23 Lagu Sheila On 7 Terbaik Mulai Dari Kisah Klasik Hingga Musim Yang Baik

Sheilan On 7 yang terdiri dari Akhdiyat ‘Duta’ Modjo (vokalis), ‘Eross’ Candra (gitaris), ‘Adam’ Muhammad Subarkah (basis), dan ‘Brian’ Kresna Putro (drummer) ini berdiri pada tahun 1996 di Yogyakarta. Terhitung telah 22 tahun berkarya Sheila On 7 tetap kompak dan menjadi panutan band-band papan atas Indonesia lainnya.

Berawal di bawah naungan Sony Music Entertainment Indonesia, Sheila On 7 memulai karirnya pada tahun 1999 dengan merilis album bertajuk “1999”. Seiring perkembangannya, kini band tersebut mulai memisahkan diri dari label yang telah menaungi mereka kurang lebih 18 tahun tersebut dan memutuskan manjadi band indie. Singel “Lapang Dada” adalah wujud bentuk terimakasih Eross dkk. sebagai persembahan lagu tearkhir bagi label yang telah membesarkan nama mereka tersebut.

Walaupun kini sudah menjadi band indie dan menetap (home based production) di Yogyakarta, tidak menurunkan tingkat kepopularitasan Sheila On 7. Malahan banyak fans yang mendukung keputusan mereka tersebut, menurut mereka dengan menjadi band indie membuat mereka lebih bebas berkarya tanpa harus beradu pendapat dengan pihak labelling terkait produksi singel selanjutnya

Lagu Sheila On 7

Bagi generasi 1990-an dan 2000-an tentu sudah tidak asing dengan lagu “Kita”, “Sephia”, “Dan”, “Sebuah Kisah Klasik”, “Hujan Turun”, “Saat Aku Lanjut Usia”, dan sederetan lagu Sheila On 7 yang melegenda lainnya. Namun, bagi generasi zaman now nih, mungkin baru kenal Sheila On 7 lewat lagu “Lapang Dada” saja. Nah, supaya lebih akrab dengan ‘SheilaGank’ (nama fans club Sheila On 7), yuk kita kenalan dulu dengan lagu-lagu terbaik dari Sheila On 7 berikut ini:

Album Sheila On 7 (1999)

1. Kita

Lagu “Kita” adalah sebuah lagu yang hingga kini masih sering dinyanyikan oleh sejuta umat di muka bumi pertiwi. Lagu ini akan membawa kamu kembali ke masa-masa perpisahan sekolah atau kelulusan kuliah. Kamu akan mengenang ketika menangis tersedu pada saat malam perpisahan, karena akan melanjutkan studi di tempat dan Perguruan Tinggi yang berbeda dengan teman-teman kamu setelah lulus sekolah. Hiks!

2. Anugerah Terindah Yang Pernah Kumiliki

Sebuah wujud syukur karena telah dicintai dan mencintai orang yang selama ini kamu kagumi. Keberadaan orang tersebut menjadi penyejuk hati dan penyemangat hari-harimu. Bagi kamu yang cinta mati banget sama pasangannya nih, coba nyanyikan lagu ini ke si dia biar tambah romantis.

3. Dan

Penyesalan memang selalu datang belakangan, kamu menyesal karena telah menyakiti perasaan orang yang kamu sayangi hingga membuatnya menangis. Namun nasi sudah menjadi bubur, berharap maaf dari si dia saja kamu tak berhak.

4. JAP

Ayo siapa yang jingkrak-jingkrak macam ‘kutu loncat’ kalau lagi nonton konser Sheila saat lagu ini sedang dibawakan? Wah, jangankan kalian Om Duta juga pasti jingkrak-jingkrak heboh kok setiap membawakan lagu ini, terutama di bagian reff. “jadikanlah aku pacarmu, kan ku bingkai selalu indahmu, iringilah kisahku” Yuk ah loncat!

5. Perhatikan Rani

Dalam lagu ini disebut nama Rani sebagai tokoh utama cerita. Lagu ini adalah lagu dari seorang adik untuk kakak perempuannya yang beranjak dewasa dan baru saja menyelesaikan pendidikannya. Rani akan pergi menggapai mimpi dan meninggalkan orang tua dan adik-adiknya. Lagu ini adalah pengirirng doa untuk Rani, “Jangan takut, jangan layu pada semua cobaan yang menerkammu. Kami selalu bersamamu”.

Album Kisah Klasik Untuk Masa Depan (2000)

6. Sephia

Hits banget nih lagu ini pada masanya, anak muda mana yang nggak kenal lagu ini. Bahkan anak SD saja sudah hapal dengan lirik “Sephia”. Mungkin yang waktu itu masih SD sekarang sudah lulus kuliah dan bergabung dengan grup SheilaGank ya?? Nostalgia beud

7. Sahabat Sejati

Tidak melulu tentang cinta, lagu-lagu Sheila On 7 tentang persahatan juga banyak kok. Salah satunya “Sahabat Sejati” ini, kalau lagi karaoke dan menyanyikan lagu ini bareng-bareng dengan sahabat, dijamin persahabatan kalian makin erat. Istilah Londone Konco Kenthel!!

8. Sebuah Kisah Klasik

Perpisahan memang selalu menyakitkan ya, tapi tak apa jika demi masa depan yang lebih baik. Setiap kita akan tumbuh dan bergerak dengan mimpi masing-masing. Jadi sebelum jarak dan waktu benar-benar menjadi penghalang untuk kita bertemu kembali, maka “bersenang-senanglah karena hari ini yang kan kita rindukan di hari kita tua nanti”. Sampai jumpa kawan!

