4 Tahap Metamorfosis Katak Beserta Penjelasannya | Ciri Ciri

Metamorfosis katak merupakan suatu proses perkembangan secara biologis pada katak yang berubah secara terus menerus sesuai perkembangannya.

Perkembangan maupun pertumbuhannya adalah pembentukan atas beberapa organ tubuhnya dan binatang ini dikenal sebagai hewan amfibi lantaran selalu hidup di darat maupun air, serta menyimpan telurnya di dalam air dan proses pertumbuhan katak sampai dewasa selalu berlangsung di air dengan persentase mencapai 85%.

Katak biasanya selalu berkembang dengan cepat pada musim hujan dan apabila ada kolam maka hewan tersebut akan berada di sana dan mengeluarkan suara khasnya.

Katak sendiri memiliki jenis hingga 4700 spesies di seluruh dunia dan dibedakan sesuai bentuk tubuh, warna kulit, tempat hidup dan keberadaan racun pada kulitnya dimana racun tersebut sangat mematikan dan bisa membunuh manusia sampai hewan berukuran besar.


Metamorfosis Katak


Secara umum, metamorfosis katak memiliki 4 tahapan yang terdiri dari tahap telur, beludru, katak muda hingga fase terakhir adalah katak dewasa.

1. Tahap Pertama (Telur)

Image Source: thescienceexplorer.com

Pertama, katak akan melakukan metamorfosis dari telur terlebih dahulu dan katak jantan sering membuahi katak betina yang nantinya menyimpan telurnya di air sebagai tempat yang paling aman.

Telur katak biasanya terlihat seperti biji selasih dan ditinggalkan dan berkembang secara mandiri, sedangkan hewan amfibi ini mampu bertelur hingga 20 ribu telur selama 3 kali fase reproduksi dan berjalan selama 3 minggu.

2. Tahap Kedua (Kecebong)

Image Source: trubus.id

Jika telur sudah menetas, maka akan berubah sebagai kecebong yang cukup banyak untuk memakan tempat berlindungnya sendiri.

Tahap ini selalu berjalan selama 5 minggu ke depan sampai berubah menjadi katak muda, serta berkembang menggunakan kedua kakinya sekaligus membentuk beberapa organ tubuh yang berfungsi dengan baik.

3. Tahap Ketiga (Katak Muda)

Image Source: jempolkaki.com

Usai lima minggu berbentuk kecebong tentu saja katak mulai berkembang menjadi seekor katak muda, serta perkembangannya akan berlangsung sampai 3 muinggu dan berikutnya berubah menjadi katak dewasa.

4. Tahap Keempat (Katak Dewasa)

Image Source: www.ratahan.com

Katak dewasa biasanya ditandai dengan keberadaan paru-paru sebagai alat pernapasan di darat dan insang akan menghilang sekaligus berubah secara drastis.

Sementara itu, apabila paru-paru sudah terbentuk supaya katak bisa bernapas selama di darat maka akan akan berkembang sebagai katak dewasa.

Hal yang harus anda ketahui adalah katak dewasa biasanya berusia 11 minggu atau lebih dan metamorfosisnya termasuk ke dalam golongan metamorfosis sempurna dengan waktu cukup singkat, sedangkan katak dewasa bisa melompat ke darat untuk mencari katak betina dan melakukan pembuahan dengan proses reproduksi yang sama, serta kembali menyimpan sel telur yang telah melalui tahap pembuahan untuk disimpan di permukaan air.


Ciri Ciri Katak


Metamorfosis katak telah diketahui sebagai metamorfosis sempurna dan hewan ini memiliki ciri-ciri yang harus diperhatikan dengan seksama lantaran katak selalu berkembang biak secara bertelur, serta hidup di dua alam yaitu darat dan air.

Selain itu, katak muda biasanya hidup di permukaan air dan bernafas menggunakan insang bak ikan, sedangkan hewan amfibi ini bergerak dan melompat dengan keempat kakinya.

Ciri-ciri lainnya adalah katak dewasa biasanya selalu hidup di darat dan kulitnya berguna untuk membantu proses pernapasan dan memiliki selaput di jari kakinya dan biasa dipakai supaya bisa berenang lebih cepat dan mudah.

Kendati demikian, anda tidak selamanya menilai katak adalah hewan yang tidak berbahaya karena beberapa spesies tertentu bisa mengancam nyawa anda karena memiliki racun dan bisa membunuh siapa saja yang terkena racun tersebut, baik manusia maupun hewan sekali pun agar anda dapat antisipasi untuk tidak pernah menyentuh dan berada dalam jarak dekat dengan hewan ini.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.