9 Lagu RnB Terbaik serta Sejarah Perkembangan Musik RnB Hingga Kini

Sebelum kita membahas tentang lagu-lagu RnB terbaik yang pernah ada kita perlu tahu dulu apa itu musik RnB. RnB yang merupakan singkatan dari Rhythm and Blues adalah salah satu genre musik yang lahir di tahun 40-an. Pelopornya tak lain orang-orang Afrika-Amerika. Musik RnB memang identik dengan orang-orang Afrika -merika selain Rap dan Hip Hop karena RnB juga lahir berkat pengaruh genre-genre tersebut.

Latar belakang lahirnya musik RnB juga hampir sama dengan musik Hip Hop dan Rap. Orang-orang Afrika-Amerika yang menjadi minoritas dan sering mendapat perlakuan diskriminatif mengekspresikan diri mereka lewat musik termasuk RnB.

Musik RnB sering menggunakan alat musik berupa piano, gitar, bass, drum, saxofon dan bahkan ada backing vokal yang mengiringi untuk penampilan para penyanyi atau artis RnB. Tak hanya Rap dan Hip Hop seiring berjalannya waktu para penyanyi RnB juga memasukkan unsur-unsur musik lain, seperti rockn roll, pop, soul, funk, dan musik elektronik.

Lagu RnB Terbaik

Kini musik RnB tak hanya milik orang-orang Afrika-Amerika namun penikmat musik RnB di seluruh dunia. Lagu-lagu RnB kini liriknya tak hanya soal kebebasan berekspresi, tapi juga soal cinta dan yang lainnya. Berikut ini beberapa lagu RnB terbaik sepanjang masa yang pernah ada versi pasberita.com:

1. Don’t Cry Baby

“Don’t Cry Baby” pernah dibawakan oleh kelompok orkestra milik Erskine Hawkins dengan Jimmy Mitchell mengisi bagian vokal pada tahun 1943. Lagu ini kemudian diremake untuk dibawakan oleh penyanyi wanita Etta James yang berhasil menduduki posisi ke-6 pada tangga lagu RnB dan posisi 31 pada Chart Billboard Hot 100 di tahun 1961.

2. The Honeydripper

Dibawakan oleh Joe Liggins and His Honeydripper lagu yang juga mengusung nama dari band pengiring Joe Liggins ini merupakan salah satu lagu RnB tersukses. “The Honeydrippers” berhasil menduduki peringkat pertama chart Rnb yang kini menjadi Race Chart selama 18 minggu berturut-turut. Bahkan setelah 60 tahun lagu ini tercatat sebagai lagu RnB terlama yang menempati posisi pertama di chart RnB hingga lagunya pun telah terjual lebih dari 2 juta copy.

3. Chicken Shack Boogie

Tahun 1948 lagu Chicken Shack Boogie berhasil menempati urutan pertama pada chart RnB selama 7 minggu. Lagu ini dibawakan oleh penyanyi Amos Milburn dan terdapat pada albumnya yang berjudul “Let’s Have A Party”. Di album tersebut juga terdapat lagu “It Took a Long, Long Time” yang juga masuk ke dalam chart yang sama di posisi 9.

4. The Hucklebuck

https://www.youtube.com/watch?v=_79T8jdGLy8

“The Hucklebuck” pertama kali dipopulerkan oleh Paul William dan bandnya His Hucklebuckers di tahun 1949. Paul William merupakan seorang saxofonis sekaligus seorang pencipta lagu asal Amerika. Paul dan bandnya juga sering mengiringi penyanyi RnB Amos Milburn.

“The Hucklebuck” atau sering juga ditulis “The Huckle-Buck” awalnya hanya sebuah lagu tanpa lirik yang kemudian ditambahkan liriknya oleh Roy Alfred. Lagu ini sukses masuk chart RnB Billboard dan telah banyak dicover oleh banyak penyanyi RnB.

5. Double Crossing Blues

Lagu ini merupakan sebuah lagu yang diciptakan oleh Johnny Otis di tahun 1950. “Double Crossing Blues” dibawakan oleh Johnny Otis Quintette, The Robins dan Little Esther. Lagu ini rilis di bawah label Savory Record.

Single ini berhasil menduduki peringkat pertama pada Chart RnB Billboard selama kurang lebih 10 minggu. Lagu ini juga menjadi debut single Little Esther (Esther Phillip) dan menjadikannya penyanyi RnB wanita termuda yang masuk dalam daftar chart Billboard saat itu.

