7 Makanan Khas Semarang yang Bikin Lidah Bergoyang

Rasanya belum lengkap ya jika berkunjung ke Semarang, namun belum mencoba makanan khasnya.

Apalagi, banyak sekali makanan khas Semarang yang tak pernah gagal memanjakan lidah kalian.


Makanan Khas Semarang


Apa saja ya makanan-makanan khas Semarang yang harus dicoba? Berikut daftar nya.

1. Lumpia

Image Source: grid.id

Lumpia? Siapa yang tidak tahu makanan satu ini. Lumpia bisa dikatakan merupakan ikon kuliner Semarang. Jika ingat kuliner Semarang, pasti ingat lumpia.

Lumpia terbuat dari adonan lembaran tepung yang yang diberi isian, kemudian digulung dan digoreng. Isi lumpia pun bermacam-macam.

Ada yang berisi sayuran, bawang putih, daging, telur, udang, dan rebung (bambu muda). Selain itu, cita rasa lumpia yang unik dari olahan isiannya membuat kalian akan ketagihan mencoba makanan ini.

Oh ya, bentuk lumpia pun ada dua macam lumpia basah dan lumpia kering. lumpia basah, bentuk dan isiannya hampir sama dengan lumpia kering. bedanya, lumpia basah tidak digoreng. Rasanya pun tidak kalah nikmat.

Tentang nama lumpia, nama makanan ini punya sejarah. Makanan ini sudah dikenal sejak abad ke-19 di Semarang.

Makanan ini mulanya dijual di Olympia Park oleh suami istri yang merupakan orang tionghoa dan pribumi.

Kemudian, makanan jualan mereka semakin dikenal oleh masyarakat. Waktu itu jika ingin membelinya, mereka menyebut tempat nama makanan itu dijual, yaitu di Olympia Park.

Namun, karena orang-orang agak kesulitan menyebutkan kata Olympia, lama-lama nama makanan ini berubah menjadi Loenpia.

Memang terdengar seperti nama yang dilafalkan orang tionghoa karena mungkin si penjual yang juga orang tionghoa pun kesulitan mengucapkan Olympia.

Lama-kelamaan nama Loenpia berubah menjadi lumpia karena orang-orang kemudian mengucapkanya seperti itu.

Wah, menarik juga ya sejarah nama lumpia. Tentu cita rasanya pun tak kalah menarik dan menggoda.

2. Bandeng Presto

Image Source: azsg.opensnap.com

Selain lumpia, bandeng presto bisa juga merupakan ikon kuliner khas Semarang. Bandeng presto adalah makanan olahan ikan bandeng yang dimasak dengan cara dikukus menggunakan panci presto.

Panci presto adalah alat yang digunakan untuk melunakkan makanan yang dikukus.

Makanan bisa menjadi lunak karena cara kerja panci presto, yaitu memanfaatkan tekanan dan uap air yang tinggi. Inilah hal yang membuat daging dan tulang ikan menjadi lunak dan lebih mudah dimakan.

Mungkin kamu tidak suka ikan karena tulangnya yang menganggu dan seerti duri jika dimakan.

Bandeng Presto bisa jadi solusi untuk kamu yang ingin merasakan nikmatnya makan ikan tanpa takut tertusuk tulangnya. Rasanya pun tak nikmatnya dengan bumbu khas bandeng presto ini.

3. Nasi Ayam Semarang

Image Source: travelingyuk.com

Nasi ayam Semarang. Kelihatanya sederhana ya, mirip seperti nasi gudeg jogja atau nasi liwet solo. Namun, jangan salah. Makanan ini tak kalah spesial dan lezat dari makanan lainnya.

Nasi ayam adalah nasi yang dihidangkan dengan suwiran ayam dan disiram dengan kuah opor.

Selain itu, biasanya masih ada lauk tambahan, seperti, tahu, telur, sayur krecek, dan sambal goreng labu siam yang yang telah diberi bumbu khas. Kalian pasti akan ketagihan ketiga mencobanya.

4. Tahu Gimbal

Image Source: files.wordpress.com

Tahu gimbal. Nama yang unik ya. Seperti namanya, makanan ini memang punya keunikan tersendiri. Tahu gimbal adalah makanan yang berisi potongan tahu, lontong, sayur-sayur yang kemudian disiram dengan kuah kacang.

Tak lupa makanan ini juga berisi gimbal. Kira-kira gimbal itu apa ya?

