10 Makanan Khas Bengkulu yang Mungkin Jarang Kamu Ketahui

Jika mendengar tentang “kuliner Bengkulu”, mungkin kita akan bingung dibuatnya karena jika kuliner Bengkulu belum seterkenal kuliner populer yang ada.

Namun, tak ada salahnya bagi kita untuk mencari tahu hal baru, salah satunya adalah dengan mengenal makanan khas Bengkulu.


Makanan Khas Bengkulu


Seperti kuliner khas daerah lain, kuliner Bengkulu memiliki ciri keunikan yang autentik dan menjadikannya sebagai makanan khas Bengkulu.

Dari penemuan inilah, kita bisa menemukan kenikmatan baru melalui kuliner khas Bengkulu, yaitu dari berbagai makanan khasnya.

Selain itu, mungkin kita bisa turut andil dalam mempopulerkan makanan khas Bengkulu. Karena itu, mari kenal satu persatu makanan khas Bengkulu.

1. Gulai pisang

Image Source: cookpad.com

Makanan khas Bengkulu pertama yang akan bicarakan ini tergolong cukup unik. Jika biasanya kita menemui makanan berbumbu gulai adalah berupa gulai daging, makanan yang satu ini tidak seperti itu.

Yang digunakan sebagai olahan dengan bumbu gulai bukan daging melainkan buah pisang.

Biasanya pisang sebagai buah-buahan yang diolah sebagai makanan yang bercita rasa manis seperti kolak atau makanan lain sejenisnya, namun di Bengkulu pisang dapat diolah menjadi masakan dengan cita rasa gurih seperti gulai.

Ternyata gulai merupakan makanan khas Bengkulu dengan resep yang telah diwariskan secara turun temurun.

Makanan ini akan terasa begitu unik karena kamu akan merasa manisnya pisang yang bercampur dengan rasa gurih dari bumbu gulai yang telah meresao ke dalam pisang. Makanan yang satu ini cukup unik ya.

Kamu jangan sampai melewatkan gulai pisang dalam daftar kuliner khas yang akan kamu coba.

2. Pendap

Image Source: phinemo.com

Pendap adalah makanan khas Bengkulu dengan olahan ikan yang dimasak dengan bumbu seperti membuat pepes, namun cara mengolahnya berbeda Bumbu-bumbu untuk membuat makanan ini terdiri dari bawang putih, cabai giling, kencur, dan kelapa parut muda.

Yang membuat makanan ini khas adalah jika biasanya kita menemui pepes dibungku dengan daun pisang, pendap tidak seperti itu.

Untuk membuat pendap, daun yang digunakan untuk membungkus ikan dan bumbu-bumbunya adalah daun talas.

Selain itu, untuk memasaknya, pendap tidak dipepes, tetapi direbus. Waktu perebusannya mencapai 8 jam.

Lamanya waktu ini diperlukan agar ikan benar-benar matang dan bumbunya meresap ke dalam ikan . Pendap akan semakit nikmat jika dinikmati dengan nasi putih hangat.

3. Tempoyak

Image Source: backpackerjakarta.com

Makanan yang satu ini tak kalah unik. Namanya adalah tempoyak. yaitu makanan khas Bengkulu yang merupakan olahan daging ikan yang dicampur fermentasi buah durian.

Sementara itu, daging ikan yang biasa diolah untuk membuat tempoyak adalah ikan patin.

Cita rasa makanan ini tergolong unik karena akan ada rasa gurih ikan yang bercampur dengan rasa asam khas fermentasi buah dari durian.

Mungkin makanan ini akan terasa aneh, namun kamu harus mencobanya keunikan cita rasa tempoyak ini.

4. Lema

Image Source: beritagar.id

Lema hampir sama dengan tempoyak karena salah satu bahan olahannya adalah dari hasil fermentasi.

Bedanya adalah jika tempoyak merupakan olahan dari fermentasi durian, bahan olahan untuk membuat lema adalah fermentasi rebung, yaitu bamboo yang masih muda.

Fermentasi rebung dicampur dengan ikan air tawar dan dibuat adonan. Seperti tempoya, lema memiliki cita rasa dan aroma asam yang sangat kuat, bercampur dengan gurih dari ikan.

Lema menjadi salah satu makanan yang tidak boleh luput dari daftar kuliner yang patut dicoba.

5. Lemang tapai

Image Source: asgolnews.com

Lemang bisa dikatakan merupakan makanan yang mayoritas dikenal dan dibuat oleh orang melayu, sehingga di dataran Melayu, wajar jika banyak yang menjadikan lemang sebagai makan khas mereka.

