Metamorfosis Ayam | Siklus Hidup yang Tak Sama dengan Serangga

Ayam merupakan hewan yang memiliki nama latin Gallus domesticus termasuk ke dalam jenis unggas yang biasa menjadi hewan ternak atau dipelihara oleh manusia. Metamorfosis ayam tergolong ke dalam metamorfosis tidak sempurna.

Ayam sangat bermanfaat bagi manusia dari segi ekonomi sebagai hewan ternak. Hewan yang sering dilombakan karena suara kukuruknya atau kekhasannya suara yang dihasilkan serta hewan yang sering disalahgunakan oleh manusia untuk adu ayam jago atau judi yang secara agama tidak diperbolehkan.

travel.tribunnews.com

Kotoran ayam dapat menjadi pupuk, dan daging bagian tubuh serta telurnya yang menjadi makanan yang sering dikonsumsi oleh manusia.

Makanan yang dihasilkan dari hewan ini bermacam-macam mulai dari ayam goreng, sup ayam, sate ayam, bakso ayam, hingga cekernya pun menjadi makanan favorit manusia. Daging dan telur ayam mempunyai kandungan protein yang baik bagi tubuh manusia.

Spesies ayam sangat banyak mulai dari ayam peliharaan, ayam jawa, ayam bekisar, ayam hutan dan lain sebagainya. Negara kita Indonesia memiliki ayam khas yang menjadi mascot yakni ayam cemani.

Ayam cemani dalam bahasa sansekerta memiliki arti hitam legam. Keunikan ayam ini dibandingkan ayam lain adalah semua bagian tubuhnya baik mata, daging, tulang, kakinya bahkan jeroannya memiliki warna hitam.

youtube.com

Ayam ini sudah lama berada di Indonesia, bahkan sudah terkenal di kerajaan Majapahit sekitar kurang lebih abad 15 Masehi.

Merupakan jenis ayam hasil persilangan dari ayam pendahulunya yang konon memili bentuk paruh putih dan dagingnya yang memiliki kasian pada masa tersebut.

Ayam cemani menyadarkan kita bahwa semua makluk hidup mengalami metamorfosis atau reproduksi untuk mempertahan keberadaanya.

Secara umum ayam juga mengalami reproduksi atau melakukan metamorfosis untuk mempertahankan eksistensi diri di dunia ini.

Sering kita debatkan atau menjadi pertanyaan yang lahir ayam atau telur dulu. Mari kita bahas disini bagaimana ayam melakukan daur hidupnya.


Daur Hidup Ayam


alatternakayam.com

Ayam tergolong dalam kelompok unggas yang berkembang biak dengan cara bertelur. Telur inilah yang menjadi awal kehidupan ayam.

Telur yang telah dierami oleh induknya akan menetas dan menghasilkan anak ayam yang akan hidup bebas di alam bebas.

Proses penetasan ayam secara umum memerlukan waktu kurang lebih sekitar 21 hari untuk dierami.

Penetasan ayam dapat dilakukan dengan dua cara yakni alami dengan cara dierami dan cara buatan menggunakan suatu alat khusus.


Metamorfosis Ayam


jagad.id

Ayam tergolong hewan yang melakukan metamorfosis tidak sempurna dicirikan oleh anak ayam yang menetas telah mempunyai fungsi dan bentuk tubuk yang sesuai atau mirip dengan induknya.

Perubahan metamorfosis ayam hanya terjadi pada ukuran tubunya saja. Dalam proses metamorfosis ayam berlangsung sedikit lama dari proses penetasan yang membutuhkan waktu kurang lebih tiga minggu untuk menetaskan telur yang telah dierami.

Anak ayam yang telah menetas memiliki bulu-bulu halus dan tubuh yang berukuran kecil atau versi kecil dari induknya saja. Semakin lama, bulu-bulu tersebut berubah menjadi lebat seperti induknya dan berporos pada bagian tegah.

Setelah memasuki fase dewasa bulu-bulu halus tersebut berganti menjadi bulu dewasa yang memiliki tekstur yang kaku seperti induknya. Anak ayam juga akan memiliki bentuk seperti betina atau seperti jantan.

Anak ayam yang telah memasuki fase dewasa akan berkembang biak dan menghasilkan telur. Siklus ini akan terus berlanjut sehingga akhir zaman.

Ayam biasanya dikatakan tidak mengalami metamorfosis seperti hewan lainnya seperti belalang, katak, dan lainnya.

Keyword: metamorfosis ayam

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.