6 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan yang Perlu Kamu Tahu

Manfaat Kayu Manis – Kayu manis adalah kayu yang memiliki rasa manis serta aroma yang sedap sehingga sering dijadikan sebagai bumbu masakan.

Kayu manis, adalah komoditi asli indonesia, namun dalam prakteknya belum banyak orang indonesia yang mengambil manfaat kayu manis sebagai rempah-rempah penambah cita rasa makanan maupun minuman.

Meski selama ini manfaat kayu manis sering dinilai sebagai penyeimbang rasa dan juga pelengkap masakan, ternyata ada sejuta manfaat kayu manis bagi kesehatan.

Penggunanya bisa mengkonsumsi kayu manis seduh secara langsung atau ditambah dengan bahan lainnya, seperti dicampur pada masakan.


Khasiat Dan Manfaat Kayu Manis


Beberapa khasiat dan manfaat kayu manis bagi kesehatan antara lain :

1. Sumber Serat dan Mineral

Serat dan mineral sangat dibutuhkan tubuh untuk memenuhi kebutuhan gizi. Kandungan serat dan mineral pada kayu manis dapat membantu tubuh memenuhi asupan yang dibutuhkan.

Tak hanya itu, kayu manis juga mengandung zat besi dan juga mangan. Meski dalam jumlah yang kecil, keberadaan zat-zat ini dapat membantu tubuh mendapatkan keseimbangan nutrisi.

2. Menghangatkan Tubuh

Image Source: hellosehat.com

Kayu manis telah lama dikenal mampu menghangatkan tubuh. Penjajah zaman dahulu datang keindonesia untuk menguasai rempah-rempah indonesia dan dibawa pulang ke negara asalanya.

Salah satu rempah-rempah yang masuk daftar incaran para penjajah adalah kayu manis, khasiat kayu manis yang menghangatkan tubuh sangat cocok dijadikan minuman seduh yang menyehatkan (berbeda dengan alkohol yang memiliki efek merusak tubuh).

3. Mengurangi Sakit Rematik

Seringkali aktifitas harian terasa tak nyaman saat rematik kambuh. Nyeri akibat penyakit ini akan sangat terasa menyiksa dan tak akan mereda dengan cepat.

Agar rematik tak kambuh lagi, anda harus mengetahui manfaat kayu manis yang satu ini. Kayu manis mengandung gizi tinggi yang mampu menurunkan kadar sitokin (penyebab rematik).

Dengan demikian, nyeri akibat penyakit rematik akan berkurang dan lambat laun penyakit rematik akan sembuh.

4. Sebagai Obat Anti Bakteri

Seperti yang kita tahu, banyak sekali bakteri yang tumbuh dan berkembang di dalam tubuh maupun di lingkungan tempat kita tinggal, jika yang berada disekitar kita adalah bakteri baik mungkin akan menguntungkan bagi kita.

Lalu bagaimana jika yang ada adalah bakteri jahat? Karenanya, tubuh harus selalu siap untuk mengatasi serangan bakteri jahat.

Dalam mengatasi bakteri jahat, tubuh memerlukan kekebalan tubuh yang kuat, sedangkan kekebalan tubuh setiap orang berbeda beda, cara paling mudah untuk mencegah bakteri jahat masuk dalam tubuh atau mengurangi jumlah bakteri jahat dalam tubuh adalah dengan mengambil manfaat kayu manis.

Anda bisa mengkonsumsinya dengan menyeduhnya dalam air minum, seperti teh maupun jahe.

Tak hanya diminum saja, manfaat kayu manis juga dapat diambil dengan mencampurkannya dalam berbagai produk seperti pasta gigi untuk mengusir bakteri penyebab bau mulut dan sakit gigi.

5. Mencegah Penggumpalan Pada Darah

Image Source: grid.id

Manfaat kayu manis lainnya adalah mencegah penggumpalan darah. Di dalam kayu manis terkandung zat Cinnamaldehyde yang berfungsi baik dalam mencegah penggumpalan darah.

Kayu manis mampu mengekskresikan asam lemak anti inflamasi atau biasa disebut arachidonic yang dapat mengurangi serta mencegah radang dan penggumpalan darah.

6. Mengontrol Dan Menurunkan Gula Darah

Meski rasanya manis, kayu manis tak memiliki efek manaikkan kadar gula darah. Justru sebaliknya, kandungan antioksidan tinggi pada kayu manis mampu menurunkan kadar darah secara optimal.

Bahkan, sebuah penelitian yang menggali tentang manfaat kayu manis menunjukkan, satu gram kayu manis saja sudah mampu menurunkan dan mengatur kadar gula dalam darah.

Banyak sekali khasiat manfaat kayu manis yang dapat anda peroleh. Salah satu rempah asli Indonesia ini akan memberikan banyak kebaikan bagi tubuh anda. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.