5 Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Anda Ketahui

Jambu biji merupakan buah jenis jambu yang digemari oleh banyak orang. Jambu biji atau yang juga disebut guava ini merupakan tanaman yang berasal dari negara-negara di Amerika Tengan seperti Brazil, Meksiko, Venezuela dan Kolombia.

Namun saat ini, buah jambu biji telah banyak dibudidayakan di banyak tempat. Di Indonesia, jambu biji biasanya dinikmati dengan cara memakan buahnya langsung, membuatnya menjadi olahan jus atau dijadikan rujak.

Jambu biji memiliki banyak kandungan di dalamnya, antara lain seperti mineral, vitamin A, Vitamin C, Antioksidan dan Kalium.

Selain kandungan itu, jambu biji juga memiliki kandungan lain namun dengan jumlah yang sedikit seperti serat, protein, zat besi, folat dan magnesium.


Manfaat Jambu Biji


Setelah mengetahui berbagai macam kandungan yang terdapat pada buah jambu biji, berikut merupakan manfaat jambu biji untuk kesehatan tubuh yang perlu anda ketahui!

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Image Source: webkesehatan.com

Manfaat jambu biji untuk kesehatan tubuh yang pertama adalah dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Salah satu kandungan yang cukup tinggi pada jambu biji adalah vitamin C dan vitamin C juga merupakan vitamin yang paling baik untuk membantu berperan dalam meningkatkan serta memelihara imunitas tubuh.

Jika terkena penyakit ringan, biasanya dengan mengonsumsi vitamin C cukup untuk menyembuhkan dan juga mencegah infeksi penyakit lebih lanjut.

Mengonsumsi vitamin C setiap harinya sangatlah penting dan dengan memakan satu buah jambu biji per hari sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian.

2. Kesehatan Kulit

Image Source: tribunnews.com

Manfaat jambu biji untuk kesehatan tubuh yang selanjutnya adalah menjaga kesehatan kulit.

Jambu biji memiliki kandungan antioksidan yang dapat berperan mencegah penuaan dini, kandungan vitamin C yang juga berperan baik untuk mencerahkan kulit dan antimikroba dari ekstrak jambu biji dapat mengatasi masalah kulit seperti jerawat.

Tidak hanya buahnya saja yang memiliki manfaat untuk kulit, daun jambu biji juga memiliki manfaat untuk kulit dengan penggunaannya secara topical dapat membantu dalam penyembuhan luka di kulit.

3. Sistem Pencernaan

Image Source: muslimobsession.com

Manfaat jambu biji untuk kesehatan tubuh yang selanjutnya adalah menjaga sistem pencernaan.

Kandungan serat yang cukup tinggi pada buah jambu biji dapat berperan dalam memenuhi kebutuhan serat harian kurang lebih 12%.

Selain buahnya, daun jambu biji juga ternyata sudah sejak lama digunakan sebagai obat untuk mengatasi masalah pencernaan.

Antimikroba yang ada pada jambu biji dapat mengatasi gangguan pencernaan seperti diare dan dengan mengonsumsi jambu biji secara rutin juga dapat menurunkan resiko berbagai macam infeksi saluran pencernaan.

4. Kesehatan Mata

Image Source: Merdeka.com

Manfaat jambu biji untuk kesehatan tubuh yang selanjutnya adalah menjaga kesehatan mata.

Umumnya kemampuan penglihatan seseorang akan menurun akibat kebiasaan tertentu atau bertambahnya usia.

Jambu biji mempunyai kandungan vitamin A dan vitamin C yang mampu dan juga dapat berperan dalam menjaga kesehatan mata agar kemampuan melihat tidak turun.

Mengonsumsi jambu biji secara rutin dapat menurunkan resiko gangguan mata seperti degenerasi makula dan katarak.

5. Mencegah Stres

Image Source: fajar.co.id

Manfaat jambu biji untuk kesehatan yang kelima adalah dapat mencegah stress.

Magnesium merupakan salah satu kandungan mineral yang terdapat pada jambu biji yang dapat membantu relaksasi saraf dan otot sehingga dapat menenangkan serta mencegah seseorang dari stres.

Jika kekurangan magnesium diduga menjadi penyebab seseorang stress dan depresi karena magnesium mempunyai peran dalam fungsi otak yang mengatur suasana hati.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.