15 Lagu SKA Terbaik yang Pernah Ada Sepanjang Sejarah Perubahannya

SKA merupakan aliran musik yang berkembang pertama kali di Jamaika. Bisa dibilang Ska merupakan saudara dari musik reggae, meskipun begitu Ska bukanlah reggae.

Lagu ska terbaik bahkan lebih dulu lahir daripada reggae dan merupakan cikal bakal dari lahirnya musik reggae. Berkembang pada tahun 50-an di Jamaika lagu Ska saat ini sudah mendunia.

Musik Ska menggabungkan unsur-unsur mento dan kalipso ala Karibia dengan jazz, rhythm, serta blues dari Amerika. Lagu ini terdengar lebih upbeat dari pada musik reggae dan cocok untuk dance yang energik sekaligus santai pada saat bersamaan.

Ska memang umum digunakan sebagai lagu untuk tarian di Jamaika. Ska pada umumnya memasukkan unsur bass, drum, gitar, keyboard, dan alat musik tiup seperti saxofon atau terompet.

Tarian yang biasa di lakukan untuk musik jenis ini biasa disebut skanking. Gerakan dalam skanking sangat mudah diikuti.

Kalian hanya perlu memposisikan tubuh seperti sedang berlari dengan tangan digerakkan seperti saat melakukan senam peregangan.

Lagu Ska Terbaik

Dalam musik ska sendiri terdapat beberapa perkembangan seiring berjalannya waktu. Kalian bisa menemukan musik ska tradisional, two tone ska, third wave ska dalam perjalanannya.

Berikut ini beberapa lagu ska terbaik yang pernah ada.

1. 007 (Shanty Town)

Desmond Dekker merupakan salah satu pelopor musik ska yang populer di tahun 60-an. “007 (Shanty Town)” merupakan lagu dari mereka yang dikenal sebagai salah satu lagu Ska terbaik sepanjang masa. Terdapat pada album “This Is Desmond Dekker” yang dirilis tahun 1969. Lagunya cukup catchy dan liriknya bercerita seputar Shanty Town. Lagu berbahasa Jamaika ini terdengar sangat original karena dinyanyikan oleh penyanyi asli negara dimana musik ska lahir.

2. Guns of Navarone

Lagu yang populer di tahun 70-an hingga 80-an ini dibawakan oleh band Skatalites yang merupakan backing band terkenal asal Jamaika. Mereka merupakan band yang sering mengiringi artis-artis Jamaika, seperti Bob Marley, Alton Ellis, Ken Boothe, dan masih banyak lagi. Lagunya cukup asyik untuk membuat tubuh kamu bergoyang saat mendengarkannya. Meskipun lagu ini hanya berupa melodi dan tanpa lirik tapi tetap tidak bisa dipungkiri kalau lagu ini merupakan salah satu lagu ska terbaik yang easy listening.

3. River of Babylon

Band asal Kingston, Jamaika The Melodians merilis sebuah single di tahun 1972 berjudul “Rivers of Babylon” yang ada pada album “The Harder They Come”. Lagu berbahasa Jamaika ini memiliki lirik yang cukup religius.

4. Jamaica Ska

“Jamaica Ska” merupakan lagu yang dinyanyikan oleh musisi asli Jamaika berbahasa Inggris. Jika kebanyakan lagu ska yang dinyanyikan oleh penyanyi Jamaika berbahasa Jamaika maka lain halnya dengan lagu ini. Liriknya yang berbahasa Inggris mengajak kita untuk berskanking. Band Byron Lee and the Dragonaries berkolaborasi dengan grup vokal Keith and Ken pada tahun 1964 untuk lagu ini.

5. 54-56 Was My Number

Salah satu grup vokal atau grup musik asal Jamaika Toots & the Maytals memiliki single hits ska yang berjudul “54-56 Was My Number”. Lagu berbahasa campuran antara Jamaika dan Inggris ini memiliki lirik yang cukup mudah diingat apalagi lantunan musiknya yang skanking abis.

