14 Makanan Tepat Untuk Menu Diet Sehat

Diet sehat menjadi solusi bagi anda yang mengalami masalah berat badan dengan aman. Obesitas menjadi momok yang menakutkan bagi kebanyakan orang.

Kebanyakan orang rela melakukan berbagai cara untuk mengurangi berat badan yang berlebih. Cara-cara ekstrim umum dilakukan masyarakat demi mendapatkan tubuh ideal.

Namun kenyataannya berbagai diet yang menyiksa justru menimbulkan dampak yang buruk bagi kehatan.

Berikut akan diuraikan berbagai tips seputar diet sehat cepat dan alami.


Menu Diet Sehat


Menurunkan berat badan bukan berarti anda tidak makan sama sekali. Anda bisa tetap makan seperti biasa namun dengan pola tertentu dan lebih cermat memilih makanan.

Menu makan sehat ialah makanan yang mengandung vitamin, protein, serat dan rendah kalori. Jadi bagi anda yang ingin berdiet, jauhilah makanan sampah atau junkfood.

Berikut beberapa makanan tepat untuk anda yang sedang menjalani program diet sehat.

1. Air putih

Sudah bukan rahasia lagi air putih menjadi menu diet sehat paling mudah dan murah. Air putih membantu proses metabolisme dalam tubuh.

Delapan gelas perhari atau dua liter air cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh anda. Minum air putih sebelum makan membantu mengurangi nafsu makan anda.

2. Sayur-sayuran

Sayur-sayuran mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu sayur-sayuran yang kaya akan serat dapat membantu dalam proses pencernaan anda.

Lagi pula sayuran rendah kalori sehingga anda tak perlu takut makan sayuran dengan jumlah lebih banyak.

3. Asinan

Asinan ternyata sangat rendah kalori. Makanan ini menjadi camilan alternatif bagi anda yang sedang menjalani program diet sehat.

4. Tahu

Tahu merupakan makanan yang kaya akan protein dan serat. Penelitian menyebutkan bahwa wanita dengan berat badan berlebih akan makan malam lebih sedikit setelah makan tahu.

5. Gandum

Sudah umum diketahui masyarakat bahwa gandum memiliki kandungan serat yang banyak. Serat diketahui dapat mengenyangkan perut. Gandum dapat menggantikan nasi sebagai makanan utama yang rendah kalori.

Cara yang mudah untuk memperoleh gandum utuh di dalam program diet Anda ialah dengan roti gandum yang berkualitas, seperti Oroweat; Arnold; serta Brownberry yang tak mengandung lemak trans; tinggi fruktosa sirup jagung; serta mengandung banyak serat.

6. Apel

Berdasarkan sebuah penelitian, ditemukan suatu senyawa lilin yang ditemukan di kulit apel yang dapat membantu mengurangi obesitas.

Beberapa artis dunia menggunakan apel sebagai menu diet sehat mereka.

7. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya akan serat dan protein yang dapat membantu dalam proses pencernaan dan dapat mengontrol gula darah dalam tubuh.

Selain itu mengkonsumsi kacang-kacangan membuat anda merasa kenyang lebih lama.

Salah satu kacang yang bagus adalah kacang Pistacio yang busa membantu menurunkan berat badan dengan cepat.

Penelitian menunjukkan bahwa kacang Pistacio bisa membantu orang makan lebih sedikit serta kenyang lebih lama.

8. Alpukat

Alpukat mengandung lemak alami yang bermanfaat bagi tubuh. Lemak tak jenuh yang terkandung di dalamnya dapat menggantikan kebutuhan lemak yang dihasilkan nasi atau daging untuk kebutuhan lemak anda tiap harinya.

9. Jamur

Jamur baik sebagai pengganti daging dan praktis sebab rendah kalori serta lemak, dengan memberi beberapa mikronutrien.

Di dalam uji klinis yang dilakukan setahun, rata-rata orang yang mengkonsumsi jamur bisa turun sampai 3 kilogram dan menurunkan BMI.

10. Telur

Telur merupakan salah satu makanan paling bergizi, kaya akan protein serta antioksidan.

Penelitian menunjukkan dengan memulai hari sarapan dengan telur dapat mengurangi rasa lapar serta membantu kita mengurangi asupan kalori lebih dari 400 kalori selama sehari.

11. Blueberry

Menambahkan blueberry dalam diet Anda akan membuat cukup perubahan. Blueberry adalah buah yang rendah lemak serta sodium; mempunyai 80 kalori tiap cangkir; vitamin C dan polifenol yang baik bagi kesehatan.

12. Grapefruit

Mengkonsumsi setengah jeruk bali sebelum makan bisa menurunkan berat badan sampai setengah kilogram per-minggu.

