Master Degree: Pengertian, Sejarah, Penamaan, dan Jenisnya

Gelar atau capaian pendidikan tinggi seseorang seringkali memiliki jenjang-jenjang tingkatan tertentu. Adapun capaian pendidikan tinggi tersebut pun juga memiliki penamaan yang beraneka rupa.

Terlebih dalam dunia hari ini yang karena perkembangan globalisasi telah sangat mendunia atau berskala internasional. Hal ini lah yang juga membuat pemandangan orang menempuh pendidikan tinggi di berbagai negeri belahan dunia sudah menjadi pemandangan yang tak asing lagi. Sebutlah orang indonesia yang kuliah di inggris, amerika, belanda, dan lain-lain.

Berbicara mengenai pendidikan tinggi tingkat internasional tersebut tentu merupakan pembicaraan yang pasti akan mengarah pada kajian atau gelar yang akan dicapai ketika orang-orang tersebut menamatkan jenjang pendidikan tingginya.

Adapun penamaan gelar sarjananya juga tidak sama dengan yang ada di Indonesia. Ada penyebutan bachelor degree, master degree, dan lain-lain.

Dalam artikel kali ini, kita akan fokus mengulas apa itu master degree. Apakah master degree itu, bagaimana sejarahnya, dan apa jenis-jenis dari master degree tersebut. Mari, silahkan lanjut mengikuti bacaan ini sampai selesai.


Pengertian Master Degree


Menurut berbagai sumber, Gelar master degree adalah gelar akademik yang diberikan oleh universitas atau perguruan tinggi setelah menyelesaikan program studi yang menunjukkan penguasaan atau tinjauan tingkat tinggi dari bidang studi tertentu atau bidang praktik profesional.

Gelar master biasanya membutuhkan studi sebelumnya di tingkat sarjana , baik sebagai gelar terpisah atau sebagai bagian dari program terpadu.

Adapun mengenai kaitannya dengan bidang atau area yang dipelajari, lulusan master degree diharapkan memiliki pengetahuan lanjutan tentang badan khusus topik teoretis dan terapan.

Seperti keterampilan tingkat tinggi dalam analisis, evaluasi kritis, atau aplikasi profesional; dan kemampuan untuk memecahkan masalah yang kompleks dan berpikir secara keras dan mandiri.

Jadi, kalau di indonesia, boleh dibilang master degree ini merupakan jenjang pendidikan tinggi yang setingkat dengan S2 atau program magister.

Di dunia internasional sendiri, master degree memang merupakan standar tersendiri untuk menyebut jenjang pendidikan seseorang pada level profesional.

Artinya orang yang menempuh pendidikan itu harus memiliki kualitas lebih daripada sarjana S1 atau bachelor degree pada umumnya. Harus ada kajian kritis yang lebih, penerapan teori pada kenyataan yang tepat guna, mandiri, dan tentu saja: berkemajuan


Sejarah Master Degree


Arti asli dari gelar master degree adalah bahwa seseorang yang telah diterima di peringkat (gelar) magister (yaitu guru) di satu universitas harus diterima di peringkat yang sama di universitas lain. Ini secara bertahap menjadi resmi sebagai licentia docendi (lisensi untuk mengajar).

Awalnya, penyebutan master degree dan dokter tidak dibedakan. Tetapi pada abad ke-15 sudah menjadi kebiasaan di universitas-universitas Inggris untuk menyebut guru-guru di fakultas bawah (seni dan tata bahasa) sebagai master degree dan mereka yang di fakultas lebih tinggi sebagai dokter.

Di University of Michigan ini diperkenalkan dalam dua bentuk pada tahun 1858: “dalam kursus”, pertama diberikan pada tahun 1859, dan “pada ujian”, pertama kali diberikan pada tahun 1862. MS “dalam kursus” terakhir diberikan pada tahun 1876.

Dua gelar yang sama, sekali lagi menghilangkan gelar master, diberikan di Edinburgh, meskipun MA menjadi gelar sarjana standar untuk Seni di Skotlandia.

Kemudian pada 1878 gelar Master of Science (MSc) akhirnya diperkenalkan di Inggris di Durham, hal ini diikuti oleh Universitas Victoria yang baru pada tahun 1881.

Di Universitas Victoria, MA dan MSc mengikuti pimpinan Durham’s MA yang membutuhkan ujian lebih lanjut untuk mereka yang memiliki gelar sarjana biasa tetapi tidak untuk mereka yang mendapat gelar kehormatan.

Sampai kemudian pada abad ke-21 hari ini. Dimulai dari Deklarasi Bologna pada tahun 1999 memulai Proses Bologna , yang mengarah pada penciptaan Wilayah Pendidikan Tinggi Eropa (EHEA).

Ini menetapkan gelar sarjana tiga siklus – master – gelar doktor yang mengarah ke adopsi gelar master di seluruh benua. Dan menggantikan kualifikasi siklus lama yang lebih lama seperti Magister (seni), Diplom (ilmu) dan pendaftaran negara (profesional ) penghargaan di Jerman.

Indonesia sendiri pun juga menerapkan hal tersebut. Meskipun dengan ciri atau komponen variasi yang tidak jauh beda dengan negeri-negeri lainnya.


Penamaan Master Degree


Mengenai penamaan ini, ada beberapa penyebutan khusus yang bisa dilihat di bawah ini, silahkan:

1. Gelar Master degree

boleh dibilang umumnya diberi judul menggunakan bentuk ‘Master of …’, di mana fakultas (biasanya Seni atau Sains) atau bidang (Teknik, Fisika, Kimia, Administrasi Bisnis, dll) ditentukan.

Dua gelar paling umum dari gelar master degree adalah gelarnMaster of Arts (MA / MA / AM) dan Master of Science (MSc / MS / SM); yang biasanya terdiri dari campuran bahan penelitian dan pengajaran.

2. Untuk Gelar Master of Philosophy (MPhil)

menunjukkan (dengan cara yang sama dengan Doctor of Philosophy ) gelar yang diperluas dengan komponen penelitian besar. Program master lain yang diberi nama umum meliputi Magister Studi(MSt) / Magister Studi Lanjut (MASt) / Magister Studi Lanjut (MAS), dan Magister Profesional (MProf).

Gelar master terintegrasi dan gelar master pascasarjana yang berorientasi pada praktik profesional sering lebih khusus dinamai untuk bidang studi mereka, termasuk, misalnya, Magister Administrasi Bisnis , Magister Divinity , Magister Teknik dan Magister Fisika.


Jenis-jenis Master Degree


Jenis-jenis master degree kurang lebihnya adalah sebagai berikut ini:

1. Gelar pascasarjana / pascasarjana ( MA / MA / AM , MPhil / M.Phil. , MSc / MS / SM, MBA / MBA , LLM / LL.M. , Dll.)

Adalah bentuk formal formal dari gelar master, di mana siswa sudah memiliki gelar sarjana (sarjana) pada saat masuk. Kursus biasanya berlangsung satu tahun di Inggris dan dua tahun di AS.

2. Gelar master terintegrasi ( MChem , MEng , MMath , MPharm , MPhys , MPsych , MSci , dll.)

Adalah gelar UK yang menggabungkan program gelar sarjana sarjana dengan tahun tambahan di tingkat master (yaitu total empat tahun di Inggris, Wales dan Irlandia Utara, dan lima tahun di Skotlandia).

Sekian, kurang lebih penjelasan mengenai master degree. Semoga memberikan manfaat. Sampai jumpa pada artikel yang juga membahas soal jenjang pendidikan tinggi lainnya. Tetap semangat

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.