Gimbal bisa dibilang sejenis makanan gorengan bakwan udang. Gimbal adalah makanan yang dibuat dari olahan tepung yang dicampur udang.

Gimbal inilah yang mejadi kekhasan dan menambah cita rasa makanan ini.

Oh ya. Jangan lupa menyantap tahu gimbal bersama krupuk udang. Rasanya akan semakin nikmat dan membuat ketagihan.

5. Soto Bangkong

Image Source: wikimedia.org

Soto bangkong? Apakah makanan ini ada hubungannya dengan hewan sejenis katak? Di Jawa Tengah bangkong memang merupakan sejenis katak. Namun, makanan ini benar-benar tidak ada hubungannya dengan katak.

Soto bangkong merupakan soto yang melegenda di Semarang. Makanan ini diberi nama soto bangkong karena dulu makanan ini dijual di daerah Bangkong, semarang.

Soto bangkong sekilas memang terlihat seperti soto pada umumnya. Namun, tentu jika menjadi legenda kuliner Semarang, makanan ini pasti memiliki kekhasan, bukan? Yang menjadi ciri khas soto bangkong adalah kuahnya yang bening kecoklatan.

Itu karena kuah juga dicampur dengan bumbu kecap. Selain itu, soto Bangkong juga dilengkapi dengan suiran daging, irisan tomat, bihun, tauge.

Jangan lupa untuk menikmatinya dengan lauk yang lengkap. Ada sate ayam, sate kerang, sate telur puyuh, tempe, tahu, dan perkedel

6. Garang Asem

Image Source: infokuliner.com

Garang asem bisa dibilang sebagai makanan yang kaya akan cita rasa. Garang asem merupakan makanan daging (biasanya daging atau ayam) yang diberi bumbu cabai rawit, tomat, daun salam, belimbing wuluh.

Makanan ini kemudian dibungkus daun pisang. Biasanya makanan ini juga disiram kuah santan. Jika dilihat dari bumbunya, kalian bisa membayangkan cita rasa garang asem yang berbeda-beda dan berpadu.

Ada rasa asam yang segar dari tomat dan belimbing wuluh. Ada rasa pedas dari cabai rawit. Ada juga rasa gurih dari santan.

Selain itu wangi garang asem yang berasal dari dau pisang dan daun salam semakin menambah kenikmatan cita rasanya.

Tak lupa ada pelengkap untuk menyantap garang asem, yaitu nasi hangat yang akan semakin membuat kalian tanduk (dalam bahasa jawa artinya ketagihan ingin memakannya lagi).

7. Bonus: Susu cimory

Image Source: amazonaws.com

Walaupun bukan termasuk makanan, namun tak ada salahnya kalian juga mencoba minuman susu. Apalagi, susu juga penting untuk kesehatan tubuh kita.

Biasanya kita hanya menemukan yoghurt Cimory di pasar swalayan. Namun, di Semarang kalian bisa mencoba segala produk cimory. Ada yoghurt, coklat, dan juga susu.

Ya, bisa dibilang susu cimory juga memiliki banyak penggemar di mana-mana. Banyak yang rela jauh-jauh ke semarang untuk mecoba susu ini. Ada juga yang membuka jasa titip membeli susu Cimory ini.

Bisa dibilang susu Cimory memang berbeda dari susu yang dijual pada umumnya. Susu cimory merupakan susu kemasan yang disajikan segar.

Selain itu, dengan teknologi pasteurisasi, susu Cimory aman dikonsumsi. Susu ini disajikan dalam kemasan 800 ml.

Cukup banyak, bukan? Selain itu ada berbagai rasa, seperti rasa original, pisang, coklat, strawberry, dan matcha.

Namun, untuk bisa menikmatinya, kalian memang harus berkunjung ke Semarang.

Setelah kenyang mencoba semua makanan khas Semarang, kalian bisa mampir membeli cimory, tepatnya di Cimory on The Valley.

Oh, ya, tak hanya menikmati susu, di situ kalian juga bisa melihat peternakan, kebun, taman bermain, dan berbagai macam binatang, seperti sapi, kelinci, rusa, kambing, dan lain lain.

Mencicipi kuliner Semarang tak lagi sekadar berkuliner, bukan?

Itu dia macam-macam makanan Semarang yang akan memanjakan lidah dan perut kita. Sayang sekali jika sampai terlewatkan. Jika kalian akan mengunjungi Semarang, jangan sampai menyesal melewatkan kulinernya ini.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.