Bengkulu yang juga tak lepas dari orang Melayu juga memiliki lemang sebagai makanan khasnya bahkan Bengkulu memiliki lemang dengan bahan olahan khas, yaitu tapai ketan hitam.

Lemang tapai adalah makanan dengan bahan olahan yang sama dengan lemang pada umumnya, yaitu dari beras ketan yang dimasak dengan santan dan diberi garam kemudian dibungkus dengan daun pisang.

Akan tetapi, yang khas dari makanan ini adalah cara menyantapnya yang disertasi dengan tapai ketan hitam

Seperti lemang pada umumnya, cara memasak lemang tapai adalah dimasukkan ke dalam bambu muda kemudian dibakar di atas bara api.

Setelah matang, makanan ini siap disantap, tentu saja disertai dengan tapai ketan hitam.

Gurihnya lemang bercampur rasa hangat dan asam dari tapai membuat cita rasa lemang tapai begitu khas dan jangan sampai kamu lewatkan.

6. Manisan terong

Image Source: gotravelly.com

Makanan ringan khas Bengkulu ini jangan sampai terlewatkan. Jika biasanya kita melihat terong diolah menjadi masakan yang bercita rasa gurih, Bengkulu justru mengolahnya mencoba menjadi manisan.

Makanan ringan ini memang unik karena terong justru diolah menjadi manisan. Biasanya manisan yang kita temui adalah manisan yang terbuat dari buah, bukan?

Manisan terong ini mempunyai tekstur yang lembuat dan rasa yang manis. Jika mengunjungi Bengkulu, jangan sampai lupa untuk memborong manisan ini.

7. Kue tat

Image Source: cookpad.com

Kue tat merupakan kue khas Bengkulu yang memiliki sejarah yang cukup unik. Dulu makanan ini disebut Bay Tat.

Pada zaman dahulu kala, bay tat merupakan kue yang khusus dihidangkan untuk Raja Bengkulu. Bay Tat memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis.

Selain itu, ada pula topping yang diletakkan di atas Bay Tat yang membuat kue ini semakin nikmat.

Seiring berjalannya waktu, makanan ini tidak hanya milik Raja Bengkulu, namun semua orang sudah bisa merasakan dan menyantap kue Tat ini.

Kamu harus mencoba makanan agung yang dahulu menjadi hidangan khusus Raja Bengkulu ini.

8. Bolu koja

Image Source: resepnusantara.id

Bisa dibilang Bengkulu termasuk didominasi oleh kuliner makanan berupa kue. Selain Kue Tat, Bengkulu juga memiliki Bolu Koja.

Makanan yang satu ini bisa dibilang mirip dengan makanan bolu koja dari Palembang. Akan tetapi, pada bolu koja khas Bengkulu ada tambahan bahan yang khas.

Tambahan bahan tersebut adalah agar-agar putih yang bercita rasa gurih.

Selain itu, teksturnya sangat lembut seperti brownies. Tambahan agar-agar pada bolu koja ini membuat kue yang satu ini menjadi semakin lembut di lidah kita.

Selain itu, warna bolu koja begitu menarik, yaitu berwarna hijau yang berasal dari warna daun daun pandan.

9. Kue perut punai

Image Source: resepnusantara.id

Ada lagi kue khas Bengkulu lainnya, yatiu kue perut punai. Punai adalah nama salah satu jenis burung yang ada di Bengkulu.

Akan tetapi, bukan berarti kue ini terbuat dari perut burung punai kue ini diberi nama kue perut punai karena bentuknya seperti perut burung punai.

Karena dari keunikan bentuknya dan rasanya yang tak kalah nikmat, kamu bisa mencoba kue yang satu ini.

10. Bagar hiu

Image Source: daftarmenumasakan.web.id

Bagar hiu adalah makan yang diolah dari daging hiu. Tidak semua daging hiu bisa diolah untuk membuat makanan ini. Hanya hiu punai dan hiu tanduk yang dipilih karena dagingnya tidak terlalu amis.

Konon katanya, bagar hiu merupakan salah satu makanan favorit Presiden Sukarno ketika dahulu diasingkan di Bengkulu pada tahun 1938 s.d. 1942.

Sebenarnya makanan ini patut untuk kamu coba. Akan tetapi, kini hiu merupakan hewan yang langka dang sangat disayangkan jika masih diburu untuk menjadi hidangan. Karena itu juga, makanan ini sekarang tidak begitu sering dibuat karena hiu semakin langka.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.