Metamorfosis Tidak Sempurna | Contohnya pada Siklus Hidup Rayap

Metamorfosis terjadi pada pertumbuhan hewan serangga. Terdapat dua macam jenis metamorfosis pada serangga yaitu metaformosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna.

Metamorfosis adalah suatu proses pertumbuhan dan perkembangan hewan (serangga) yang terjadi dengan perubahan fisik baik secara morfologi, fisiologi dan anatomi.

Proses metamorfosis terjadi dari awal mula sebuah telur hingga akhirnya menetas dan berubah menjadi hewan dewasa. Pada kesempatan ini kita akan membahas berkaitan dengan metamorfosis tidak sempurna.


Metamorfosis Tidak Sempurna (Hemimetabola)


Metamorfosis tidak sempurna adalah suatu proses pertumbuhan dan perkembangan hewan (serangga) yang tidak mengalami perubahan bentuk secara signifikan.

Hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna mempunya ciri, sifat dan bentuk yang tidak jauh berbeda dengan induknya. Tahapan metamorfosis ini terbagi menjadi tiga tahapan yaitu:

1. Telur

pasberita.com

Tahap ini merupakan tahap awal seluruh rangkaian proses metamorfosis. Pada tahap ini telur dihasilkan dari perkawinan induk betina dan jantan, kemudian induk betina akan mengandung benih telur yang akan dikeluarkan ketika telah siap.

Telur diletakkan secara beragam, ada yang meletakkan telurnya dengan disatukan ada juga menempelkan telur satu-satu atau dalam kelompok. Telur yang diletakkan dalam satu paket disebut dengan ooteka.

2. Nimfa (serangga muda)

petikanhidup.com

Merupakan serangga muda yang dihasilkan dari menetasnya telur yang telah dibuahi oleh induknya. Nimfa mempunyai sifat dan bentuk sama dengan induknya.

Dalam fase ini serangga muda mengalami pergantian kulit atau ekdiis. Tiap tahapan pergantian kulit disebut instar. Setiap spesias memiliki jumlah tahapan atau instar yang berbeda.

Secara umum biasanya terdapat 8-17 instar. Serangga muda atau nimfa memiliki waktu mulai dari 4 minggu untuk terus berkembang menjadi dewasa.

3. Hewan dewasa (imago)

Imago merupakan suatu fase yang ditandai dengan berkembangnya seluruh organ tubuh dengan baik. Berikut ini beberapa serangan yang termasuk kedalam hemimetabola yakni:

1. Kecoa

2. Belalang

3. Capung

4. Rayap

5. Jangkrik


Contoh Tahapannya pada Siklus Hidup Rayap


gardening.id

Siklus hidup rayap dibagi menjadi tiga tahapan yaitu (1) telur; (2) rayap muda; dan (3) rayap dewasa. Pada tahap rayap muda yang menetas mirip dengan induknya namun ada beberapa organ yang muncul.

Organ yang belum muncul tersebut akan muncul pada saat menjadi rayap dewasa (Imago). Pada tahap ini rayap muda mengalami pertumbuhan dan pergantian kulit secara berulang (instar) hingga menjadi dewasa.

Pada fase pertama bertelur, induk betina akan mengeluarkan 4-15 butir telur berbentuk silindris dengan bagian ujung yang membulat berbentuk putih. Panjang telur bervariasi antara 1 hingga 1.5 mm. Telur akan menetas setelah berumur 8-11 hari.

Setelah telur menetas, nimfa akan menjadi dewasa melalui beberapa instar. Rayap muda akan tumbuh dan akan diatur menjadi anggota kasta atau golongan ratu. Di dalam setiap koloni rayap terdapat tiga kasta yaitu: (1) Prajurit; (2) Pekerja; dan (3) Reproduktif.

Kesimpulan

hewanpedia.com

Metamorfosis tidak sempurna merupakan suatu proses pertumbuhan dan perkembangan serangga yang tidak melalui fase pupa yang artinya ketika telur menetas, maka serangga muda telah mirip bentuk, sifat dan cirinya menyerupai dengan induksinya.

Tahapan metamorfosis ini dibagi menjadi tiga tahapan yakni telur, nimfa dan imago (dewasa).

Kecoa, belalang, capung, rayap dan jangkrik merupakan beberapa contoh serangga yang mengalami metamorfosis tidak sempurna dalam pertumbuhan dan perkembangannya.

Keyword: metamorfosis tidak sempurna

Leave a Reply