Para peneliti di Scripps Clinic; San Diego; menemukan saat orang gemuk yang mengkonsumsi setengah jeruk bali sebelum makan, berat badan mereka turun 1,5 kilogram sebab membuat merasa kenyang lebih lama.

13. Buncis

Buncis adalah sumber protein yang baik dan kaya serat yang bisa membuat Anda merasa lebih kenyang lebih lama.

Disamping itu, buncis bisa dimanfaatkan sebagai makanan yang bisa mengurangi risiko penyakit jantung serta diabetes tipe 2.

14. Jus Buah dan Sayur

Cara Terapi Jus Buah dan Sayur Untuk Diet Serta Menjaga Kesehatan Tubuh
kompas.com

Terapi jus buah dan sayur adalah salah satu cara menjaga kesehatan tubuh kita yang saat ini sudah menjadi tren di Indonesia.

Terapi jus buah dan sayur ini menjadi tren karena terapi ini adalah terapi alami yang tidak ada efek buruknya bagi tubuh kita.

Selain untuk menjaga kesehatan tubuh, terapi jus buah dan sayur ini juga berguna untuk program diet.

Banyak cara yang dilakukan menjaga kesehatan tubuh dan juga melakukan diet, mulai dari cara yang paling murah hingga yang paling mahal.

Dari berbagai cara menjaga kesehatan tubuh dan diet, cara yang mahal sepertinya akan sangat manjur khasiatnya.

Tetapi pada kenyataannya, cara yang mahal pun belum tentu berhasil. Selain itu biasanya ada efek samping dari berbagai cara mahal ini.

Dengan pertimbangan itu, akhirnya banyak orang mencari cara lain bagaimana cara untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga melakukan program diet.

Setelah mengamati berbagai hal, akhirnya cara alami atau cara yang dulu dianggap kuno menjadi cara yang sangat efektif dan tidak memiliki efek buruk dalam menjaga kondisi kesehatan tubuh dan juga melakukan diet.

Salah satu cara efektif yang saat ini digandrungi masyarakat adalah terapi jus buah dan sayur.

Cara Terapi Jus Buah dan Sayur

Cara Terapi Jus Buah dan Sayur Untuk Diet Serta Menjaga Kesehatan Tubuh
balitapedia.com

Terapi jus buah dan sayur adalah salah satu cara menjaga kesehatan tubuh dan melakukan diet dengan cara alami dan biaya yang sangat murah.

Untuk melaksanakan terapi inipun sangatlah mudah dan dapat kita praktekkan sendiri di rumah.

Kita hanya memerlukan blender atau juicer dan juga aneka ragam buah dan sayur yang dapat disesuaikan dengan selera dalam melaksanakan terapi ini.

Tips Sebelum Memulai Terapi Jus Buah dan Sayur

Ada beberapa tips yang sebaiknya diketahui sebelum memulai terapi jus buah dan sayur ini, yaitu:

1. Pilihlah buah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh kita. Untuk itu, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mengetahui kondisi tubuh kita dan mempelajari kandungan gizi apa saja yang ada dalam buah-buah da sayur-sayuran. Dengan hal ini kita bisa memilih gizi apa yang diperlukan dalam tubuh kita.

2. Pilihlah buah dan sayur dalam kondisi yang segar. Kita harus mencuci buah dan sayur terlebih dahulu dengan menggunakan air yang mengalir agar kotoran yang menempel di buah da sayuran bisa hilang. Dan sebelum dimasukkan ke dalam blender, buah sebaiknya dipotong kecil-kecil.

3. Buah-buahan yang mengandung air dapat menyegarkan tubuh dan akan membuat kita semakin segar. Contoh buah yang mengandung air adalah semangka, melon. jeruk, mangga dan juga buah naga.

4. Jangan terlalu banyak mencampurkan gula di dalam jus buah atau sayuran kita. Jus buah yang mengandung gula yang sangat banyak tidak baik bagi tenggorokan dan saluran pencernaan.

5. Minumlah langsung jusnya sesaat setelah jus itu selesai dibuat. Jika menunggu agak lama, kandungan vitamin yang terdapat dalam buah akan rusak akibat cahaya maupun panas. Jika ini terjadi, maka khasiatnya tidak akan berlaku lagi.

6. Saat tepat mengonsumsi jus buah atau sayuran ini adalah di sela-sela waktu makan, atau juga bisa dilakukan setiap malam menjelang tidur.

Terapi jus buah dan sayur ini adalah salah satu cara efektif dalam menjaga kesehatan tubuh dan juga melakukan diet.

Dengan kekayaan alam yang dilimpahkan Tuhan kepada kita yaitu buah dan sayuran, menjaga kesehatan tidaklah harus mahal bukan?

Demikian penjelasan mengenai terapi jus buah dan sayur untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga melakukan diet. Jika ada saran, kritik, atau tambahan, silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.