7 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Beserta Kandungannya

Manfaat Lidah Buaya – Lidah buaya adalah sebuah jenis tumbuhan dengan nama latin Aloe Bbarbadensis Miller yang sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu sebagai tanaman untuk menyuburkan rambut, menyembuhkan luka, serta untuk perawatan kulit.

Tumbuhan lidah buaya ini sangat mudah dijumpai dikawasan kering seperti Afrika. Seiring dengan berkembangnya teknologi, manfaat lidah buaya mulai berkembang menjadi bahan kosmetik serta makanan dan minuman kesehatan.

Tahukah anda bahwa lidah buaya ini adalah 10 jenis tanaman yang memiliki potensi untuk bisa dikembangkan menjadi obat serta bahan baku industri, hebatnya lagi tanaman ini masuk kedalam jenis tanaman terlaris didunia.

Lidah buaya memiliki banyak sekali kandungan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Zat-zat yang terkandung dalam lidah buaya diantaranya adalah Mannas Asetat, Polymannasns, dan juga Atrakuinon.

Tidak hanya itu saja, bahkan tanaman ini mengandung lebih dari 72 zat serta 20 senyawa yang sangat baik bagi tubuh. Berikut beberapa kandungan yang ada pada lidah buaya, Manfaat jahe, Khasiat bawang merah.


Kandungan Lidah Buaya


Image Source: bukalapak.com

1. Memiliki kandungan enzim yang sangat baik untuk mencegah peradangan

2. Memiliki kandungan semua jenis vitamin kecuali vitamin D

3. Memiliki kandungan sebanyak 20 jenis dari 22 jenis asam amino

4. Memiliki kandungan saponin, yaitu sebuah zat anti mikroba

5. Memiliki kandungan mineral yang sangat banyak dan dibutuhkan oleh enzim


Khasiat Dan Manfaat Lidah Buaya


Image Source: kompas.com

Setelah kita mengetahui beberapa kandungan yang ada dalam lidah buaya yang sangat banyak tersebut, tentu tanaman ini memiliki beberapa manfaat lidah buaya yang sangat baik bagi tubuh kita.

Apa saja manfaat lidah buaya itu? Berikut akan kami sampaikan untuk anda.

1. Manfaat Lidah Buaya Untuk Mengatasi stres

Tahukah anda bahwa manfaat lidah buaya itu ternyata sangat ampuh untuk menurunkan tingkat kesetresan seseorang.

Hal ini karena lidah buaya memiliki kandungan vitamin dan mineral yang mampu menurunkan tingkat stress seseorang, anda bisa menggunakan lidah buaya sebagai bahan untuk membuat jus.

2. Manfaat Lidah Buaya Untuk detoksifikasi

Ditengah budaya masyarakat modern yang sangat menyukai jenis makanan cepat saji, tentu tubuh manusia menjadi sangat rentan dengan penumpukan racun.

Dan ternyata manfaat lidah buaya juga sangat baik untuk menetralisir racun dalam tubuh, caranya sama yaitu anda bisa menggunakan lidah buaya sebagai bahan untuk membuat jus.

3. Meningkatkan imunisasi dan kekebalan tubuh

Tentu anda sudah tidak asing jika lidah buaya ini memiliki kandungan vitamin yang sangat beragam, lalu apakah anda tahu bahwa lidah buaya ini memiliki kandungan anti oksidan yang sangat tingggi?

Lidah buaya memiliki kandungan anti oksidan yang sangat tinggi sehingga sangat baik untuk meningkatkan imunisasi serta meningkatkan kekebalan tubuh seseorang.

4. Mengurangi kadar gula untuk penderita penyakit diabetes

Jika anda memiliki penyakit diabetes, anda dapat menggunakan manfaat lidah buaya sebagai tanaman untuk mengurangi kadar gula dalam darah sehingga menjadi lebih seimbang.

Caranya cukup mudah yaitu dengan mengkonsumsi jus lidah bauya sebanyak setengah sendok untuk 14 hari secara rutin.

Jika anda mampu mengkonsumsinya dengan rutin, kadar gula akan menurun sebanyak 45% sehingga kadar gula dalam darah akan pada posisi yang ideal.

5. Khasiat Lidah Buaya Untuk Mengatasi ganguan pencernaan

Untuk anda yang sering mengalami ganguan pencernaan seperti tukang lambung, iritasi pada usus, perut terasa lebih panas, anda bisa melakukan pengobatan dengan cara mengkonsumsi lidah buaya.

6. Membantu Menenangkan Esofagus

Selain itu, khasiat lidah buaya ternyata juga sangat baik untuk membantu menenangkan Esofagus dan mengatasi Reflukasam.

7. Mengobati Luka Bakar

Khasiat dan Manfaat lidah buaya memang sangatlah beragam, selain hal yang kami sebuatkan diatas lidah buaya juga dapat kita manfaatkan untuk mengobati luka bakar.

Demikianlah beberapa khasiat dan manfaat lidah buaya untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.