12 Nama Nama Bulan Islam yang Ada Pada Kalender Hijriyah

Nama Nama Bulan Islam – Di dalam Islam kita mengenal penanggalan dengan sistem kalender Hijriyah. Penanggalan Hijriyah berbeda dengan penanggalan Masehi karena didasarkan pada pergerakan bulan. Jika penanggalan masehi mengacu pada waktu rotasi bumi dan revolusinya yang mengitari matahari maka kalender Hijriyah mengacu pada bulan.

Nama Nama Bulan Islam

sdit.cahyainsani.sch,id

Hal ini juga yang menjadikan alasan mengapa setiap menentukan waktu awal ramadhan maupun hari raya harus berdasarkan hilal. Hilal sendiri merupakan bulan sabit pertama atau kenampakan bulan pertama. Hilal juga sering disebut anak bulan karena kenampakannya belum penuh. Biasanya kita mendengar istilah hilal saat memasuki bulan puasa atau hari raya.

Perhitungan terhadap hilal dilakukan untuk mengetahui awal bulan bukan hanya bulan ramadhan atau syawal saja, tetapi bulan-bulan lainnya. Seperti halnya bulan di penanggalan masehi, dalam penanggalan Hijriyah juga terdapat 12 nama nama bulan Islam. Berikut ini nama-nama bulan Islam dalam kalender Hijriyah sesuai dengan urutannya.

1. Muharram (Nama Nama Bulan Islam)

Ada yang tahu kalau pergantian tahun baru Hijriyah dimulai setiap tanggal 1 Muharram? Mungkin sebagian dari kalian tidak sadar atau belum tahu kalau awal tahun baru Hijriyah jatuh setiap tanggal 1 Muharram. Perayaan 1 Muharram memang tidak seramai pergantian tahun baru masehi. Bahkan sebagian orang mengira kalau 1 syawal atau Idul Fitri merupakan tahun baru Islam.

2. Safar (Nama Nama Bulan Islam)

Terdapat 29 hari di dalam bulan kedua kalender Hijriah ini. Kata safar sendiri mempunyai arti berpergian. Kalian pasti sering mendengar istilah musafir kan? Nah asal kata musafir adalah safar dan musafir sendiri berarti orang-orang yang berpergian.

3. Rabiul Awal (Nama Nama Bulan Islam)

Bulan Rabiul Awal merupakan bulan yang istimewa bagi umat Islam karena Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa salam lahir di tanggal 12 bulan ini. Jumlah harinya ada 30 hari. Bulan ini juga memiliki nama yang berkaitan dnegan kegiatan kembalinya safari atau berpergian.

4. Rabiul Akhir

Rabiul Akhir atau sering juga disebut sebagai Rabiuts Tsani merupakan bulan yang keempat. Didalamnya terdapat 29 hari. Nama dari bulan ini berasal dari kegiatan beternak dan menggembala oleh perantau yang telah menetap.

5. Jumadil Awal

Jumadil Awal sering disebut juga sebagai Jumadil Ula dengan jumlah hari sebanyak 30 hari. Asal muasal penamaan bulan ini berawal dari peristiwa kekeringan. Orang-orang saat itu susah untuk bercocok tanam dan beternak di bulan ini.

6. Jumadil Akhir

Jumlah hari di bulan keenam penanggalan Hijriah ini ada 29 hari. Jumadil Akhir juga memiliki nama lain, yaitu Jumadil Tsani. Dimana pada bulan ini orang-orang bebas dari masa kekeringan.

7. Rajab

Bulan Rajab merupakan bulan ketujuh pada kalender Hijriah dengan jumah hari sebanyak 30 hari. Terdapat peristiwa penting yang terjadi di bulan ini, yaitu Isra’ Mi’raj yang terjadi pada tanggal 27.

8. Sya’ban

Sya’ban merupakan bulan ke delapan dam sistem penanggalan Hijriah. Terdiri dari 29 hari, dimana setiap nisfu (pertengahan) sya’ban orang muslim di Indonesia mulai bermaaf-maafan untuk menyambut bulan suci Ramadan.

9. Ramadan

Ramadan tentu tidak asing lagi bahkan untuk orang yang bukan beragama Islam sekalipun. Pada bulan ini Umat Islam menjalankan rukun Islam yang ketiga, yaitu berpuasa. Umat Islam berpuasa satu hari penuh selama bulan Ramadan sebagai kewajibannya. Ramadan juga dikatakan bulan yang suci karena para setan dibelenggu dan Umat Islam banyak melakukan ibadah baik wajib maupun sunnah.

10. Syawal

Syawal merupakan bulan yang spesial karena setiap tanggal 1 Umat Islam merayakan kemenangan dan kembali fitrah setelah berpuasa satu bulan di bulan Ramadan.

11. Dzulkaidah (Nama Nama Bulan Islam)

Di Arab bulan ini dianggap sebagai bulan yang tenang dan ditetapkan sebagai bulan dimana pantang untuk berperang.

12. Dzulhijah (Nama Nama Bulan Islam)

Dzulhijah merupakan bulan yang suci selain Ramadhan. Di bulan terakhir ini Umat Islam juga melaksanakan rukun Islam yang terakhir, yaitu berhaji. Umat muslim juga dianjurkan untuk menyembelih hewan kurban di hhari raya idul Adha, tepatnya pada tanggal 10 Dzulhijah.

Itulah  12 bulan dalam Islam yang sesuai dengan sistem penanggalan atau kalender Hijriah. Sebagai muslim sudah seharusnya kita tahu dan faham akan bulan-bulan tersebut.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.