7 Khasiat dan Manfaat Petai untuk Tubuh yang Luar Biasa

Petai merupakan makanan yang cukup di hindari oleh sebagian orang karena baunya yang khas. Namun sebagian orang lagi menyukai dan menggemari petai bahkan petai masih menjadi salah satu makanan yang cukup favorit untuk masyarakat Indonesia.

Petai pun dapat dijumpai dan di makan dengan berbagai macam ragam olahan misalnya seperti dijadikan sebagai salah satu elemen sambal, di goreng, dijadikan acar, nasi goreng, kentang goreng balado atau bahkan di makan mentah sebagai pendamping lalapan.


Manfaat Petai


Namun, disamping baunya yang khas, dan tidak semua orang menyukainya, petai memiliki banyak manfaat pada tubuh. Berikut merupakan manfaat petai untuk tubuh:

1. Petai Dapat Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Image Source: tribunnews.com

Manfaat petai untuk tubuh yang pertama adalah dapat mengatasi tekanan darah tinggi. Petai memiliki kandungan kadar potassium yang tinggi tapi juga rendah garam, hal ini membuatnya efektif untuk menurunkan tekanan darah.

Terdapat juga penelitian dari badan pangan dan obar amerika serikat (FDA) bahwa petai dapat membuat seseorang terhindar dari penyakit stroke.

2. Mengatasi Depresi

Image Source: kumparan.com

Manfaat petai untuk tubuh yang selanjutnya adalah mengatasi depresi.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh MIND, diantara para pasien yang menderita depresi, cukup banyak dari mereka yang merasa lebih baik setelah makan atau mengonsumsi petai.

Hal ini karena kandungan triptofan pada petai, yaitu sejenis protein yang kemudia diubah oleh tubuh menjadi serotonim yang akan membuat anda lebih rileks dan memperbaiki mood anda.

3. Mengatasi Anemia

Image Source: halodoc.com

Manfaat petai untuk tubuh yang selanjutnya adalah dapat mengatasi anemia. Hal ini dikarenakan zat besi yang tinggi yang terkandung dalam petai memiliki manfaat untuk menstimulai produksi sel darah merah dan membantuk apabila terjadi anemia.

Anemia sendiri dapat mengakibatkan tubuh menjadi letih, lemah, lesu, lunglai hingga lemas. Tidak hanya itu, tubuh juga merasa tidak bertenaga, mudah terserang penyakit, mudah pusing dan tidak dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan optimal.

4. Mengatasi PMS (PreMenstrual Syndrome) pada Wanita

Image Source: galla.seelenfluegel.info

Manfaat petai untuk tubuh yang selanjutnya adalah dapat mengatasi PMS.

Hal ini dikarenakan dengan mengonsumsi petai, dapat membantu anda memperbaiki dan menstabilkan mood seperti yang sudah di bahas sebelumnya.

Ini merupakan efek dari tryptohan, dan manfaat vitamin B, terutama vitamin B1 yang dapat juga berperan untuk mengatur kadar gula darah serta memperbaiki mood.

5. Baik untuk Kesehatan Lambung

Image Source: klikdokter.com

Manfaat petai untuk tubuh selanjutnya adalah petai merupakan makanan yang baik untuk kesehatan lambung manusia, bahkan jika petai dimakan mentah-mentah, hal itu tidak akan memberikan efek yang buruk pada lambung, justru sebaliknya.

Manfaat petai pada kesehatan lambung antara lain dapat menetralisir asam lambung, mencegah ternadinya infeksi pada lamnbung dan mengurangi iritasi serta luka pada bagian lambung.

6. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Image Source: kesehatansistempencernaan.files.wordpress.com

Selain baik untuk kesehatan lambung, manfaat petai untuk tubuh yang selanjutnya adalah dapat mengatasi gangguan pencernaan.

Hal ini dikarenakan buah atau biji petan memiliki kandungan serat yang tinggi. Kandungan serat ini tentunya berguna mencegah terjadingan gangguan-gangguan yang terjadi pada pencernaan anda.

Gangguan pencernaan tersebut antara lain seperti sembelit, sulit buang air besar, diare, nyeri perut, begah dan mulas-mulas.

7. Mencegah Terjadinya Kegemukan

Image Source: ezeepoints.id

Manfaat petai untuk tubuh yang ketujuh adalah dapat mencegah terjadinya kegemukan. Tidak hanya memiliki kandungan serat yang tinggi untuk mengikat lemak.

Dengan mengonsumsi petai, anda dapat menghindarkan diri dari faktor yang dapat membuat kegemukan seperti stress, depresi dan tekanan.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.