10 Lagu Pop Indonesia Yang Akan Membawa Kamu Kembali Ke Era 2000-an

Hello generasi milenial, masih ingatkah dengan sinetron Panji Manusia Milenium? Iyap betul, sinetron tentang superhero dengan tokoh utama bernama Panji dijuluki si Manusia Milenium. Siapa lagi pemerannya kalau bukan Primus Yustisio. Kalau kamu ingat berarti kamu sudah tua. LOL

Selain Panji Manusia Milenium masih banyak lagi sinetron-sinteron lawas yang pasti masih melekat di ingatanmu. Ada Saras 008, Gerhana, Jinny Oh Jinny, Jin dan Jun, Si Manis Jembatan Ancol, Yoyo, Cecep, Bidadari, dan sederetan sinetron hits zaman old lainnya yang mungkin kamu rindukan dan ingin menontonnya kembali untuk sekedar bernostalgia.

Nostalgia adalah kerinduan pada sesuatu yang sangat jauh letaknya atau yang sudah tidak ada sekarang, biasanya sesuatu itu berbentuk kenangan manis pada masa yang telah silam.

Sedangkan bernostalgia adalah melepaskan rindu setelah sekian lama tidak bertemu sambil mengingat peristiwa-peristiwa manis yang pernah dialami pada masa lalu.

Biasanya kamu akan senyum-senyum bahkan tertawa terbahak-bahak sendiri bila sedang bernostalgia dengan kenangan manis yang kamu alami di masa lalu.

Apabila bernostalgia bersama-sama teman-teman lama, biasanya kamu akan menenertawakan kebodohan-kebodohan gila yang pernah kalian lakukan di masa-masa remaja.

Ah indah ya jika mengenang masa-masa remaja, bagi saya sendiri momen-momen yang paling terkenang sejauh ini adalah masa-msa SMA dan masa-masa menjadi mahasiswa, sebut saja anak kuliahan. Penuh dengan kenangan banget deh masa-masa itu, sedang masa-masa tumbuhnya kalau kata orang tua.

Nah, selain bernostalgia melalui sinetron-sinetron lawas yang masih lekat di ingatan, kita juga bisa bernostalgia melalui lagu-lagu jadul yang sempat diputar lagi di radio atau di acara tv yang kamu tonton.

Secara tidak sengaja ketika lagu itu diputar, otak kamu akan melayang ke beberapa tahun silam dimana kamu belum memikirkan biaya tagihan listrik, sewa rumah, atau biaya tagihan kartu kredit. Piuhh,,

Momen itu bisa saja lagu mewakili perasaan kamu saat pertama kali jatuh cinta dulu, bisa saja lagu itu menjadi soundtrack persahabatan genk kamu semasa SMA, atau bisa saja lagu itu akan mengingatkan kembali ke masa-masa sedih saat harus berpisah dengan teman-teman karena kalian akan segera melanjutkan hidup masing-masing. Ah, jadi baper sungguhan nih.

Daftar Lagu Pop Indonesia Terbaik dan Terpopuler

Daripada berlama-lama, di bawah ini 10 lagu pop Indonesia yang akan membawamu bernostalgia kembali ke tahun 2000-an.

1. Kangen – Dewa 19

Lagu “Kangen” dirilis pada saat Ari Lasso masih menjadi vokalis group band Dewa 19. Berkisah tentang sepasang kekasih yang menjalin hubungan jarak jauh (LDR) dan saling merindu.

Karena pada zaman dahulu kala teknologi belum secanggih sekarang yang kalau kangen bisa langsung video call, pada zaman itu rindu diobati dengan saling bertukar surat.

Begitulah kira-kira kisah yang digambarkan melalui lirik lagu “Kangen” ini. Liriknya nan romantic membuat kita akan selalu baper bila kembali mendengarkan lagu ini kala dilanda rindu berat.

2. Cinta Jangan Kau Pergi – Vidi Aldiano

Bila mendengarkan lagu ini kamu akan dimanjakan oleh suara lembut dari Vidi Aldiano. Dengan nadanya yang lambat, Vidi berhasil menyajikan nuansa sendu pada lagu ini.

Sesuai dengan kisahnya yang bercerita tentang seseorang yang akan ditinggal kekasihnya pergi dan harus siap menjalin hubungan jarak jauh. Coba diingat-ingat kelas berapa sih kamu ketika lagu ini sedang tenar-tenarnya? SMP kali ya atau SMA?

3. Untitled – Maliq & d’Essentials

Nah, saya suka sekali lagu ini ketika masih kelas 2 SMP nih. Karena pada masa itu saya sedang menyukai kakak kelas yang diapun tak tahu nama saya. Sedih ya, hahahha. But, it’s fun to memorized it! Mengenang masa-masa cinta monyet saat pertama kali kamu suka dengan lawan jenis.

Lucu rasanya jika dikenang sekarang, ketika rasanya duniamu runtuh saat medengarkan lagu ini yang mewaliki seluruh perasaanmu yang tak pernah terbalas. Seolah-olah kamu tak mungkin akan jatuh cinta lagi, padahal mengerti apa itu cinta saja belum. LOL 

4. I Wiil Fly – Ten 2 Five

“I Will Fly” ini lagu favorit yang banyak dibawakan saat acara pensi sekolah. Lagu milik Ten 2 Five selalu menjadi gandrungan anak-anak muda saat itu, terutama bagi anak-anak SMA.