9. Bila Kau Tak Disampingku

Posesif-posesif dikit boleh lah ya, tapi kalau terlalu posesif ya jangan juga atuh, kasihan pasangan kamu nanti. Dalam sebuah hubungan harus saling meredakan ego, ribut-ribut dikit itu biasa tapi kalau ribut-ribut besar maka harus ada yang mengalah.

10. Lihat, Dengar, Rasakan

Lagu ini ditujukan bagi orang-orang yang sedang dilanda sulitnya kehidupan. Teriring harapan dan doa, lirik lagunya sangat menyentuh siapapun yang mendengarnya.

Album 07 Des (2002)

11. Hingga Ujung Waktu

Lagu paling romantisnya Sheila On 7 nih. “Akhirnya ku menemukanmu, saat ku bergelut dengan waktu. Beruntung aku menemukanmu, jangan pernah berhenti mencintaiku , hingga ujung waktu”. Bagi kamu yang telah menjalani penantian berharga selama ini, lagu ini ibarat pelepas di terik panasnya gurun pasir.

12. Seberapa Pantas

Lagu ini berpesan agar jangan menyia-nyiakan orang yang menyayangimu dengan setulus hati. Dia yang sudah menyediakan seluruh waktunya untukmu, namun yang kamu lakukan adalah meragukan ketulusan darinya. Ketika ia sudah menghilang tanpa jejak kamu akan sadar ternyata dialah orang terbaik yang pernah hadir dalam hidup.

13. Saat Aku Lanjut Usia

Setelah menikah nanti berjanjilah kamu akan setia sehidup semati dengan pasanganmu. Tak akan pernah pergi, kecuali maut memisahkan. Diiringi nada yang ceria lagu ini sangat asyik untuk dinyanyikan bareng-bareng sahabat.

Album Pejantan Tangguh (2004)

14. Pemuja Rahasia

Satu-satunya lagu Sheila On 7 yang ada versi nge-rapnya nih Sheila Gank. Kamu belum bisa disebut anak SheilaGank kalau belum hapal lagu ini.

15. Itu Aku

Lagu yang paling sering dinyanyikan saat menunggu guru di kelas pada waktu itu. Memendam perasaan suka memang nggak enak, kamu tahu segala hal yang berkaitan dengan si dia namun dia tahu namamu saja tidak. Kok sedih amat ya?

Album Menentukan Arah (2008)

16. Yang Terlewatkan

Singel di album “Menentukan Arah” ini didominasi oleh lagu-lagu penyesalan karena cinta yang terlambat diungkapkan. “Yang Terlewatkan” merupakan kisah seorang laki-laki yang terlambat menjemput cinta sejatinya, dan kini si cinta telah bersama dengan yang lain. Kata orang tua jaman dulu mah, “keburu diambil orang”.

17. Mudah Saja

Mudah saja bagimu, mudah saja untukmu, andai saja lukamu seperti lukaku”. Bagi kamu yang jahat, semoga Tuhan membalas semua kebaikanmu.

18. Betapa

Belum bisa move on dari mantan? Lagu ini cocok jadi soundtrack hidup kalian. Seminggu, sebulan, setahun, hingga dia sudah dengan yang lain masih saja belum bisa melupakan. Kalau begitu banyak-banyakin hangout bareng teman-teman, mungkin kamu kurang piknik.

Album Belayar (2011)

19. Pasti Ku Bisa

Lagu ini berpesan kepada kita untuk tidak patah semangat walaupun berkali-kali gagal. Orang-orang bijak bilang ‘kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda’. Jadi tetap semangat, pasti kamu bisa!

20. Hujan Turun

Bisa mencintai seseorang adalah perasaan yang paling indah di dunia ini, namun apabila kita hanya mencinta tanpa dicinta rasanya tak adil bagi setiap orang. Adakalanya ketika orang yang kamu cinta tak lagi dapat membalas cintamu, maka biarkanlah ia pergi, tetap teruskan hidupmu buka lembaran baru.

21. Hari Bersamanya

Lagu ini berisi tentang sebuah permohonan kepada Tuhan agar hari yang dilalui bersama orang yang dicintai selalu bahagia dan menyenangkan. Yuk nyanyi bareng “Mohon Tuhan untuk kali ini saja lancarkanlah hariku, hariku bersamanya”.

Album Musim Yang Baik (2014)

22. Lapang Dada

Ada warna baru pada nada musik di lagu ini, agak berbeda dari lagu-lagu Sheila On 7 sebelumnya yang identik dengan pop akustik. But, Sheila selalu berhasil menciptakan lagu yang khas, easy listening, dan tak bosan jika didengar terus-menerus. Maklumlah ya uwe anak SheilaGank, jadi bawaannya pengen muji terus.

Single Terbaru

23. Film Favorit (2018)

Singel teranyar nih dari Om Duta and the gank. Kabarnya lagu ini dijadikan sebagai soundtrack dilm “Dilan” yang terkenal dengan kata-kata gombalnya, “Milea, jangan rindu! Rindu itu berat, biar aku saja”. Makjaaaangg… jago kali ya si Dilan ini. Mantap!

“Film Terakhir” menutup lagu-lagu terbaik dari Sheila On 7 pada sesi kali ini. Pasti kalian masih belum terima “kok cuma 23 lagu itu aja yang dibahas, padahal kan masih banyak lagu Sheila keren-keren lainnya“. Yup, inyong setuju! Tapi jika dibahas lebih banyak lagi nanti nggak cukup waktunya. Next time kita adakan sesi dua yes, khusus nostalgia bersama grup band yang terkenal ‘medok’ ini. Turu cah sek yo cah!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.