6. A Message to You, Rudy

Lagu kali ini datang dari band asal Inggris The Specials yang beranggotakan 7 orang setelah mengalami beberapa pergantian dari awal debutnya. Anggota The Specials, yaitu Jerry Dammers, Terry Hall, Neville Staple, Sir Horace Gentleman, Roddy Radiation, Lynval Golding, dan John Bradbury. “A Message to You, Rudy” merupakan salah satu single hits mereka pada album pertama yang bertajuk “The Specials” di tahun 1979.

7. Skaville UK

“Skaville UK” merupakan lagu hits di tahun 80-an dari band Bad Manners. Single ini terdapat pada album Bad Manners yang berjudul “Return of the Ugly” pada tahun 1989 di bawah label Bleu Beat. Lagu berdurasi 2 menit 33 detik ini mengambil London, UK sebagai latar belakang pengambilan video musik mereka.

8. Mirror In the Bathroom

The Beat merilis sebuah album di tahun 1980 bertajuk “I Just Can’t Stop It”. Pada album itu terdapat 12 track termasuk salah satunya “Mirror In the Bathroom”. Lagu ini juga merupakan lagu hits sekaligus debut single dari band asal UK, The Beat yang dulu lebih dikenal dengan nama debut stage The English Beat.

9. Chuck Berry

Band ska asal New York, Amerika The Toasters merupakan salah satu pionir musik ska gelombang kedua di US. Mereka debut pada tahun 83 dibawah label moon ska. “Chuck Berry” merupakan salah satu single yang terdapat dalam track album keenam mereka, “Hard Band for Dead”.

10. Unity

Operation Ivy merupakan grup band asal Inggris yang memberi warna baru pada industri musik. Mereka mencampur unsur musik ska dengan punk yang terdengar match di telinga. “Unity” merupakan salah satu single mereka yang liriknya menceritakan tentang persatuan yang bisa diwujudkan melalui lagu.

11. Someday I Suppose

“Someday I suppose” merupakan single dari band The Mighty Mighty Bosstones yang dirilis pada tahun 1993. Single ini terdapat pada album mereka yang berjudul “Don’t Know How to Party”. The Mighty Mighty Bosstones merupakan band ska punk asal Amerika yang dibentuk pada tahun 1983.

12. S.Y.L.S.B

SYLSB atau “Save Your Local Ska Band” merupakan single dari band Save Ferris. Terdapat pada album “The Ska Parade: Runnin’ Naked Thru the Cornfield” yang dirilis pada tahun 1997 di bawah label A to Y.

13. Skatanic

Lagu ska yang satu ini mungkin merupakan plesetan dari kata satanic. Lirik lagu dari band Reel Big Fish ini memang mengandung pengertian yang bisa diartikan sebagai sesuatu yang ‘nakal’. “Skatanic” merupakan salah satu best single dalam album “Turn the Radio Off” yang dirilis pada tahun 1996. “Skatanic” dibawakan oleh empat member dari Reel Big Fish, yaitu Aaron Barrett pada gitar dan vokal, Matt Wong pada Bass, Andrew Gonzales pada Drum, serta Tavis Werts pada terompet.

14. Everyday Sunshine

Merupakan sebuah single dari Fishbone pada album mereka yang bertajuk “The Reality of My Surroundings”. Dirilis pada tahun 1991 dibawah label Ocean Way. Band asal Los Angeles ini memadukan unsur musik ska, punk, rock, serta soul. “Everyday Sunshine” merupakan salah satu single mereka berdurasi 4 menit 57 detik yang laris di pasaran.

15. My Very Own Flag

“My Very Own Flag” merupakan single dari band asal Amerika Less Than Jake yang terdapat dalam album “Pezcore”. Dirilis pada tahun 1995 di bawah naungan label Dill Record selain “My Very Own Flag” terdapat belasan lagu lainnya.

Aliran musik ska terdapat berbagai perubahan seiring berjalannya waktu. Lagu-lagu ska di atas contohnya yang memasukkan unsur-unsur genre lain dan menggabungkannya dengan musik ska hingga menjadi lagu yang easy listening. Para musisi ska gelombang pertama memang masih mengusung unsur musik ska original. Namun musisi gelombang kedua dan ketiga mulai memasukkan unsur-unsur musik lain seperti punk, rock, soul, serta pop. Itulah tadi beberapa lagu ska terbaik, semoga kalian bisa berskanking ria dengan lagu-lagu di atas.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.