5 Manfaat Kolang Kaling Beserta Proses Pembuatannya

Manfaat Kolang Kaling – Kolang kaling merupakan suatu camilan kenyal yang berwarna putih transparan dengan bentuk yang lonjong dan memiliki rasa yang segar.

Kolang kaling ini terbuat dari biji pohon aren. Kolang kaling memiliki kadar air sangat tinggi, hingga mencapai 93,8% dalam setiap 100 gram-nya.

Selain memiliki rasa yang menyegarkan, kolang kaling ini juga mampu membantu dalam memperlancar kerja saluran cerna manusia.

Tahukah anda bahwa kolang kaling itu bisa kita dapatkan dari pohon aren? Pohon aren memang dapat berbuah dan buahnya biasanya menggantung pada pohon.

Apabila buah aren yang belum terlalu matang dipotong akan terlihat bijinya yang kenyal berwarna bening.

Pada saat buah masih muda dengan kulit luarnya berwarna hijau, biji aren mempunyai tekstur yang lembek dan berwarna bening, kulitnya berwarna kuning dan tipis, bentuk bijinya lonjong biji muda inilah yang dinamakan kolang kaling.

Buah kolang kaling ini biasanya mudah kita temukan di pasar, terlebih lagi pasar tradisional pasti banyak yang menjualnya.

Buah kolang kaling ini dikenal memiliki kadar air yang tinggi. Biasanya buah kolang kaling ini digunakan sebagai campuran dari es buah.


Proses Pembuatan Kolang Kaling


Tahukah Anda bagaimana proses pembuatan kolang-kaling? Nah, Berikut kami jelaskan prosesnya.

Ada beberapa macam alat yang digunakan dalam proses pengolahan untuk mendapatkan kolang kaling yang berlimpah, diantaranya yaitu:

  • Anda bisa memilih karung goni sebagai tempat dari buah aren.
  • Siapkanlah pisau yang akan anda gunakan untuk mengupas buah arennya.
  • Siapkan panci untuk merebus dan juga merendam buah arennya.
  • Kompor.
  • Telenan kayu.
  • Sendok besar ciduk dan serok.
  • Baskom plastik.

Sedangkan untuk cara pengolahan kolang kaling itu sendiri yaitu sebagai berikut:

  1. Pilihlah buah aren yang masih setengah masak, biasanya ditandai dengan warna dari kulit buah yang terlihat hijau segar.
  2. Buah-buah aren tersebut dilepas satu persatu dari untaiannya kemudian dimasukkan ke dalam bakul.
  3. Dalam pengolahan kolang kaling terdapat dua cara yaitu dengan merebus aren dan membakarnya. Hal ini dimaksudkan untuk menghilangkan lendir yang ada pada buah. Bila diolah dengan cara pembakaran yaitu dengan menumpukkan buah aren diatas bara api sehingga daging buah menjadi agak hangus namun bijinya tidak hangus. Sedangkan bila diolah dengan cara perebusan.
  4. Pengambilan biji aren bisa dilakukan dengan cara diiris setelah direbus maupun dibakar.
  5. Anda bisa melepaskan kulit biji aren dengan menggunakan pisau, kemudian anda bisa mencucinya dengan menggunakan air bersih.
  6. Kemudian untuk perendaman biji aren, siapkan baskom yang telah berisi air kapur , kemudian biji aren yang sudah bersih tadi direndam dalam air kapur selama kurang lebih 3 hari.
  7. Setelah perendaman selesai, nampaklah biji buah aren setelah selesai perendaman. Berwarna putih bersih atau bening yang disebut kolang kaling.

Khasiat Dan Manfaat Kolang Kaling


Setelah mengetahui bagaimana cara pengolahan atau pembuatan kolang kaling, berikut juga akan dijelaskan mengenai manfaat-manfaat kolang kaling.

1. Memperkuat Tulang

Image Source: marimembaca.com

Manfaat kolang kaling mampu memperkuat tulang anda. Mengkonsumsi buah kolang kaling ini juga bisa dijadikan alternatif yang cukup baik sebagai sumber kalsium selain dari susu.

2. Makanan Diet

Manfaat kolang kaling ini juga sangat cocok bila dijadikan sebagai makanan diet. buah kolang kaling ini akan membuat hilang pada nafsu makan yang berlebihan itu.

3. Obat Radang Sendi

Khasiat kolang kaling juga dapat digunakan sebagai obat radang sendi. Anda bisa mengkonsumsi buah kolang kaling ini dalam keadaan yang sudah direbus tanpa memakai segala macam perwarna dan juga gula.

4. Obat Gatal-gatal

Image Source: doktersehat.com

Getah dari kolang kaling juga bisa dimanfaatkan sebagai obat gatal-gatal.

5. Memperlancar Pencernaan

Selain itu, manfaat kolang kaling selanjutnya juga dipercaya dapat membantu memperlancar pencernaan kita.

Kandungan serat kasar yang ada pada buah kolang kaling ini memang mampu melancarkan pencernaan tubuh.

Itulah beberapa khasiat manfaat kolang kaling yang bisa kita dapatkan. Bukan hanya sebagai campuran es buah saja, namun kolang kaling ini juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh kita.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.