8 Makanan Khas Bandung yang Ngga Pernah Bikin Bosan Menyantapnya

Jika bicara tentang kuliner di indonesia, memang tidak pernah membosankan ya. Seperti dongeng yang beragam tiada henti, Indonesia selalu punya 1001 macam kuliner yang selalu menarik dan mampu memanjakan lidah kita.

Salah satu tempat yang tepat untuk memanjakan lidah kita ada di kota Bandung.

Ya, Bandung pun dikenal sebagai kota akan kekhasan kulinernya, terutama makanannya yang bercita rasa gurih dan tentunya akan memanjakan lidah dan perut kita.

Bahkan, karena kekhasan itu, sudah banyak makanan Bandung yang dijual dan dikenal di mana-mana.

Namun, tetap saja cita rasa khas makanan Bandung tidak pernah membosankan bahkan lidah kita akan selalu rindu dengan rasanya.


Makanan Khas Bandung


Kira-kira apa saja ya macam-macam makanan khas Bandung yang tentunya lezat dan selalu patut dicoba? Berikut daftar lengkapnya.

1. Bakso Cuanki

Image Source: bp.blogspot.com

Jika Malang punya bakso malang, Bandung juga punya bakso. Namanya adalah bakso cuanki. Sekilas bakso cuanki mirip seperti bakso pada umumnya. Namun, sebenarnya bakso ini punya sajian isi yang khas: aci.

Selain itu, bakso ini juga berisi tahu putih, siomay, pangsit, dan bakso tentu saja. Bakso Cuanki juga memiliki kuah yang lebih bening dan lebih gurih.

Tidak hanya itu, bakso ini tidak ditambah dengan mi kuning, tidak seperti bakso pada umumnya.

Sebenarnya ada satu hal lagi yang unik dari dari bakso cuanki: namanya. Memang, nama kuliner ini begitu unik.

Konon katanya kata cuanki merupakan kependekan dari cari uang jalan kaki. Itu karena biasanya bakso cuanki dijual oleh aa’ penjual dengan dipikul sambil berjalan kaki mengelilingi kampung.

Oh, iya. Jika kalian mencari bakso di Bandung, akan sulit menemukannya. Itu karena di sana tidak ada “bakso”, tetapi “baso”. Di Bandung memang penulisan “bakso” agak berbeda. Hehehe.

2. Seblak

Image Source: dapurkobe.co.id

Siapa sih yang tidak tahu seblak? Makanan ini sudah sangat terkenal. Banyak yang menjualnya di mana-mana bahkan di luar Bandung sekalipun.

Seblak adalah makanan khas Bandung yang terbuat dari krupuk mentah yang direbus.

Kemudian, krupuk tersebut diolah dengan dengan bumbu-bumbu seperti, cabai, bawang putih, dan kencur yang akhirnya disajikan dengan citarasa yang khas dan lezat.

Tidak hanya krupuk, kini sajian seblak juga ditambah dengan mi, siomay, sosis, bakso, daging, jamur, telur, makaroni, dan lain lain. jadi, kalian semakin tidak akan bosan dengan varian seblak.

Selain itu, ada dua jenis seblak, yaitu seblak basah dan seblak kering. Seblak basah berkuah, sedangkan seblak kering tidak berkuah.

Mana yang lebih enak, kalian bisa memilih sesuai selera kalian. Semuanya sama-sama lezat.

3. Nasi Timbel

Image Source: okeinfo.net

Rasanya begitu banyak kuliner nasi. Bandung pun memiliki kuliner berupa nasi dengan cita rasa yang juga lezat tentu saja.

Nasi timbel adalah nasi putih hangat yang disajikan dengan alas daun pisang.

Biasanya nasi akan diiringi dengan lauk seperti ayam goreng, tahu goreng, tempe goreng, dan lain lain. selain itu, nasi timbel juga dilengkapi dengan sambal terasi dan lalapan.

Kelihatannya sederhana ya. Namun, kesederhanaan itulah yang membuat nasi timbel begitu lezat ketika kita nikmati.

Yang begitu mempengaruhi kelezatan nasi timbel adalah nasi yang disajikan dengan alas daun pisang.

Ketika nasi baru saja matang dan diletakkan di atas daun pisang, daun tersebut menjadi agak matang dan menimbulkan aroma yang khas dan sedap.

Jadi, ketika belum menikmatinya dan baru mencium aromanya saja, nasi timbel sudah membuat perut kita keroncongan dan tidak tahan untuk segera menikmatinya.

