6 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Anda Ketahui

Daun sirih merupakan salah satu tanaman dengan daun herbal yang mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

Salah satu khasiat yang paling terkenal dari daun sirih adalah khasiatnya sebagai pembersih daerah kewanitaan.

Tanaman daun sirih tumbuh menyulur dan memiliki daun dengan ukuran lebar yang kaya akan kandungan tanni, eugenol, saponin dan berbagai jenis minyak essensial.

Selain itu, daun sirih juga dikenal memiliki sifat anti septik, pendingin kulit dan anti inflamasi. Khasiat daun sirih tidak hanya terbatas pada permukaan tubuh saja, namun jika meminum air rebusan daun sirih, manfaatnya juga akan terasa pada bagian dalam tubuh termasuk organ-organ tubuh.


Manfaat Daun Sirih


Berikut manfaat daun sirih untuk kesehatan tubuh yang perlu anda ketahui!

1. Menghambat Karies Gigi

Image Source: analisadaily.com

Karies gigi merupakan salah satu momok kesehatan pada gigi yang paling umum dan banyak dialami.

Ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa daun sirih memiliki manfaat yang mampu menghambat pertumbuhan dari bakteri penyebab karies gigi.

Hal ini ternyata membuktikan bahwa kebiasaan menginang beberapa orang tua di masa lalu memiliki manfaat yang baik untuk gigi.

Daun sirih memiliki kandungan flavonoid, alkanoid, senyawa lenolik dan atsiri yang dipercaya dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab karies gigi.

2. Antiseptik

Image Source: popmama.com

Manfaat daun sirih untuk kesehatan yang selanjutnya adalah sebagai antiseptik. Penggunaan manfaat antiseptik dari daun sirih sudah lama digunakan oleh masyarakat dan tidak hanya antiseptik, melainkan juga antidiabetes, antikanker serta menyembuhkan penyakin infeksi.

Anda dapat menggunakan air rebusan daun sirih sebagai obat kumur atau untuk membersihkan bagian tubuh lainnya untuk mendapatkan efek antiseptiknya.

3. Mengatasi Mimisan

Image Source: okeinfo.net

Khasiat daun sirih yang selanjutnya yaitu digunakan untuk mengatasi mimisan. Penggunaan manfaat daun sirih untuk mengatasi mimisan sudah tidak asing lagi dilakukan, dengan cara kerjanya yang mirip seperti daun sirih menyembuhkan luka.

Daun sirih memiliki kandungan antioksidan tannin yang berfungsi untuk mempercepat respon tubuh dalam menyembuhkan luka yaitu melalui cara dengan membekukan darah lebih cepat serta menutup sobekan pada pembuluh darah di dalam hidung.

4. Meredakan Batuk

Image Source: okezone.com

Manfaat daun sirih untuk kesehatan yang selanjutnya adalah dapat meredakan batuk. Daun sirih mempunyai kandungan berupa vitamin B, C, dan alkaloid yang dapat mengatasi peradangan penyebab batuk.

Jika anda ingin meredakan batuk dengan menggunakan daun sirih, anda dapat menyiapkan 5 lembar daun sirih, kemudia rebus dengan air sebanyak 300ml air selama sekitar 15-20 menit. Minumlah air rebusan ini satu kali sehari.

5. Membantu Dalam Menurunkan Berat Badan

Image Source: hellosehat.com

Manfaat daun sirih untuk kesehatan yang selanjutnya adalah dapat membantu dalam menurunkan berat badan.

Jika anda rutin meminum air rebusan daun sirih, terdapat efek positif berupa meningkatnya sistem metabolisme tubuh dan membuat sekresi pencernaan mengikat sekaligus menghilangkan racun atau kadar air berlebihan dari tubuh.

Daun sirih juga memiliki kandungan serat yang dapat membantu menurunkan kadar lemak dalam tubuh dan mengatasi sembelit. Hal ini akan membantu anda dalam menurunkan berat badan.

6. Membantu Proses Penyembuhan Luka

Image Source: hellosehat.com

Manfaat daun sirih yang selanjutnya adalah dapat membantu proses penyembuhan luka. Daun sirih mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi yang dapat mengatasi stress oksidatif sehingga dapat membantu proses penyembuhan luka menjadi lebih cepat.

Jika anda ingin menggunakan manfaat daun sirih untuk membantu proses penyembuhan luka, anda hanya perlu mengoleskan daun sirih pada luka kemudian tutup dan bungkus menggunakan perban.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.