10 Makanan Khas Jawa Barat yang Wajib Banget Kamu Coba

Indonesia merupakan negara dengan budaya dan tradisi yang sangat beragam. Salah satu yang menarik yaitu masing-masing daerahnya memiliki ciri khas makanannya tersendiri dengan cita rasa yang berbeda-beda.

Jawa barat merupakan salah satu provinsi yang memiliki kuliner khas dengan cita rasa yang menggugah selera.

Cita rasa pedas yang ditawarkan tentu membuat kita tak sabar untuk mencoba merasakan kuliner khas jawa barat ini.

Namun tidak perlu khawatir, untuk kamu yang bukan pecinta pedas masih tetap bisa menikmati kuliner khas jawa barat ini karena begitu beraneka ragam.


Makanan Khas Jawa Barat


Yuk langsung saja kita intip makanan-makanan khas Jawa Barat yang wajib banget kamu coba

1. Cireng

Image Source: klimg.com

Siapa yang tidak mengenal cireng? Kependekan dari aci digoreng ini merupakan makanan khas jawa barat yang sangat akrab dilidah masyarakat indonesia.

Bahan utamanya berupa tepung kanji yang dimasak dengan cara digoreng. Tepung kanji yang telah disiapkan kemudian ditambahkan dengan terigu, bawang putih, merica, dan air yang kemudian di goreng menggunakan minyak goreng.

Bentuk dari cireng sangat bervariasi, mulai dari bulat pipih, bintang, maupun wajik. Rasa dari makanan ini tidak perlu diragukan lagi. teksturnya kenyal dan gurih dimulut.

Cireng sangat cocok dinikmati saat santai sebagai cemilan. Seiring dengan berkembangnya zaman, cireng juga memiliki berbagai variian isi.

Mulai dari isi daging, sosis, kornet, keju, coklat, dan lain-lain sesuai keinginan.

2. Karedok

Image Source: klimg.com

Karedok merupakan makanan khas jawa barat yang mirip dengan gado-gado. Perbedaannya yaitu karedok dibuat dengan sayur-sayuran yang masih mentah.

Sayur-sayuran yang umum digunakan yaitu kacang panjang, mentimun, taoge, terong bulat, kubis, dan daun kemangi. Sayur-sayurang yang telah dipotong kemudian disiram dengan bumbu kacang.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat bumbu kacang yaitu cabai merah, bawang putih, kencur, kacang tanah goreng, gula jawa, air asam, garam, dan terasi.

3. Gepuk

Image Source: klimg.com

Gepuk merupakan makanan khas jawa barat yang terbuat dari daging sapi yang diiris searah dengan serat daging dan direbus setengah matang kemudian dipukul-pukul sampai daging menjadi lembut.

Setelah itu, daging direndam menggunakan kuah santan lalu direbus kembali sampai air santan menyusut.

Gepuk yang sudah lembut ini dapat disajikan dengan menggorengnya terlebih dahulu dengan sedikit minyak sampai berwarna kecoklatan.

Rasa yang dihasilkan dari gepuk ini sedikit manis dan sangat gurih. Cocok sekali disantap sebagai lauk dengan nasi hangat dan sambal.

4. Peuyeum

Image Source: tstatic.net

Peuyeum atau yang dikenal dalam bahasa indonesia yaitu tapai merupakan makanan khas jawa barat yang sangat terkenal dan cocok sebagai oleh-oleh.

Peuyeum merupakan makanan yang dibuat dengan proses fermentasi. Ada dua jenis peuyeum yang berbeda dari bahan yang digunakan.

Pertama yaitu peuyeum yang terbuat dari bahan dasar singkong atau biasa disebut peuyeum sampeu.

Kemudian yang kedua yaitu peuyeum yang terbuat dari beras ketan atau biasa disebut peuyeum ketan.

Rasanya yang manis membuat makanan ini digemari oleh berbagai kalangan.

5. Tahu Sumedang

Image Source: wartaekonomi.co.id

Tahu sumedang merupakan makanan yang tidak asing didengar ditelinga masyarakat indonesia karena untuk mendapatkan tahu khas sumedang ini tidak perlu repot-repot kesana.

Tahu sumedang sudah banyak dijualbelikan ditempat-tempat lain. Sama halnya seperti tahu-tahu yang lain, tahu sumedang berbahan dasar kacang kedelai yang kaya dengan protein nabati. Hanya saja, tahu sumedang tidak memiliki isi.

