8 Nama Nama Neraka yang Telah Disebutkan Dalam Alquran

Nama Nama Neraka – Neraka atau yang dalam bahasa Arabnya An Naar adalah tempat dimana orang-orang yang berbuat dosa disiksa atas perbuatanya. Neraka adalah tempat yang hina, selain hina neraka merupakan tempat yang sangat kejam dan tidak dapat terbayangkan. Para iblis adalah penghuni sejati neraka karena memang neraka merupakan tempat bagi golongan jin dan manusia yang durhaka kepada Allah.

Nama Nama Neraka

Neraka tidak hanya mempunyai satu pintu. Pintu-pintu neraka sangatlah kokoh dan tertutup rapat. Tempat tersebut diibaratkan sebuah penjara abadi. Masing-masing pintu neraka mempunyai namanya tersendiri. Berikut ini beberapa nama neraka yang pernah disebutkan baik dalam Al Quran maupun Hadits.

1. Hawiyah

Hawiyah adalah neraka yang diperuntukkan bagi golongan yang ringan timbangan amal shalehnya. Dimana saat hidup mereka mengerjakan kebaikan dibarengi dengan keburukan. Seorang Muslim yang tidak mencerminkan keislamannya, seperti meninggalkan shalat, suka riba, meminum khamr, dan sebagainya. Hal ini disebutkan dalan QS. Al-Qariah: 10.

وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا هِيَهْۗ
“Dan tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu?”

2. Jahiim

Jahiim merupakan neraka tempat penyiksaan bagi kaum musyrik atau golongan yang menyekutukan Allah. Mereka akan disiksa oleh sesembaham mereka sendiri. Syirik merupakan dosa besar di dalam ajaran Islam karena syirik berarti mengakui bahwa ada Tuhan lain selain Allah. bisa pula menganggap ada makhluk yang sehebat dan berkuasa seperti Allah SWT. Nama neraka Jahiim telah disebutkan dalam QS. Asy Syu’ara, QS. At Tur dan QS. As Saffat.

3. Saqar (Nama Nama Neraka)

Saqar adalah neraka bagi kaum munafik, yaitu golongan yang mendustakan perintah Allah dan Rasul-Nya. Golongan ini tahu akan ketetapan Allah dan Rasul-Nya, tapi mereka meremehkannya dan tidak menjalankan syariat Islam. Seperti yang tertulis dalam QS. Al Mudatstsir: 26 – 29.
سَاُصْلِيْهِ سَقَر َوَمَآ اَدْرٰىكَ مَا سَقَرُ ۗ لَا تُبْقِيْ وَلَا تَذَرُ ۚلَوَّاحَةٌ لِّلْبَشَرِۚ

“Kelak Aku akan memasukkannya ke dalam Neraka Saqar. Dan tahukan kamu apa Saqar itu? Ia tidak meninggalkan dan tidak membiarkan. Yang menghanguskan kulit manusia.”

4. Lazhaa (Nama Nama Neraka)

Lazhaa merupakan neraka yang diperuntukkan bagi golongan yang kikir. Orang-orang tersebut suka mengumpulkan harta, serakah dan suka menghina fakir miskin. Sedekah dan zakat mereka dilakukan dengan terpaksa dan tidak ikhlas. Hal ini seperti yang disebutkan dalam QS. Al-Ma’arij: 15.

كَلَّاۗ اِنَّهَا لَظٰىۙ

“sama sekali tidak! Sungguh (neraka) itu api yang bergejolak”

5. Huthamah

Huthamah adalah neraka yang disiapkan untuk golongan yang gemar mengumpulkan harta, mulai dari emas, permata, perak, hingga platina. Semua yang mereka kumpulkan enggan dizakati apalagi disedekahkan. Di dalam neraka ini kaum tersebut akan diberi minum logam panas dari hasil pembakaran harta mereka di dunia. Nama neraka Huthamah telah disebutkan dalam QS. Al Humazah: 4.

كَلَّا لَيُنْۢبَذَنَّ فِى الْحُطَمَةِۖ

“sekali-kali tidak! Pasti dia akan dilemparkan ke dalam (neraka) Hutamah”

6. Sa’iir (Nama Lain Neraka)

Sa’iir merupakan neraka yang diisi oleh kaum atau golongan kafir dan yang memakan harta anak yatim (korupsi). Telah disebutkan dalam QS. Al –Ahzab, surah An Nisa, surah Al Fath, dan surah Luqman.

7. Wail (Nama Lain Neraka)

Wail adalah neraka yang disiapkan untuk para pedagang atau pengusaha yang licik. Mereka itu suka mengurangi timbangan, mencalokan barang untuk keuntungan yang berlipat, serta berjualan sistem ijon (seperti istilah membeli kucing dalam karung). Hal ini juga telah disebutkan dalam QS. At Tur.

8. Jahannam

Jahannam merupakan neraka dimana orang-orang yang kerap berdusta dan bermain-main dengan perbuatan dosa berkumpul. QS. At Tur: 13.

يَوْمَ يُدَعُّوْنَ اِلٰى نَارِ جَهَنَّمَ دَعًّاۗ

Janganlah sekali-kali kalian berbuat dosa karena sekicil apapun dosa kalian ada tempatnya di neraka. Allah tidak pernah tidur dan Dia mempunyai malaikat yang selalu mengawasi kita.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.