18 Nama Lain Alquran yang Tercatat Di Dalam Al Quran

Nama Lain Alquran – Al Quran adalah kitab suci dari umat Islam. Quran merupakan wahyu Allay yang turun sebagai bagian dari mukjizat Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Kitab yang merupakan pedoman umat manusia akhir zaman ini berisi tuntunan dalam beribadah dan bermuamalah. Selain itu Quran berisi bukti-bukti tentang kebenaran Agama Allah.

Nama Lain Al Quran

Diturunkannya Al Quran selain sebagai pedoman adalah untuk menyempurnakan kitab-kitab terdahulu. Al Quran sebagai pedoman yang sempurna memiliki banyak nama lain. Nama lain Alquran tersebut bahkan juga disebutkan atau tertera di dalam Al Quran. Berikut ini nama lain  Alquran yang perlu kita ketahui beserta dalilnya.

1. Al Kitab juga Nama Lain Alquran

Al-Kitab berarti juga buku, nama ini terdapat dalam surah Al-Baqarah ayat 2
“Kitab ini tidak ada keraguan padanya, petunjuk bagi mereka yang bertaqwa.”

2. Al Furqan

Al-Furqan memiliki arti pembeda benar salah, nama ini ada dalam QS Al-Furqan ayat 1
“maha suci Allah yang telah menurunkan Al-Furqan kepada hanba-Nya agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam.”

3. Adz Dzikir

Adz-Dzikr artinya pemberi peringatan, hal ini bahkan secara tersirat juga disebutkan pada ayat sebelumnya. Nama ini terdapat dalam QS Al-Hijr ayat 9.
“Sesungguhnya Kami-Lah yang menurunkan Adz-Dzikr dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya.”

4. Al Mau’idhah

Al-Mau’dhah berarti pelajaran atau nasihat. Nama ini keluar dalam ayat 57 Surah Yunus.
“Hai manusia sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang ada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.”

5. Asy Syifa

Tidak hanya Al-Mau’idhah dalam QS Yunus: 57 juga terdapat nama lain Quran, yaitu Asy-Syifa yang berarti penyembuh. Quran memang diturunkan oleh Allah kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam untuk mengobati penyakit hati manusia.

Untuk itu saat kita merasa mempunyai penyakit yang berkaitan dengan hati, misalnya saja iri, kecewa, sedih, dan sebagainya dianjurkan untuk membaca Al-Quran. Membaca ayat suci Al-Quran Insya Allah dapat meringankan bahkan menghilangkan penyakit-penyakit tersebut.

6. Al Hukm

Al-Hukm berarti juga hukum atau peraturan. Seperti kita ketahui sumber hukum Islam memang harus didasarkan pada Quran seperti yang tertulis dalam QS Ar-Ra’d: 37.

“dan demikianlah Kami telah menurunkan Al-Quran itu sebagai peraturan (yang benar) dalam Bahasa Arab. Dan seandainya kamu mengikuti hawa nafsu mereka setelah datang pengetahuan kepadamu, maka sekali-kali tidak ada pelindung dan pemelihara bagimu akan (siksa) Allah.”

7. Al Hikmah

Kebijaksanaan merupakan arti dari Al-Hikmah yang juga nama lain dari Quran. Hal itu terdapat dalam QS Al Isra’ ayat 39.

“itulah sebagian hikmah yang diwahyukan Tuhanmu kepadamu. Janganlah kamu mengadakan Tuhan yang lain selain Allah yang (bisa) menyebabkan kamu dilemparkan ke dalam neraka dalam keadaan tercela lagi dijauhkan (dari rahmat Allah).”

8. Petunjuk atau Al Huda

Nama ini terdapat dalam Surah Al-Jin ayat 13.

