6 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Bawang merah merupakan salah satu bahan atau bumbu dasar masakan yang digunakan pada hampir semua makanan Indonesia.

Selain dapat membuat makanan menjadi lebih kaya rasa dan lebih sedap, bawang merah juga memiliki manfaat untuk kesehatan karena kadungan nutrisi dan vitaminnya baik untuk kesehatan.


Kandungan Bawang Merah


Sebelum masuk pada pembahasan mengenai manfaat bawang merah untuk kesehatan, berikut merupakan kandungan yang terdapat dalam bawang merah yang perlu anda ketahui.

– Zat gizi makro (terdiri dari karbohidrat dan air serta tidak mengandung lemak)
– Vitamin dan mineral (vitamin C dan vitamin B6 serta mineral kromium)
– Kalori (28 gram bawang hanya mengandung 11 kalori)
– Indeks glikemik (tingkat indeks glikemik rendah, yaitu hanya 10)
– Protein (148 gram bawang merah hanya mengandung 1 gram protein)


Manfaat Bawang Merah


Setelah mengetahui kandungan yang terdapat dalam bawang merah, berikut merupakan manfaat bawang merah untuk kesehatan yang perlu anda ketahui!

1. Menurunkan Tekanan Darah

Image Source: hellosehat.com

Seseorang yang mempunyai tekanan darah tinggi berpotensi terkena berbagai penyakit seperti jantung koroner, gagal ginjal, stroke, dan juga diabetes mellitus.

Namun, dalam jurnal Pharmacological Reports pada tahun 2009 menyebutkan bahwa zat quercetin pada bawang merah yang cukup tinggi, dapat membantu menurunkan tekanan darah yang tinggi.

2. Kesehatan Otak

Image Source: fungsi.info

Manfaat bawang merah yang selanjutnya adalah dapat meningkatkan kesehatan otak.

Zat besi merupakan salah satu yang juga berperan penting untuk fungsi otak dam vitamin B dari bawang merah dapat meningkatkan fungsi otak dengan berkontribusi pada kesehatan mental serta emosional.

Folat dalam vitamin B juga turut berperan melindungi DNA dan RNA tubuh anda.

Selain itu, bawang merah juga mengandung senyawa lain yang dapat berperan melawan peradangan otak dan juga meningkatkan aktivitas neurologis. Hal ini dapat membantu mencegah Alzheimer atau penurunan daya ingat.

3. Mengontrol Diabetes

Image Source: aspiretrainingteam.co.uk

Menurut penelitian, bawang merah juga memiliki manfaat yang dapat meningkatkan insulin dan juga membantu mengontrol berat badan yang dalam hal ini berhubungan dengan diabetes.

Beberapa sifat bawang merah dapat membantu merangkas sekresi insulin, yang menurunkan respons inflamasi yang berhubungan dengan diabetes.

Selain itu, flavonoid pada bawang merah dapat membantu mengobati diabetes.

4. Detoksifikasi Tubuh

Image Source: suara.com

Manfaat bawang merah selanjutnya adalah dapat membantu detoksifikasi tubuh.

Bawang merah dapat berperan meningkatkan sirkulasi darah, yang melakukan peran penting dalam membuang racun dari aliran darah, sehingga dapat membantu detoksifikasi pada tubuh.

Selain itu, bawang merah juga memiliki khasiat yang dapat menstimulasi enzim pencernaan yang mana merupakan untus penting untuk detoksifikasi hati.

5. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Image Source: rakyatku.com

Berdasarkan studi yang dilakukan pada wanita pra dan pascamenopause menunjukan bahwa dengan mengonsumsi bawang merah dapat berperan membantu meningkatkan kepadatan tulang.

Bawang merah yang dikonsumsi sehari sekali atau lebih dapat memiliki kepadatan tulang 5% lebih besar daripada yang tidak mengonsumsi.

Selain itu ada juga penilitan yang menyatakan bahwa wanita dengan usia yang lebih tua mengonsumsi bawang merah secara teratur, dapat membantu mengurangi 20% resiko patah tulang pinggul.

Manfaat lainnya dari bawang merah adalah membantu mencegah osteoporosis dan meningkatkan kesehatan gigi.

6. Menyehatkan Jantung

Image Source: kompas.com

Manfaat bawang merah yang selanjutnya adalah menyehatkan jantung.

Bawang merah mentah memiliki khasiat yang dapat berperan membuka arteri yang tertutup dan juga mengontrol tekanan darah tinggi.

Dengan mengonsumsi bawang merah secara teratur, dapat mencegah penyakit jantung koroner.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.