Lagu Tanah Airku | Sosok Dibalik Terciptanya Lagu dan Makna Liriknya

Lagu Tanah Airku merupakan salah satu lagu wajib nasional yang diciptakan oleh Ibu Sud. liriknya menggambarkan tentang keindahan alam Indonesia. Sejak jaman SD atau Mungkin TK pasti kalian sudah diperkenalkan dengan lagu ini. Tanah Airku juga bisa dibilang sebagai lagu wajib yang kerap dinyanyikan saat ada lomba paduan suara atau lomba bernyanyi solo para pelajar.

Lagu Tanah Airku

Saridjah Niung atau yang lebih kita kenal dengan Ibu Sud memang dikenal sebagai pencipta lagu yang patriotik. Ia menciptakan lagu Tanah Airku juga karena kecintaannya akan Indonesia. Beliau menuangkan perasaan kebanggaanya akankeindahan alam Indonesia di lagu Tanah Airku.

Sosok Pencipta Lagu

Ibu Sud tak hanya mahir menciptakan lagu, tapi juga bermain musik dan menulis naskah pementasan. Alat musik yang paling sering ia mainkan adalah biola. Sebagai seorang violinis ibu Soed ikut mengiringi lagu Indonesia Raya yang diciptakan oleh rekannya, yaitu W.R. Soepratman. Saridjah Niung juga bersahabat dengan Cornel Simanjuntak, Ismail Marzuki, Kusbini, dan tokoh-tokoh nasional lainnya.

Beberapa lagu bertema patriotik yang diciptakan olehnya diilhami dari acara sumpah pemuda. Dimana ia bersama W. R. Soepratman memainkan biola mengiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya untuk pertama kalinya. Selain itu Ibu Soed juga dikenal sebagai orang yang piawai dalam seni membatik. Atas karya dan pengabdiannya ia mendapat penghargaan Satya Lencana Kebudayaan dari pemerintah Indonesia dan MURI.

Jasa Ibu Soed

Selain menciptakan lagu Ibu Soed juga aktif di dalam organisasi pemuda dan guru, serta pengasuh siaran anak-anak di berbagai radio. Aktivitasnya dalam pergerakan nasional kala itu membuatnya menjadi sasaran aksi penggeledahan oleh pasukan Belanda. Berkat tetangganya yang orang Belanda asli ia terbebas dari kepungan pasukan Belanda.

Dikenal sebagai tokoh musik tiga zaman, yaitu Belanda, Jepang, dan saat Indonesia merdeka ibu Soed telah menciptakan lebih dari 200 lagu terutama lagu anak-anak. Dahulu ia prihatin melihat anak-anak Indonesia yang kurang gembira dan Ingin menyenangkan mereka lewat nyanyian. Berawal dari keprihatinan tersebut akhirnya beliau mulai menciptakan lagu-lagu anak yang ceria sekaligus patriotik.

Banyak lagu yang diciptakan Ibu Soed menjadi lagu yang populer serta abadi. Sebut saja Burung Kutilang, Kupu-kupu, Tik Tik Bunyi Hujan, Nenek Moyang, Kereta Apiku, Menanam Jagung, dan lain-lain. Sedangkan Berkibarlah benderaku serta Tanah Airku menjadi lagu wajib nasional yang populer. Pada lagu Berkibarlah Benderaku semangat patriotisme bahkan terlihat jelas.

Makna Lagu Tanah Airku

Menurut Pak Kasur, seorang pencinpa lagu yang juga rekan dari Ibu Soed, menyatakan kalau Ibu Soed adalah tokoh yang patriotis. Setiap peristiwa yang terjadi di masa perjuangan menjadi latar belakang terciptanya beberapa lagu miliknya. Contohnya lagu Berkibarlah Benderaku yang tercipta setelah Ibu Sud melihat kegigihan Jusuf Ronodipuro.

Begitu pula lagu Tanah Airku yang tercipta karena keindahan alam Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Meskipun keindahan negeri orang sudah termashur, tapi tetap keindahan alam Indonesia selalu menarik kembali kita untuk pulang.

Tanah Airku sendiri terdiri dari 3 bait. Bait pertama menuturkan tentang kecintaan seseorang akan indonesia. Kedua, meskipun ia telah menjelajahi banyak Negeri, alam Indonesia tetap di hati. Ketiga, sama dengan isi bait pertama.

Penyanyi Rita Effendy atau Rita Kurniawati pernah menyanyikan lagu wajib nasional ini dengan sangat apik. Rita juga merupakan salah satu penyanyi terbaik di Elfa’s Singer.Berikut ini lirik dari lagu Tanah Airku yang diciptakan oleh Ibu Sud.

Tanah airku tidak kulupakan
Kan terkenang selama hidupku
Biarpun saya pergi jauh
Tidak kan hilang dari kalbu
Tanahkku yang kucintai
Engkau kuhargai

Walaupun banyak negeri ku jalani
Yang masyhur permai di kata orang
Tetapi kampung dan rumahku
Disanalah ku merasa senang
Tanahku tak kulupakan
Engkau kubanggakan

Tanah airku tidak kulupakan
Kan terkenang selama hidupku
Biarpun saya pergi jauh
Tidak kan hilang dari kalbu
Tanahku yang kucintai
Engkau kuhargai.

Leave a Reply