6. We Belong Together

Lagu dari penyanyi Mariah Carey ini dirilis pada tahun 2005 dan terdapat pada album “The Emancipation of Mimi” dibawah label Island Record. Carey turut ambil bagian dalam penulisan liriknya yang menceritakan tentang kegelisahan seorang wanita yang menginginkan kekasihnya kembali.

“We Belong Together” sempat menempati posisi pertama selama 14 minggu berturut-turut pada chart Billboard. Lagu ini juga masuk sebagai nominasi penghargaan dan juga memenangkan beberapa penghargaan diantaranya, Grammy Award untuk kategori lagu RnB terbaik di tahun 2006 yang juga menghantarkan Carey sebagai penyanyi RnB wanita terbaik.

7. Pretty Wings

Penyanyi sekaligus penulis lagu Maxwell mengeluarkan album keempatnya di tahun 2009 yang bertajuk “BLACKsummers’night”. “Pretty Wings” menjadi single hits pada album tersebut dan langsung menduduki posisi 40 besar di chart Billboard saat pertama dirilis. Setelah itu lagu ini menempati posisi pertama chart Billboard Hot 100 selama 14 minggu berturut-turut. “Pretty Wings” bersama Maxwell memboyong tiga penghargaan sekaligus di tahun 2010.

8. Un-thinkable (I’m Ready)

Salah satu penyanyi RnB wanita terbaik Alicia Keys yang kini lebih senang menunjukkan siapa dirinya apa adanya dengan lebih sering tampil no make up.

Lebih dari itu suaranya yang khas selalu berhasil menyihir para penggemarnya. Termasuk dalam single “Un-thinkable (I’m Ready)” di tahun 2010 dan menempati posisi pertama cukup lama di chart Billboard Adult R&B Songs. Alicia Keys juga ikut berkontribusi dalam menulis lirik lagu yang ada dalam album “The Element of Freedom” tersebut.

9. Can’t Be Friends

nme.com

“Can’t Be Friends” merupakan single hits dari penyanyi RnB asal Amerika, Trey Songz. Dirilis di tahun 2010 di bawah label Songbook, Atlantic pada album “Passion, Paint & Pleasure”. Pertama kali dirilis “Can’t Be Friends” sempat menempati posisi 74 hingga kemudian naik ke peringkat 43 di Chart Billboard Hot 100 dan menempati posisi pertama selama 13 minggu berturut-turut pada chart Billboard Hot R&B / Hip Hop Songs.

10. Blurred Lines

billboard.com

Kalau mendengar nama Robin Thicke mungkin yang akan terlintas adalah aksi duetnya bersama Miley Cyrus yang kontroversial di MTV VMA Awards pada tahun 2013. Selain karena aksinya tersebut nyatanya Robin Thicke juga mempunyai prestasi dalam bidang musik tentunya.

Pada lagu “Blurred Line”, Thicke berkolaborasi dengan T.I. dan Pharrell Wlliams. Sepertinya berkolaborasi dengan penyanyi papan atas lain yang mempunyai banyak prestasi merupakan pilihan yang tepat. Nyatanya lagu ini berhasil menempati posisi pertama pada chart Billboard dan bahkan menggeser rekor Mariah Carey dan Rihanna meskipun videonya layak untuk disensor.

11. Diamonds

Lagu Rihanna yang sering dibikin parodi oleh para warganet Indonesia adalah “Diamonds”. Lirik shine bright like a diamonds sering diplesetkan menjadi Sunlight Mama Lemon. “Diamonds” merupakan single hits pada album ketujuh milik Rihanna yang bertajuk “Unapologetic”.

“Diamonds” dirilis pada tahun 2012 di bawah label Def Jam. SRP. Salah satu kontributor yang ikut menulis lirik untuk lagu ini adalah penyanyi nyentrik asal Australia, Sia. Selain dibuat parodi lagu ini juga banyak dicover dan diremix oleh para penyanyi terkenal lainnya.

Meskipun musik RnB telah mengalami perkembangan seiring berjalannya waktu, tapi genre musik ini masih tetap banyak penggemarnya dan bahkan terus bertambah. Beberapa lagu di atas merupakan lagu RnB yang memasukkan unsur-unsur dari genre musik lain, karena itu penikmat RnB sekarang lebih meluas lagi. Meskipun begitu beberapa lagu RnB klasik tetap dicintai dan dikenang hingga sekarang.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.