Nama Nama Iblis | Makhluk Kesayangan Allah yang Menjadi Durhaka

Nama Nama Iblis – Iblis merupakan golongan dari Jin. Allah menciptakan iblis dari api sebagaimana Dia mencipatakan golongan jin. Golongan jin juga diberi akal dan hawa nafsu sama seperti halnya manusia yang diberi akal dan hawa nafsu oleh Allah. hal itu juga yang membuat iblis mempunyai sifat iri dengki terhadap manusia saat pertama kali Allah menyuruh para malaikat dan golongan jin untuk bersujud kepada adam.

Nama Nama Iblis

Jin terbagi menjadi dua golongan, pertama golongan yang shaleh dan yang lain merupakan golongan yang ingkar. Golongan jin yang ingkar dan mempunyai sifat-sifat jelek inilah yang disebut iblis. Iblis merupakan raja atau biangnya setan. Dimana ia merupakan mahluk yang paling hina dan jahat. Hidupnya bahkan telah didedikasikan untuk menjerumuskan anak keturunan Adam (manusia) ke neraka.

Al-Jin merupakan makhluk yang ghaib dan jumlahnya sangat banyak. Menurut riwayat jumlah golongan jin bahkan lebih banyak dari manusia. Meskipun begitu manusia tidak perlu takut karena Allah selalu melindungi hambaNya yang taat. Dari sekian banyak iblis terdapat nama-nama yang sering disebutkan untuk menggambarkan mereka. Berikut ini nama-nama jin durhaka yang perlu kalian ketahui:

1. Wiswas atau Dzulwaswas

Wiswas atau Waswas merupakan satu dari nama golongan jin durhaka berdasarkan pendapat jumhur para ahli tafsir. Penafsir tersebut berasal dari kalangan sahabat dan tabi’in seperti Ibnu Abbas, Mujahid, Muqatil, dan Qatadah dalam menafsirkan surah An Naas ayat 4

مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ ەۙ الْخَنَّاسِۖ

Min syarril-waswaasil-khannaas

“dari kejahatan (bisikan) iblis yang bersembunyi”

2. Azzabb bin Azyab

Azzabb bin Azyab merupakan nama yang keluar berdasarkan hadits riwayat Ahmad dari Ka’ab bin Malik ia berkata, “ketika kami berbaiat kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, iblis berteriak dari puncak bukit dengan suara yang sangat jauh dimana aku sama sekali belum pernah mendengarnya.” Maka Rasulullah SAW bersabda:

هذا أزب العقبة هذا ابن أزيب ، أتسمع أي عدو الله ؟

“Ini adalah Azzab al Aqobah, ini adalah ibnu Azyab apakah engkau mendengar wahai musuh Allah?”

Hadits tersebut telah dishahihkan oleh Al Arnauth di dalam Tahqiqnya terhadap kitab Zaadul Ma’aad.

3. Ghilan atau Ghul (Nama Nama Iblis)

Imam Ahmad meriwayatkan dalam Musnadnya [28/308] serta Abdurrazzaq, An-Nasai, dan Thabrani dari Jabir bin Abdullah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

فَإِنَّ الْأَرْضَ تُطْوَى بِاللَّيْلِ وَإِذَا تَغَوَّلَتْ لَكُمْ الْغِيلَانُ فَنَادُوا بِالْأَذَانِ

“Apabila Ghilan menakut-nakuti kalian maka serulah adzan.”

Nama Ghul dikuatkan dalam hadits shahihMuslim [4119] dari Jabir, bahwasannya Rasulullah SAW bersabda:

لَا عَدْوَى وَلَا طِيَرَةَ وَلَا غُولَ

“tidak ada penyakit menular secara sendirian, tidak ada pengaruh atau tanda bahaya karena suara burung dan tidak ada (Ghul) hantu atau iblis.”

4. Khubuts atau Khobaaits

Bukhori dan Muslim meriwayatkan hadits dari Anas bin Malik, bahwasannya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila masuk tempat buang hajat beliau mengucapkan doa:

“Ya Allah Aku berlindung dari Khubuts (jin lelaki) dan Khabaits (jin wanita).”

5. Azazil (Nama lain Iblis)

Nama lain dari Iblis sebenarnya hanya satu, yaitu Azazil. Nama-nama diatas merupakan sifat dari para iblis. Kata Azazil bahkan telah disebutkan dalam hadits riwayat Al-Baihaqi dari Ibnu Abbas. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

كان إبليس اسمه عزازيل ، وكان من أشرف الملائكة من ذوي الأجنحة الأربعة ، ثم أبلس بعد

“Dahulu Iblis namanya adalah ‘azazil dia termasuk dari malaikat-malaikat yang paling mulia dan memiliki empat sayap, kemudian ia durhaka setelah itu.”

Dari hadits tersebut juga dapat kita ketahui bahwa sebelum iblis membangkang mereka bagian dari para Malaikat. Bedanya malaikat tidak mempunyai hawa nafsu sedangkan Iblis diberi hawa nafsu.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.