3 Contoh Hewan yang Mengalami Metamorfosis Sempurna | Pengertian dan Tahap

Secara umum bahwa semua orang pasti mengetahui arti ‘metamorfosis’ yang sering dikaitkan dengan hewan, sedangkan beberapa dari mereka hanya memahaminya sebagai proses tumbuh kembang saja dan hanya dilakukan binatang tertentu saja.

Padahal, sudut pandang tersebut kurang efektif karena metamorfosis sendiri terbagi ke dalam 2 jenis, yakni sempurna dan tidak sempurna.


Pengertian Metamorfosis sempurna


Metamorfosis sempurna merupakan sebuah proses perkembangan secara biologi yang berubah bentuk secara berkala.

Hal yang harus diketahui bahwa perubahan tersebut meliputi beberapa organ tubuh sempurna, sedangkan perkembangan yang sangat tidak wajar maupun menjalani beberapa tahap berikutnya sering disebut sebagai metamorfosis tidak sempurna.

Meski begitu, banyak orang lebih mengenal metamorfosis sempurna karena hewan yang sering melakukan proses perkembangan tersebut selalu ditemukan setiap hari.


Contoh Hewan yang Menjalani Metamorfosis Sempurna


Lantas, apa saja hewan yang melakukan metamorfosis sempurna? Berikut uraiannya.

1. Kupu Kupu

Image Source: lilissuryani29.wordpress.com

Pertama, kupu kupu adalah binatang yang menjalani metamorfosis sempurna lantaran siklus hidupnya yang bermula dari telur akhirnya berubah menjadi sebuah larva atau pupa yang dikenal sebagai kepompong, usai pupa maka ulat akan menjadi kupu kupu dewasa dengan bentuknya yang indah.

2. Nyamuk

Image Source: ebiologi.net

Selain itu, nyamuk juga termasuk salah satu hewan yang melewati semua tahapan dari metamoforsis sempurna mulai dari telur yang berada di dalam air serta berkembang menyerupai larva berupa jentik-jentik, serta berubah menjadi pupa dan berkembang menjadi nyamuk yang biasanya singgah di tempat-tempat tertentu.

3. Katak

Image Source: jagad.id

Katak menjadi hewan terakhir yang melewati fase perkembangan tersebut dan berawal dari telur yang berubah sebagai embrio dan berubah kembali menjadi kecebong yang berada di dalam air.

Lalu, tahap akhirnya adalah muncul kedua kaki dan ekor hingga menyerupai katak muda dan berkembang secara berkala menjadi katak dewasa.


Penjelasan Tahap Metamorfosis Sempurna


Penjelasan mengenai metamorfosis sempurna tentu saja berawal dari telur yang merupakan awal pembentukan makhluk hidup yang berkembang sampai menjadi dewasa.

1. Telur

Sel telur selalu berkembang usai pembuahan spermatozoid serta sel telur betina akan menyimpan beberapa telurnya di tempat yang terlindungi untuk memperhatikan perkembangannya, contohnya adalah nyamuk selalu menyimpannya di alam air dan kupu kupu meletakkan semua telurnya pada dedaunan.

2. Larva

Kemudian, usai telur menetas tentunya akan berubah menjadi larva dan metamorfosis untuk serangga akan selalu melewati tahap satu ini.

Larva mempunyai bentuk yang berbeda bagi setiap binatangnya dan belum memiliki organ tubuh karena tidak berbentuk binatang dewasa yang telah menjalani metamorfosis sempurna, serta melakukan tahap nimfa apabila larva sudah mengalami perubahan bentuk.

3. Nimfa

Nimfa adalah tahap berikutnya dari metamorfosis sempurna setelah larva, namun ukurannya kecil sebelum berubah menjadi dewasa.

Beberapa organ akan berkembang dan terbentuk dan bentuk nimfa biasanya ditemukan pada hewan yang menjalani metamorfosis tidak sempurna.

4. Kepompong

Setelah itu, hewan akan melewati fase berikutnya yaitu pupa alias kepompong dan dilindungi dengan kerangka bagian luar yang didalamnya akan selalu berkembang untuk membentuk beberapa organ sekaligus membuat bentuknya menjadi sempurna.

5. Imago

Meski begitu, hewan yang melewati tahap ini masih memiliki makanan cadangan cukup banyak walaupun tidak makan atau minum, serta melakukan tahap metamorfosis sempurna terakhir yang disebut Imago, yakni fase setelah kepompong dan telah waktunya untuk keluar dan tumbuh menjadi hewan dewasa, salah satunya kupu kupu dan Imago sendiri mempunyai habitat sekaligus cara makan berbeda saat masih menyerupai larva.

Jika hewan yang berkembang telah menjadi binatang dewasa maka akan mencari pasangan untuk bereproduksi dengan melakukan tahap metamorfosis yang sama secara menyeluruh.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.