS)” pada tahun 2005. Lagu ini dirilis ulang sebagai bentuk perayaan dalam rangka memperingati 18 tahun terbentuknya band Mocca. Berbeda dengan versi sebelumnya, kali ini ditambahkan sentuhan string section pada lagu ”I Remember”.

3. Menunggu Untuk Bertemu (2017)

Lagu ini merupakan hasil dari kolaborasi band Mocca dengan Payung Teduh. Merupakan gabungan dari dua lagu, yaitu “Menunggu” dan “Bertemu”. Lagu ini terdapat dalam album “UrbanGiGs x Unreleased Project Volume 01” yang dirilis pada tanggal 5 September 2017. Menceritakan tentang dua sejoli, dimana Mocca mewakili seorang yang sedang muram karena menunggu, sementara Payung Teduh merupakan pihak yang agak ceria karena ditunggu.

4. Imaginary Girlfriend (2015)

Lagu ini merupakan obat rindu bagi Swinging Friends sebagai penanda bahwa Mocca masih tetap eksis berkarya. “Imaginary Girlfriend” merupakan singel pertama Mocca dari album bertajuk “Home”. Lagu ini berisi curhatan seorang pria kepada sahabatnya tentang wanita yang baru saja dikenalnya dan jatuh cinta pada pandangan pertama.

Pria ini selalu bercerita betapa dia bahagia bisa berkenalan dengan wanita tersebut, betapa dia bahagia dapat pesan singkat dari wanita tersebut, dan betapa dia bahagia setiap melihat foto-foto dari wanita tersebut. Namun kemunculan wanita itu sendiri belum pernah disaksikan oleh teman si pria, hingga mereka menyangka jika wanita itu hanyalah khayalan belaka.

5. Stars In Your Eyes (2015)

“Stars In Your Eyes” merupakan singel ketiga yang diambil dari album “Home” dirilis pada tanggal 4 November 2015. Lagu ini adalah tentang mengagumi seseorang yang kamu cintai, bahwa dengan kehadiran nya di sisimu membuat mu merasa cukup dan bahagia. Seolah-olah kamu melihat bintang di matanya yang selalu menerangi malam harimu. Dalam lagu ini digambarkan seolah-olah tokoh di kisah ini menjalani hubungan jarak jauh dengan pasangannya (LDR), yang dinyatakan dalam lirik “I feel so blue when you’re not around, Then I think of you as I search for the stars above me”.

Saat membuat lagu ini drup band Mocca mengaku jika mereka banyak melakukan eksperimen yang belum pernah mereka lakukan di karya-karya sebelumnya. Salah satunya adalah pemakaian efek vokal yang sama sekali belum pernah dipakai oleh band Mocca. Hasilnya cukup maksimal, karean atmosfir romantic yang dibangun dalam lagu ini mampu tersampaikan dengan baik.

6. I Love You Anyway (2007)

Jika memang benar-benar sudah cinta, apapun kesalahan yang telah dilakukan oleh pasangan pasti akan segera dimaafkan dan dilupakan. Kira-kira itu inti dari kisah yang ada pada lagu “I Love You Anyway” ini.
Lagu yang dirilis pada tahun 2007 ini diambil dari album Mocca bertajuk “Colours”. Menceritakan tentang cinta yang menerima apa adanya dan tentang pasangan yang saling berusaha meningkatkan kualitas hubungannya. Jika kenyamanan sudah tercipta dalam sebuah hubungan, rasanya kita akan mencari-cari alasan untuk tetap bersama dengan pasangan walaupun banyak halangan melintang.

7. Happy! (2006)

Saat mendengarkan lagu ini kamu akan merasa rileks dan cheer up kembali. Lirik nya mengandung makna yang positif untuk menyemangati hari-harimu. “Happy” merupakan salah lagu pengiring dari sebuah film anak berjudul “Untuk Rena” pada tahun 2005. Salah satu lagu Mocca terbaik nih diantara yang terbaik, lagu bertema swing jazz ini ternyata juga familiar di luar negeri loh sebagai musik latar untuk beberapa acara anak dan reality show di Korea Selatan, salah satunya acara “The Return Of Superman”.

Lagu ini memang cocok untuk semua kalangan, melalui lagu ini kita dapat mengedukasi anak-anak mengenai kehidupan. Dalam lagu ini, hidup diibaratkan semangkuk buah ceri yang kadang ada rasa asam yang mewakili kekhawatiran. Namun, dalam semangkuk buah ceri itu tentu juga ada rasa manis yang mencerminkan kebahagiaan. Jadi kita tak perlu khawatir jika sesuatu hal tak berjalan sesuai harapan, tetaplah menjadi kuat!

8. On The Night Like This (2004)

Lagu dengan durasi 1 menit 25 detik ini merupakan salah satu singel dari album kedua Mocca bertajuk “Friends”. Liriknya yang mellow akan menambah sendu suasana malammu dengan iringan swing jazz, twee pop, dan sentuhan suasana 60-an. Sesuai dengan judulnya lagu ini cocok untuk dijadikan sebagai lagu pengantar tidur atau sebagai teman bersantaimu saat menikmati segelas cokelat hangat di teras rumah.

9. Once Upon A Time / Secret Admirer (2002)

Track pertama dari album pertama Mocca bertajuk “My Diary”, siapa yang ingat dengan lagu lawas ini? Yang pernah mengagumi seseorang dari jauh tentu langsung angkat tangan dong ya. “Once Upon A Time” seperti menceritakan kehidupan orang-orang pada umumnya, tentang seseorang yang bisa saja sewaktu-waktu mengalami jatuh cinta dan menjadi secret admirer yang hanya bisa mengagumi dari jauh saja. Lagu ini juga cocok sebagai penutup aktivitas harianmu yang super sibuk ditemani segelas teh hangat dan sepotong cupcake favoritmu.

Berbicara tentang lagu untuk bersantai, masih banyak lagu terbaik Mocca lainnya yang bisa kamu jadikan sebagai teman ngopi kamu. Seperti “My Only One”, “Do What You Wanna D”, “Butterfly In My Tummy”, dan lagu-lagu swing jazz lainnya yang tentu tak kalah asik dari beberapa lagu di atas. So, stay tune yaw Swinging Friends!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.