“dan sesungguhnya kami tatkala mendengar petunjuk, kami beriman kepadanya (quran). Barang siapa beriman kepada Tuhannya, maka ia tidak takut akan pengurangan pahala dan tidak pula akan penambahan dosa serta kesalahan. ”

9. At Tanzil (Nama Lain Alquran)

At-Tanzil memiliki arti ‘yang diturunkan’. Ini tertulis dalam QS. Asy Syu’araa’ ayat 192.
“dan sesungguhnya (Al-Quran) ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta Alam.”

10. Karunia atau Ar Rahmat

Terdapat dalam QS. An-Naml: 77
“dan sesungguhnya Quran itu benar-benar menjadi petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.”

11. Ar Ruh (Ruh) juga Namma Lain Alquran

وَكَذَٰلِكَ أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ رُوحًا مِنْ أَمْرِنَا

“dan demikianlah Kami wahyukan kepadamu (Muhammad) ruuh (Quran) dengan perintah Kami.” [QS. Asy-Syura: 52]

12. Penerang atau Al Bayan (Nama Lain Alquran)

هَٰذَا بَيَانٌ لِلنَّاسِ وَهُدًى وَمَوْعِظَةٌ لِلْمُتَّقِينَ
“Ini adalah penerangan bagi seluruh manusia dan petunjuk serta pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa.” [Ali Imran: 138]

13. Ucapan (Firman Allah) atau Al Kalam

“dan jika seorang diantara orang-orang musyrik itu meminta perlindungan kepadamu, maka lindungilah ia supaya ia sempat mendengar firman Allah, lalu antarkanlah ia ketempat yang aman baginya. Ddemikian itu disebabkan mereka kaum yang tidak mengetahui.” [At Taubah: 6]

14. Kabar Gembira atau Al Busyra

قُلْ نَزَّلَهُ رُوحُ الْقُدُسِ مِنْ رَبِّكَ بِالْحَقِّ لِيُثَبِّتَ الَّذِينَ آمَنُوا وَهُدًى وَبُشْرَىٰ لِلْمُسْلِمِينَ

“Katakanlah! Ruhul Qudus (Jibril) menurunkan (AlQuran) itu dari Tuhanmu dengan benar untuk meneguhkan (hati) orang-orang yang telah beriman, dan menjadi petunjuk serta kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri (kepada Allah).” [QS. An Nahl: 102]

15. Cahaya atau An Nur juga Nama Lain Alquran

وَمَنْ لَمْ يَجْعَلِ اللَّهُ لَهُ نُورًا فَمَا لَهُ مِنْ نُورٍ

“Hai manusia, sesungguhnyatelah datang kepadamu bukti kebenaran dari Tuhanmu dan telah Kami turunkan kepadamu cahaya yang terang benderang.” [QS. AN Nisa: 174]

16. Pedoman atau Al Basha’ir juga Nama Lain Alquran

هَٰذَا بَصَائِرُ لِلنَّاسِ وَهُدًى وَرَحْمَةٌ لِقَوْمٍ يُوقِنُونَ
“ini adalah pedoman bagi manusia, petunjuk, dan rahmat bagi kaum yang meyakini.” [QS. Al-Jatsiyah: 20]

17. Al Balagh (Penyampaian atau Kabar)

هَٰذَا بَلَاغٌ لِلنَّاسِ وَلِيُنْذَرُوا بِهِ

“dan ini adalah kabar yang sempurna bagi manusia dan supaya mereka diberi peringatan dengannya agar mereka mengetahui bahwa Dia adalah Tuhan Yang Maha Esa dan agar orang yang berakal mengambil pelajaran.”[QS. Ibrahim: 52]

18. Al Qaul (Perkataan atau Ucapan)

وَلَقَدْ وَصَّلْنَا لَهُمُ الْقَوْلَ لَعَلَّهُمْ يَتَذَكَّرُونَ
“dan sesungguhnya telah Kami turunkan berturut turut perkataan ini kepada mereka agar mendapat pelajaran.”[QS. Al-Qashash: 51]

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.