4. Surabi

Image Source: infobdg.com

Sekilas namanya terdengar seperti makanan khas solo, serabi. Ya, memang surabi, makanan khas Bandung ini, juga berbentuk mirip seperti serabi: sama bulat dan pipih.

Cara memasaknya pun sama. Dua makanan ini dibuat di atas tungku gerabah. Walaupun sama, tetapi surabi sebenarnya berbeda dengan serabi, terutama dari bahan dan cita rasanya.

Surabi dibuat dari tepung terigu dan diberi topping oncom. Karena itu, surabi memiliki rasa yang gurih. Selain itu, dalam membuat surabi, tidak ditambahkan santan.

Santan ditambahkan sebagai kuah surabi ketika akan disajikan.

Ciri khas rasa surabi memang kegurihannya. Namun, kini sudah banyak yang juga menjual surabi dengan cita rasa manis. Ada yang disajikan dengan gula jawa.

Lalu, ada juga yang bertopping keju, coklat, dan lan sebagainya. Kalian bisa mencoba beragam cita rasa surabi sesuai yang kalian inginkan.

5. Colenak

Image Source: cpcdn.com

Nama colenak sepertinya terdegar seperti singkatan ya. Colenak memang merupakan singkatan dari dicocol enak.

Colenak adalah peyeum yang dibakar lalu disantap dengan cara mencocolkannya pada gula jawa cair yang dicampur degan kelapa yang sidah diserut.

Konon katanya, colenak sudah ada sebelum zaman kemerdakaan. Entah benar atau tidak, nyatanya colenak tetap digemari.

Selain itu, kini sudah banyak yang menjual colenak dengan varian rasa yang beragam, seperti rasa durian dan nangka. Jadi, banyak juga pilihan rasa untuk mencobanya.

6. Cireng

Image Source: klimg.com

Cireng. Aci digoreng. Cireng adalah makanan yang terbuat dari adonan aci atau tepung kanji. Adonan ini digoreng kemudian disantap dengan saus, sambal, dan kecap.

Tidak hanya di Bandung, makanan ini juga sudah dijual di mana-mana. Nama cireng sudah terkenal di mana-mana. Namun cireng tidak pernah membosankan untuk disantap.

Apalagi, kini banyak varian cireng dengan rasa daging, keju, sosis, dan sebagainya. Selain itu, sensasi renyah dan juga kenyal dari cireng membuat kalian ketagihan untuk menyantapnya.

7. Nasi Tutug Oncom

Image Source: detik.net.id

Ada lagi nasi khas Bandung yang juga tak kalah lezat dengan makanan lainnya. Nasi tutug oncom. Makanan ini adalah perpaduan dari nasi dan oncom yang ditumbuk bersamaan.

Sebelum ditumbuk dua bahan ini dibakar atau digoreng. Cara mengolahnya memang ditumbuk karena nama makanan ini adalah nasi tutug. Tutug artinya ditumbuk.

Biasanya nasi ini dilengkapi dengan krupuk, sambal, dan sayuran. Terlihat sederhana, namun cita rasanya tidak sesederhanan itu.

Nasi tutug oncom memiliki rasa yang khas, perpaduan nasi dan oncom, yang membuat makanan lezat ini tidak bisa dilewatkan begitu saja.

8. Batagor

Image Source: resepkakak.com

Batagor. Bakso tahu goreng. Makanan ini memang sudah ada di mana-mana. Di luar Bandung pun begitu banyak penjual batagor sehingga mungkin membuat kalian bosan dengan makanan ini.

Namun, nyatanya batagor tidak pernah membosankan untuk selalu kita coba. Apalagi, belum sempurna jika belum mencoba batagor asli dari kota asalnya.

Kombinasi adonan bakso ikan yang digoreng dengan teknik dan waktu yang tepat membuat makanan ini semakin lezat dan renyah.

Tidak hanya itu, saus kacang pilihan akan semakin menambah kelezatan batagor. Jadi, batagor tetaplah tidak membosankan, bukan?

Itu dia beberapa makanan khas Bandung yang bisa kamu coba. Jika sedang berkunjung ke kota Bandung, kalian bisa mencoba makanan-makanan di atas.

Atau, mungkin kalian pernah mencoba makanan-makanan di atas? Kalian bisa mencobanya lagi dan memanjakan lidah kalian lagi dengan cita rasa khasnya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.