Namun rasanya yang gurih membuat tahu ini menjadi makanan yang digemari masyarakat. selain rasanya yang enak, tahu sumedang juga dapat menjangkau semua kalangan karena harganya yang relatif murah.

6. Dorokdok

Image Source: masirul.com

Dorokdok merupakan jenis makanan tradisional yang terbuat dari olahan kulit hewan. Kulit hewan yang biasa digunakan yaitu sapi atau kerbau.

Nama dorokdok sendiri diambil dari suara yang ditimbulkan pada saat mengkonsumsi makanan ini.

Kerenyahan yang dirasakan saat menyantap makanan ini membuat suaranya seperti berbunyi “dorok dok dorok dok”.

Nah, untuk kamu yang ingin mencoba dorokdok ini bisa didapatkan dikota asalnya, yaitu garut.

7. Empal Gentong

Image Source: detik.net.id

Empal gentong merupakan makanan khas jawa barat yang sering dijumpai diberbagai tempat. Perlu kamu ketahui bahwa makanan ini berasal dari kota cirebon.

Sesuai dengan namanya, empal gentong dibuat dengan menggunakan gentong diatas kayu bakar. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat empal gentong yaitu daging sapi, usus, dan babat.

Mirip seperti gulai, namun empal gentong dibuat dengan kuah yang kental. Empal gentong sangat cocok disajikan bersama nasi maupun lontong.

8. Sega Jamblang

Image Source: travelingyuk.com

Sega jamblang atau nasi jamblang merupakan makanan tradisional yang berasal dari cirebon jawa barat. Nasi jamblang terbuat dari olahan nasi dengan tambahan lauk yang dibungkus menggunakan daun jati.

Dibalik kesederhanaan nasi jamblang, konon dahulu makanan ini merupakan makanan yang dibuat untuk para pekerja paksa dijaman Belanda pada saat pembangunan jalan raya Anyer – Panarukan.

Lauk yang disajikan pada nasi jamblang awalnya hanya tempe, tahu, dan sambal. Namun seiring dengan perkembangan zaman, nasi jamblang terdiri dari sekitar 40 lauk yang bervariasi.

Meskipun namanya nasi jamblang, makanan ini lebih didominasi oleh lauk pauknya, karena porsi nasi yang disajikan tidak banyak.

9. Hayam Bakakak

Image Source: ilmci.com

Hayam bakakak merupakan makanan tradisional khas jawa barat yang bahan dasar berupa ayam yang dipanggang dengan campuran bumbu khas sunda.

Salah satu hal yang membedakan hayam bakakak dengan ayam panggang lainnya yaitu pada cara penyajiannya.

Hayam bakakak disajikan dengan ayam utuh atau tidak dipotong-potong seperti ayam panggang pada umumnya. Bagian yang dibuang dari ayam tersebut hanya pada bagian jeroan saja.

Makanan ini biasanya disajikan dengan sambal yang merupakan khas jawa barat juga atau biasa dikenal dengan sambal beledug.

10. Asinan Bogor

Image Source: indonesiakaya.com

Asinan bogor merupakan makanan khas jawa barat yang menggunakan kuah dari cabai merah sehingga warna yang dihasilkan yaitu merah pekat dan sudah pasti rasanya akan cukup pedas.

Berbeda dengan asinan khas betawi yang menggunakan kuah bumbu kacang. Asinan bogor ini terdiri dari potongan sayur-sayuran dan buah-buahan.

Konsumen dapat memilih varian asinan ini yang berupa asinan sayuran, asinan buah-buahan, maupun kombinasi dari keduanya.

Sayuran yang digunakan dalam asinan ini biasanya tauge dan kol yang dipotong kecil-kecil. Sedangkan buah yang digunakan yaitu bengkuang, jambu, salak, dan nanas.

Kuah yang dipakai dibuat dengan cabai yang telah direbus, kemudian dihaluskan dengan campuran ebi, cuka, gula pasir, dan air.

Apabila sayur-sayuran, buah-buahan, dan kuahnya sudah siap, kemudian bahan-bahan tersebut dicampurkan sampai kuah meresap pada sayur dan buah-buahannya.

Selain dikonsumsi langsung, makanan ini juga sangat cocok sebagai oleh-oleh.

Berikut mengenai 10 daftar makanan-makanan khas jawa barat yang wajib kamu coba saat berada di Jawa Barat.

Bisa dijadikan sebagai pengganjal perut, wisata kuliner, maupun oleh-oleh untuk teman-teman dan saudara. Mari mencintai makanan khas lokal sebagai rasa cintamu terhadap negara indonesia.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.