20 Deretan Lagu Sholawat Populer dengan Nuansa Musik yang Berbeda

Setiap tahunnya setelah melalui bulan Ramadhan dan dirayakan dengan hari raya Idul Fitri kita akan bertemu lagi dengan hari raya besarnya umat muslim selanjutnya yakni Idul Adha. Biasanya di hari-hari raya besar umat muslim tersebut akan banyak lagu-lagu sholawat bermunculan dengan versi-versi terbaru.

Meski bukan di bulan Ramadhan lagu sholawat dan religi merupakan pilihan terbaik untuk menyambut hari-hari besar umat muslim. Karena di hari raya segala rangkaian agendanya akan terfokus dengan rasa syukur dan saling maaf memaafkan.

Selama menjalankan puasa baik itu wajib maupun sunnah, kita sebagai umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak melantunkan sholawat. Sholawat yang selama ini telah banyak kamu ketahui kini telah diarensemen dengan berbagai gaya musik modern dan populer.

Deretan Lagu Sholawat Populer

Nah, agar meningkatkan semangatmu untuk membaca sholawat, berikut daftar lagu sholawat dan religi yang dilantunkan dengan penuh hikmat dan juga syahdu yang bisa kamu nikmati di momen-momen terbaik:

1. Busyrolana – Alfina Nindiyani

Pastinya kamu kenal pelantun suara merdu yang satu ini. Udah punya suara merdu, masih muda dan juga cantik. Pastinya pas dengerin lantunan suaranya bikin hati kamu jadi damai dan sejuk.

2. Alfu Salam – Haddad Alwi feat. Sulis

Tak dipungkiri lagi bahwa lagu-lagu sholawat banyak disenandungkan dengan bahasa Arab. Kita bisa melihat salah satunya dari pelantun lagu islami ini yaitu Haddad Alwi yang namanya melejit setelah menyanyikan lagu religi yang berjudul “Muhammad ku”.

Dengan partner ciliknya yaitu Sulis, Haddad Alwi merilis banyak lagu bertemakan religi yang menduduki tangga teratas. Dengan kefasehan dan kepandaian mereka dalam melantukan lagu-lagu berbahasa arab membuat kita yang mendengar juga bisa mengikutinya dan memahami lirik-lirik lagunya dengan baik.

3. Isyfa’ lana – Mostafa Atef

Seorang penyanyi religi berasal dari Mesir ini sealain memiliki penampilan yang menarik ia juga mahir dalam melantunkan sholawat dengan suara yang merdu. Membuat siapa saja yang mendengarnya akan merasa terhanyut dalam lantunan sholawat.

4. Assalamu’alaika – Maher Zain

Siapa yang tidak kenal dengan pelantun lagu religi barat yang satu ini. Namanya melejit saat albumnya yang bertajuk “Thank You Allah” tersiar di tanah air. Maher Zain memiliki suara khas dan keunikannya sendiri.

Meski begitu ia sudah banyak berkecimpung dalam banyak musik religi dan “Assalamu’alaika” merupakan salah satu dari album terbarunya yang laris di pasaran. Pandai bernyayi dalam berbagai bahasa, suara yang merdu, dan juga tampang yang menarik sudah menajadi paket komplit ya.

5. Sholawat Nariyah – Fitriana

Sholawat mungkin tak asing lagi ya bagi kita umat muslim. Selain menjadi tuntutan bagi kita yang memilih agama Islam, sholawat juga bermanfaat bagi kita kelaknya sebagai syafa’at. Apalagi sekarang ini zaman semakin kreatif dan berkembang. Para anak muda sampai yang tua-tua mencoba segala sesuatu untuk bisa berkarya dan diterima oleh orang-orang di sekitar mereka.

Begitu juga Fitriana anak muda yang satu ini mencoba tetap gaul namun tetap dalam nuansa islami. Meski yang dilakukannya sederhana, tanpa tersadar banyak anak-anak muda lain yang akan ikut berkontribusi sepertinya, tentu saja masih dalam ranah Islam. Jadi apapun kesukaanmu tirulah yang baik-baik saja ya.

6. Rottilu – Nadia Nur Fatimah

Dengerin musik sholawatan dan suara merdu khas Nadia membuatmu akan merasakan nuansa religi yang berbeda.

7. Ahmad Ya Habibi – Rijal Vertizone feat Wafiq Azizah & Yunib Annada

Satu lagi anak muda yang nggak mau kalah dalam hal kebaikan yaitu Rijal Vertizone. Rijal Vertizone merupakan penyanyi yang berasal dari Yogyakarta. Ia sering melantunkan lagu-lagu bertemakan sholawat, asmaul husna, dan hal-hal religi lainya dengan penuh penghayatan. Kamu bisa menikmati karya-karnyanya melalui official chanel youtubenya.

8. Isyfa’lana – Dina Hijriana

Dina Hijriana ini merupakan penyanyi religi terbaru. Ia telah berhasil meluncurkan single perdananya pada tahun 2018 lalu. Kamu bisa menikmati musik-musiknya yang begitu khas.

