Nama Nama Setan | 8 Nama Setan Beserta Sifatnya yang Perlu DIhindari

Nama Nama Setan – Setan merupakan keturunan dari iblis dan termasuk golongan jin yang mungkar. Adapula yang berpendapat bahwa setan bukanlah keturunan iblis atau makhluk layaknya iblis, tetapi sifat daripada iblis. Dengan kata lain golongan jin yang memiliki sifat setan (jahat dan berdosa) adalah iblis.

Nama Nama Setan

Setan adalah sifat yang terkutuk. Iblis memiliki sifat setan karena itu mereka diusir dari surga. Mereka takabur dan sombong karena diciptakan dari api. Mereka tidak mau bersujud kepada Adam yang hanya diciptakan dari tanah. Iblis berhati setan meminta penangguhan umur kepada Allah hingga hari kiamat agar bisa menjerumuskan manusia karena dendamnya.

Menurut Mujahid dalam Ath-Thabari ada lima macam setan keturunan iblis. Selain kelima nama tersebut beberapa ulama juga mengatakan ada tiga nama lain yang menjadi nama setan. Berikut ini nama-nama setan yang perlu kalian tahu:

1. Zalanbur

Zalanbur merupakan setan penggoda manusia yang ada di pasar-pasar. Mereka menghasut manusia agar berbuat curang, mengelabui pembeli, boros, hedon, dan sebagainya. Janganlah terlalu sering pergi ke pasar atau tempat berbelanja lainnya. Jika sedang berbelanja hendaknya banyaklah berdoa dengan doa berikut:

اَللَّهُمَّ إِنّي أَعُوْذُ بِكَ أَنْ أَكْسِبَ فِيْهَا يَمِيْناً فَاجِرَةً أَوْ صَفْقَةً خَاسِرَةً

“Ya Allah aku berlindung kepadaMu dari perbuatan sumpah palsu dan transaksi yang merugikan di pasar.”

2. Tsabur

Tsabur adalah setan penggoda manusia ketika mereka ditimpa musibah. Tujuan mereka adalah menghasut manusia agar benci dan tidak sabar akan ujian Allah. mereka bahkan menghassut agar manusia yang frustasi mengakhiri hidupnya.

3. A’war

A’war merupakan setan penggoda agar manusia berbuat zina. Mereka inilah yang membuat manusia seperti dipelet terhadap lawan jenisnya dan berani melakukan apa saja. Bahkan tak jarang setan A’war membujuk pasangan untuk saling membunuh dan menghianati. Karena itu kita dilarang untuk berdua-duaan dengan lawan jenis karena (orang) ketiganya adalah setan.

4. Masuth

Masuth adalah setan yang menghasut manusia agar berbuat dusta. Mereka menyuruh manusia menyebar hoax atau membuat berita palsu. Masuth juga yang membisiki para peramal dan tukang sihir agar berbuat tipu daya. Seolah-olah yang disampaikan oleh dukun dan peramal itu adalah benar padahal itu sebuah tipu muslihat setan.

5. Dasim

Dasim merupakan setan yang sering berada di rumah. Mereka melibatkan diri dalam seluruh kegiatan manusia dirumah. Untuk itu kita harus selalu berdoa dan meminta perlindungan Allah agar terhindar darinya.

6. Khanzab

Dalam kitab hadits Shahih Muslim, Imam muslim meriwayatkan hadits dari Utsman bin Abi Al-‘Ash. Beliau mendatangi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan dia berkata, “Wahai Rasulullah sesungguhnya setan telah menghalangi antara aku dan shalatku serta bacaanku. Ia mengacaukannya!” maka Rasulullah SAW bersabda:
“ذَاكَ شَيْطَانٌ يُقَالُ لَهُ خَنْزَبٌ فَإِذَا أَحْسَسْتَهُ فَتَعَوَّذْ بِاللَّهِ مِنْهُ وَاتْفِلْ عَلَى يَسَارِكَ ثَلَاثًا

“Itu adalah setan yang dikenal dengan Honzab jika engkau merasakannya maka berlindunglah kepada Allah darinya dan berludahlah ke sebelah kirimu 3 kali.”

7. Walhan

Hadits riwayat Ahmad dan Tirmidzi tersebut salah satu nama setan, yaitu Walhan.
Ubay bin Ka’ab dari Nabi Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

للوضوء شيطان يقال له الولهان فاتقوه أو قال فاحذروه

“Ketika berwudhu ada setan yang menganggu ia disebut dengan Walhan maka berhati-hatilah kepadanya.”
Selain hadits diatas adapula hadits riwayat Al Baihaqi dari Shahih Hasan Bashri

شيطان الوضوء يدعى الولهان

“Setan wudhu disebut dengan Walhan.”

8. Ajda’

Telah diriwayatkan oleh Abu Daud, Ibnu Majah, dan Ahmad, hadits dari Umar bin Khattab, beliau berkata, “Akmendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

الْأَجْدَعُ شَيْطَانٌ“

“Al ajda adalah setan.”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.