“I Will Fly” bercerita tentang percintaan sepasang kekasih yang masih hangat-hangatnya dan masih bahagia-bahagianya. Siapa yang tidak hapal dengan lagu ini, ayoo generasi 2000-an jangan ngaku-ngaku ngga hapal padahal dulu paling teriak kenceng saat nonton konsernya Ten 2 Five yaa kan!!

5. Kisah Kasih Di Sekolah – Chrisye

Uuwwww,,, lagu-lagu Alm. Chrisye semua jagoan deh. Semua single di album beliau patut diacungi jempol. Karena setiap single nya selalu berhasil membawa kita bernostalgia yang sangat dalam dengan kenangan-kenangan manis di masa lalu.

Sebagai contoh lagu “Kisah Kasih Di Sekolah” ini sudah berulang kali dicover oleh beberapa penyanyi papan atas Indonesia. Disaat mendengarkan lagu ini kalian akan senyum-senyum sendiri karena kisah yang sangat manis terucap lewat lirik lagunya. Ahh,, masa-masa SMA adalah masa yang tak terlupakan kata orang-orang. And I guess that was true! 

6. Terpesona – Glenn Fredly feat. Audy

Cieee,,, yang dulu pertama kali Ospek langsung jatuh cinta pada pandangan pertama dengan kakak kelasnya. “Wah, si kakak itu kece juga ya”.. heemh! Pasti banyak kan dari kalian yang pernah menjalani masa-masa membatin seperti tadi.

Tidak jarang momen Ospek diindentikkan dengan mencari pasangan baru. Uhh,,, pasti saat itu lagu “Terpesona” ini langsung menjadi soundtrack hidup kalian, apalagi bagi yang cintanya bersambut, Ospek kelar dapat pacar! Mantap! *LOL

7. Mimpi – Anggun

Tidak melulu bicara soal cinta, kali ini kita akan dibawa bernostalgia ke masa-masa dimana kamu sedang berkutat merangkai mimpi yang disebut orang-orang itu cita-cita. Kamu sedang berpikir setelah lulus SMA nanti akan kuliah dimana ya? Atau setelah lulus kuliah nanti akan menjadi apa ya?

Selalu seru dan haru jika mengenang masa-masa kita merajut sebuah mimpi dan ingin menggapainya. Kalau kamu bukan generasi 2000-an, maka coba dengarkan lagu ini disaat kamu sedang membuat rencana untuk masa depan, dijamin akan lebih semangat dalam merancang masa depannya.

8. Menghitung Hari 2 – Anda

Bernostalgia tidak selalu mengenai kenangan manis, bisa juga kenangan disaat hubungan yang kamu jalin tidak berhasil dan harus menuju kata putus.

Seperti yang digambarkan dalam lagu “Menghitung Hari 2” pada lirik “Padamkan saja kobar asmaramu, bila putih itu takkan ada,,” Yahh sedih, tapi yang namanya bernostalgia semua kejadian sudah lampau sob, jadi cukup dikenang saja tidak untuk dibawa berlarut-larut.

9. Melepasmu – Drive

Dimana ada pertemuan pasti ada perpisahan. Ketika hubungan kamu ternyata harus berakhir karena jalan yang kalian tempuh tidaklah sama, maka lepaskanlah. Kalian harus berpisah karena harus mengejar mimpi dan cita masing-masing, selagi masih muda maka kejarlah.

Jika nanti jodoh, pasti akan dipertemukan lagi. Eaaaa,,, begitulah kenangan yang melayang-layang di otak kamu saat 10 tahun lalu mendengarkan lagu ini. It’s okay..!!

10. Kita – Sheila On 7

The last but not the end, karena masih banyak lagu-lagu pop lawas Indonesia lainnya yang pernah menjadi soundtrack hidup kamu pastinya. Nah, lagu “Kita” adalah sebuah lagu yang hingga kini masih sering dinyanyikan oleh sejuta umat di muka bumi pertiwi.

Lagu ini akan membawa kamu kembali ke masa-masa perpisahan sekolah atau kelulusan kuliah. Kamu akan mengenang ketika menangis tersedu pada saat malam perpisahan, karena akan melanjutkan studi di tempat dan Perguruan Tinggi yang berbeda dengan teman-teman kamu setelah lulus sekolah.

Atau disaat pesta kelulusan kuliah, malam itu kalian saling berpelukan sambil menyanyikan lagu ini, satu yang ada di pikiran kalian saat itu adalah “Entah kapan kita akan bertemu lagi, setelah ini kita akan fokus dengan jalan hidup masing-masing, entah itu ada yang akan fokus mencari kerja, fokus memulai hidup baru alias menikah, atau fokus melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Semua akan sibuk dengan masing-masing tujuannya, jikapun nanti kita bertemu mungkin itulah yang disebut dengan reuni”Hwuaaaaa, sedih yaaa.. jadi kangen sahabat-sahabat kamu ga sob? Kalau aku iya, kangen banget nget nget!!! Yuk kita nyani bareng..

Sekilas kau tampak layu,
Jika kau rindukan gelak tawa yang warnai lembar jalan kita.
Reguk dan reguklah mimpiku dan mimpimu
Terbelenggu satu oleh ucapan manismu..

So, bagaimana para generasi 2000-an, lengkap sudah nostalgia kamu dengan 10 lagu di atas? Atau setelah ini kamu langsung calling teman-teman lamamu untuk reunian? Memang nostalgia itu obat paling mujarab ya untuk menciptakan rindu.

Jika masih kurang, next time kita bernostalgia lagi dengan lagu-lagu Indonesia lawas lainnya. Semoga dengan bernostalgia kali ini, hari-hari kamu akan menyenangkan and always be happy! Thank you! 

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.