9. Deen Assalam – Sabyan Gambus

Grup musik religi yang dinamai dengan Sabyan Gambus ini kini sedang viral dan terkenal. Dibuktikan dengan siaran berulang-ulang dan musik-musik mereka yang diputar hampir di seluruh tanah air. Pastinya kamu ikut merasakan bukan dampaknya.

Dari alat musik yang unik, musik yang khas dan pelantun dengan suara merdu membuat siapa saja pendengarnya terpikat. Dari kalangan anak-anak, remaja, dewasa sampai yang tua-tua menjadi pendengar setia grup musik satu ini.

Sabyan Gambus mengusung alunan musik lembut dan moderen dan juga mengusung tema musik religi yang dikemas secara kekinian sehingga siapa saja bisa mengikuti nyanyian mereka.

10. ‘Qomarun’ Mostafa Atef – Sabyan Gambus

Masih dalam grup musik Sabyan Gambus, selain memiliki lagu-lagu yang enak didengar, dibalik itu juga terkenal sosok vokalis yang berupa cantik. Kalian bisa menyaksikan tampilan mereka di official chanel youtube milik mereka.

Lagu sholawat “Qomarun” ini menyampaikan rasa kagum kepada Rasulullah SAW serta pujian atas indahnya ciptaan Allah. Diibaratkan bak bulan yang begitu terang dalam kegelapan yang diartikan dengan izin Allah, beliau bisa menyentuh hati siapa saja yang dikehendaki oleh Allah.

11. Ya Habibal Qolbi – Sabyan Gambus

Apakah kamu salah satu orang yang sering mendengarkan bahkan ikut menyanyikan lagu “Ya Habibal Qolbi” oleh Nisa Sabyan ini? Jika sering, sudahkah kamu hafal dengan lirik dan paham dengan makna lagunya?

Lirik lagu ini bercerita tentang manusia yang bersholawat kepada Baginda Rasul dan menjadikan beliau sebagai kekasih hati.

Seperti halnya kamu yang menyayangi kekasihmu namun ini lebih dari sekedar itu. Diceritakan juga bahwa Rasulullah merupakan Nabi terbaik pembawa hidayah yang datang kepada umat muslim sebagai pembawa kebenaran.

12. Ya Maulana – Sabyan Gambus

Dibawakan dengan indah dan merdu lagu ini merupakan tembang merdu yang diartikan memohon pengampunan dari Sang Maha Pencipta atau yang sering dikenal dengan beristighfar. Selain enak didengar lagu ini juga dijadikan sebagai pengingat agar kita selalu memohon ampun pada Sang Pencipta atas kesalahan serta dosa yang telah dilakukan.

13. Ya Asyiqol – Sabyan Gambus

Lirik lagu ini jika kita simak dengan seksama ternyata memiliki makna yang mendalam. Dilantunkan dengan suara merdu dari Nissa Sabyan lagu ini mengusung tentang kerinduan mendalam terhadap Nabi Muhammad SAW.

Bukan hanya kerinduan semata melainkan seruan untuk mereka yang merindukan kehadiran sosok Nabi yang hanya bisa dirasakan untuk saat ini. Tersirat juga gambaran perjalanan Rasullah dalam menunaikan perintah Allah.

14. Rohman Ya Rohman – Sabyan Gambus

Lagu ini sudah rilis sejak lama, namun booming setelah dibawakan oleh grup musik Sabyan Gambus di tanah air pada tahun 2018 di bawah label SBY Record. Lagu ini bisa kamu nikamti di hari raya dan menambah ketentraman hatimu dalam menyambut hari yang penuh berkah.

15. Ya Jamalu – Sabyan Gambus

Masih dalam lingkup Sabyan Gambus dengan vokalisnya Nisa Sabyan. Lagu-lagu yang mereka bawakan hampir semuanya menduduki tangga lagu dan juga disukai semua kalangan. Tak heran jika semua orang mulai banyak mencari dan mendownload semua lagu-lagu yang mereka bawakan.

16. Allahumma Labbaik – Sabyan Gambus

Saat mendengarkan lagu ini kamu akan terbawa pada suasana bagaimana perjuangan umat muslim berjuang dalam menunaikan ibadah mereka di tanah haram.

17. EL OUM – Sabyan Gambus

Lagu ini akan mengajak kamu untuk senantiasa berdoa kepada Sang Maha Kuasa agar diberikan surga sebagai tempat singgahan terakhir di akhirat nanti.

18. Syukron Lillah – Sabyan Gambus

Di hari raya kamu akan lebih cenderung dengan prasaan yang bahagia, jadi sudah seharunya kita lebih banyak bersyukur dari hari-hari biasanya bukan.

19. Ahmad Ya Habibi – Sabyan Gambus

20. Laa Ilaaha Illallah – Nisa Sabyan feat SBY

Semoga deretan lagu-lagu di atas bermanfaat bagi semuanya. Jangan pernah bosan untuk bersholawat karena selain menjadi tuntunan, sholawat juga akan membantu kita nantinya mendapatkan syafa’at dari baginda kita Rasulullah SAW di yaumul akhir.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*