7 Daftar Masjid Terbesar di Indonesia yang Menarik untuk Dikunjungi

Masjid merupakan tempat ibadah umah islam. Di Indonesia sendiri sebutan lain selain masjid adalah musholla, surau atau langar.

Istilah lain masjid tersebut diperunttukkan untuk masjid yang umumnya berukuran kecil dan tidak digunakan untuk sholat jum’at.

Selain sebagai tempat ibadah, masjid juga merupakan tempat pusat kehidupan komunitas islam dan berbagai macam kegiatan seperti perayaan hari besar, diskusi, kajian agama, cerama dan belajar al-quran.

Bahkan dalam sejarah islam sendiri, masjid juga turun berperan dalam aktivitas social kemasyarakatan sampai kemiliteran.


Daftar Masjid Terbesar di Indonesia


Saat ini, banyak masjid yang memiliki arsitektur megah dan menarik serta bisa dijadikan tempat wisata religi, misalnya seperti masjid terbesar di Indonesia.

Berikut merupakan masjid terbesar di Indonesia yang sangat menarik untuk dikunjungi!

1. Masjid Istiqlal di Jakarta

Image Source: beritagar.id

Masjid terbesar di Indonesia yang pertama adalah Masjid Istiqlal di Jakarta. Tidak hanya menjadi masjid terbesar di Indonesia, masjid ini juga menjadi masjid terbesar di asia tenggara.

Masjid istiqlal dapat menampung jamaah sampai 200.000 orang dan memiliki keunikan yaitu posisinya yang berhadap-hadapan atau bersebelahan dengan gereja katedral yang juga besar.

2. Masjid Raya Makassar

Image Source: wikimedia.org

Masjid terbesar di Indonesia yang kedua adalah Masjid Raya Makasar. Masjid ini dapat menampung sekitar 60.000 jamaah dan berdiri di atas tanah dengan luas 13.912 meter persegi serta di bangun pada tahun 1948-1949.

Selain kemegahan dan luasnya, di masjid raya makassar juga terdapat al-quran dengan ukuran raksasa yang beratnya mencapai 584 kilogram dan berukuran 1m x 1.5m.

3. Masjid Islamic Center Samarinda

Image Source: kaltimprov.go.id

Masjid terbesar di Indonesia yang ketiga adalah Masjid Islamic Center Samarinda. Masjid ini memiliki keunikan dengan gaya desain arsitektur bergaya eropa. Masjid memiliki luas lahan 43.500 meter persegi.

Selain keunikan desain arsitekturnya, masjid ini juga memiliki keunikan yang mana bangunannya menghadap langsung ke tepi sungai Mahakam.

4. Masjid Raya Baiturrahman di Naggroe Aceh Darussalam

Image Source: merahputih.com

Masjid terbesar di Indonesia yang keempat adalah Masjid Raya Baiturrahman yang terletak di Naggroe Aceh Darussalam.

Masjid ini dapat menampung sampai 9000 jamaah dan memiliki luas bangunan sekitar 4.760 meter persegi.

Selain itu, masjid ini memiliki bangunan dengan desain arsitektur bergaya kesultanan turki utsmani dengan kolam air mancur yang membuat masjid ini menjadi tujuan wisata religi wisatawan yang datang ke Aceh.

5. Masjid Rahmatan Lil Alamin di Indramayu

Image Source: doetaindonesia.com

Masjid terbesar di Indonesia yang selanjutnya adalah Masjid Rahmatan Lil Alamin yang terletak di indramayu. Masjid ini dibangun pada tanggal 5 april 2000.

Selain itu, masjid ini juga diperkirakan dapat menampung hingga 150.000 jamaah dan memiliki area sekitar 6.5 hektar serta tuju lantai yang tiap lantainya berukuran 99×99 meter.

Lantai ketujuh dari masjid ini disebut sebagai atap masjid dan merupakan satu-satunya masjid yang atapnya dapat menampung sekitar 4000 jamaah.

6. Masjid Al-Akbar di Surabaya

Image Source: seruji.co.id

Masjid terbesar di Indonesia yang selanjutnya adalah Masjid Al-Akbar di Surabaya atau juka dikenal dengan nama masjid agung Surabaya.

Masjid ini menjadi salah satu masjid termegah di Jawa Timur. Selain itu masjid ini memili luas tanah sekitar 22.300 meter persegi dan ciri khas kubah besar berwarna biru.

7. Masjid Kubah Emas

Image Source: moneysmart.id

Masjid terbesar di Indonesia yang ketujuh adalah Masjid Kubah Emas yang berada di Depok, Jawa barat.

Masjid ini merupakan salah satu tempat wisata religi yang digemari oleh warga sekitarnya dengan daya tarik kubah yang menggunakan bahan emas.

Selain kubah, lampu gantung, kaligrafi, relief dan pembatas dilantai dua juga dilapisi emas.

1 thought on “7 Daftar Masjid Terbesar di Indonesia yang Menarik untuk Dikunjungi”

  1. informasi yang menarik ,barang kali bisa jadi referensi buat yang sedang membangun Masjid ,salam Dari kami Semoga bermanfaat

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.