Nama Tabiin | 13 Nama Tabiin Termasyhur dan Terpercaya dalam Islam

Nama Tabiin ─ Tabi’in secara bahasa berarti pengikut. Secara istilah tabi’in berarti orang-orang Islam yang masa hidupnya setelah para sahabat Nabi dan tidak pernah bertemu langsung dengan Nabi Muhammad SAW. Tabi’in bisa juga dikatakan sebagai murid dari para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Nama Tabiin

Para tabi’in masih bisa dikatakan sebagai orang Islam yang awal karena hidupnya masih tak jauh dengan wafatnya Rasulullah SAW. Waktu atau masa para tabi’in dimulai sejak wafatnya para sahabat, terutama sahabat nabi yang terakhir.

Sahabat Nabi yang terakhir ialah Abu Thufail al Laitsi yang wafat di tahun 100 H atau 735 M. Para Tabi’in dibagi menjadi empat tingakatan sesuai dengan usia dan sumber riwayatnya. Berikut nama para tabiin yang terkenal.

1. Abu Hanifah (Nama Tabiin)

Abu Hanifah lahir di Kufah, Irak pada tahun 80 Hijriyah atau 699 Masehi dengan nama Nu’man bin Tsabit bin Zuta bin Mahan at Taymi. Pendiri dari Mahdzab Hanafi. Meninggal di Baghdad, Irak pada tahun 148 Hijriyah atau 767 Masehi.

2. Al Hasan Al Bashri (Tabi’in)

Al Hasan Al Bashri wafat di Madinah pada tahun 642 Hijriyah atau 728 Masehi. Abu Sa’id al Hasan ibn Abil Hasan Yasar al Bashri adalah nama lengkap beliau. Dikenal sebagai cendekiawan muslim sekaligus ulama yang hidup di masa awal kekhalifahan Umayyah.

3. Alqamah bin Qais an Nakha’i (Nama Tabiin)

Seorang tabiin senior yang lahir tak lama setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW. Abu Syibil Alqamah bin Qais bin Abdullah bin Malik an Nakha’i al Kufi adalah nama lengkapnya. Alqamah banyak meriwayatkan hadits dari para sahabat utama, seperti Umar, Utsman, Ali, Ibnu Mas’ud, serta ‘Aisyah.

4. Al Qasim Bin Muhammad bin Abu Bakar Ash Shiddiq

Al Qasim merupakan ahli fiqih ternama yang termasuk dalam tujuh fuqaha Madinah. Cucu dari Abu Bakar Ash Shidiq dan merupakan keturunan bangsawan.

5. Ibnu Abi Mulaikhah (Tabi’in)

Keturunan Bani Taim yang memiliki nama lengkap Abdullah bin Ubaidullah bin Abi Mulaikah, Zuhair bin Abdullah bin Jud’an bin Amru bin Ka’ab bin Sa’ad bin Taim. Lahir pada masa kekhalifahan Ali dan wafat di tahun 117 H.

6. Muhammad bin Sirin (Nama Tabiin)

Muhammad bin Sirin merupakan seorang ulama fiqh sekaligus perawi hadits yang tinggal di Bashrah. Ibnu Sirin banyak belajar ilmu agama dan meriwayatkan hadits dari beberapa sahabat, seperti Abu Hurairah, Abdullah bin Umar, Abdullah bin Zubair, serta Anas bin Malik.

7. Muhammad bin Syihab Az Zuhri

Abu Bakar Muhammad bin Muslim bin Ubaidillah bin Abdullah bin Syihab bin Abdullah bin Al Harits bin Zurrah merupakan nama lengkapnya. Lebih dikenal dengan panggilan Imam Az Zuhri atau Ibnu Syihab. Lahir di tahun 51 H atau 671 M membuatnya tergolong sebagai tabiin junior.

8. Salim bin Abdullah

Memiliki nama lengkap Salim bin Abdullah bin Umar bin Khattab merupakan cucu dari khalifah ke dua. Wafat pada tahun 106 H atau 724 Masehi. banyak meriwayatkan hadits dari ayah serta kakeknya.

9. Said bin Al Musayyib

Termasuk salah satu dari tujuh Fuqaha Madinah dan dianggap yang paling berpengaruh. Telah berhaji lebih dari 30 kali dan dikenal rajin beribadah. Diberi julukan Rawiyatul Umar karena hafal atas apa yang dikatakan Umar mengenai hadits dan hukum.

10. Rabi’ah Ar Rayi (Nama Tabiin)

Tabi’in termuda yang memiliki nama lengkap Rabi’ah bin Abu Abdurrahman Farrukh at Taimi al Madani. Termasyhur sebagai ahli fiqh, hadits, serta mujtahid dari Madinah.

11. Ubaidillah bin Abdullah

Salah satu dari Tujuh Fuqaha Madinah yang juga guru dari Umar bin Abdul Aziz. Bernama lengkap Abu Abdullah Ubaidillah bin Abdullah bin Utbah bin Mas’ud al Hadzali.

12. Umar bin Abdul Aziz

Khalifah sekaligus tabiin yang berkuasa dari tahun 717 hingga tahun 720 Masehi. Berasal dari Bani Umayyah.

13. Urwah bin Az Zubair

Salah satu dari ke tujuh Fuqaha Madinah dan putra dari Asma binti Abu Bakar dengan Zubair bin Awwam. Banyak perawi yang mengambil jalur darinya karena ia belajar langsung dari para sahabat nabi yang utama.

itulah 13 nama para tabi’in yang termasyhur.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.