Lagu Persebaya dan Supporter Chant Bonek Mania

Posted on

Lagu Persebaya – Persatuan Sepak Bola Surabaya atau yang lebih dikenal dengan Persebaya adalah klub sepak bola kebanggaan para arek Suroboyo. Persebaya dulunya memiliki nama Pesebaya Surabaya, tapi kini berganti nama menjadi Persebaya 1927. Klub ini merupakan klub profesional yang berbasis di Surabaya dan berdiri sejak tanggal 18 Juni 1927.

Lagu Persebaya

Tak kalah dengan klub-klub sepak bola dunia, klub berjuluk Bajul Ijo ini juga memiliki pendukung atau suporter yang sangat loyal. Mereka adalah Bonek atau Bondho Nekat yang loyalitas serta totalitasnya sudah tidak diragukan lagi. Dalam hal dukungan kepada Persebaya Bonek bahkan rela pergi jauh untuk mendukung klub kesayangan mereka tersebut.

Bonek yang dikoordinir Jawa Pos ditahun 1988 pernah mendampingi Persebaya away ke Jakarta. Hal itu merupakan pionir dari tradisi “awaydays” yang ada di Indonesia saat ini. Bahkan kesetiaan Bonek atau Bondho Nekat pada Persebaya tak lekang oleh waktu.

Suporter Chant

Saat Persebaya bertanding terutama di daerah Jawa Timur, ribuan Bonek selalu hadir memenuhi stadion. Bahkan tidak hanya laga di dalam kandang di laga-laga besar para Bonek pun rela datang jauh-jauh uuuntuk mendukung Bajul Ijo. Diantara pertandingan-pertandingan besar pertandingan melawan Arema FC lah yang paling menyedot animo suporter kedua tim.

Di saat Persebaya bertanding Bonek juga mempunyai yel-yel yang kerap mereka lontarkan. Sama halnya dengan klub-klub sepak bola dunia yang supporternya memiliki chat-chat khusus. Yel-yel dari para Bonek bernama Bonek Mania. Setidaknya ada sekitar 16 yel-yel yang sering mereka teriakkan saat mendukung klub kesayangannya.

Anthem Lagu Persebaya

Sama seperti klub-klub sepak bola lainnya, klub yang berjuluk Green Force ini juga memiliki anthem atau lagu kebanggaan. Lagu kebanggaan klub Persebaya berjudul Song For Pride. Biasanya lagu Persebaya tersebut akan dikumandangkan di stadion saat akan mulai pertandingan dan setelah pertandingan berakhir.

Song For Pride

Saat ini kita dipertemukan kembali
Kutinggalkan semua demi mengawalmu lagi
Semangat kami takkan pernah lelah dan terhenti

Berjuanglah engkau demi kebanggaan kami
Ku korbankan semua untuk kau sang pahlawan
Kan ku bela dengan penuh rasa bangga di dada

Reff:

Satukan semangatmu Bajol Ijoku
Doa dan dukunganku menyertaimu
Ku yakin kau pasti bisa taklukkan lawanmu
Ku selalu mendukungmu Persebaya

Selain Anthem Persebaya yang dinamakan Song for Pride para Bonek juga mempunyai lagu yang mereka persembahkan untuk klub kesayangan mereka tentunya selain Yel-yel Bonek Mania. Lagu tersebut berjudul Emosi Jiwaku atau Persebaya Kau Takkan Sendirian.

Dalam lagu ini para Bonek mencurahkan isi hati mereka tentang loyalitasnya pada klub Persebaya. Tak hanya itu judul Emosi Jiwaku juga digunakan sebagai nama website resmi yang dibuat para Bonek. Webssite tersebut berisi berita-berita terhangat seputar Persebaya dan Bonek.

Emosi Jiwaku (Persebaya Kau Takkan Sendirian)

Di dalam stadion kita bersaudara
Satu cita dukung Persebaya
Semangat membara, bernyanyi bersama
Demi sebuah asa jadi juara

Terbanglah tinggi kau di angkasa
Tu jukkan pada semua mata dunia
Surabaya pun juga punya kebanggaan
Green Force Persebaya Emosi Jiwaku

Semangat kami tak pernah padam
Suara kami pun takkan pernah hilang
Yakinlah bahwa kau takkan sendirian
Disini kami selalu mendukungmu

Sejarah

Awalnya mereka bernama Soerabajasche Indische Voetbal Bond atau disingkat SIVB dan didirikan oleh M Pamoedji. Sejak berdirinya klub sepak bola ini mengalami beberapa pergantian nama. Mulai dari SIVB, Persibaja atau Persatuan Sepak Bola Indonesia Soerabaja (1943), hingga Persebaya atau Persatuan Sepak Bola Surabaya (1959).

Sempat dibekukan oleh PSSI yang kemudian kembali disahkan sebagai anggota saat Kongres Tahunan PSSI di Bandung tanggal 8 Januari 2017. Club ini juga termasuk salah satu raksasa perserikatan sepak bola selain PSM Makasar, Persib Bandung, dan Persija Jakarta. Telah dua kalii Persebaya menjadi pemenang di tahun 1978 dan 1988 serta lima kali menduduki posisi runner-up pada tahun 1965, 1971, 1973, 1987, dan 1990.

Pada kejuaraan Liga Indonesia Persebaya berhasil menyabet gelar juara Liga Indonesia di tahun 1996 – 1997. Bahkan mereka juga mencatatkan sejarah sebagai tim yang pertama kali menjadi juara sebanyak dua kali karena kembali menempati posisi pertama pada tahun 2004.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.