Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Jasa Paket Pernikahan (WO)

Paket Pernikahan – Momen pernikahan yang indah, meriah, dan berkesan menjadi salah satu impian bagi banyak orang. Sebab, setiap orang pasti mengharapkan pernikahan tersebut dilakukan satu kali seumur hidup.

Sehingga dalam mempersiapkannya, banyak yang rela mengeluarkan biaya besar demi terselenggaranya pernikahan yang mewah. Meskipun sebenarnya kemewahan bukan standar bagi pernikahan yang berkesan.

Dewasa ini banyak pasangan yang memilih menggelar pesta pernikahan yang cenderung menggunakan konsep sederhana namun lebih mengutamakan kedekatan dengan para tamu undangan. Namun tidak semua orang beruntung untuk bisa menggelar pernikahan yang berkesan.

Terkadang memang kenyataan tak seindah kenyataan bukan? Beberapa faktor yang mempengaruhi diantaranya seperti keterbatasan dana, keadaan, dan hal-hal mendasar serupa.


Paket Pernikahan Menggunakan WO


bridestory.com

Pada masa persiapan pernikahan, anda dihadapkan pada sebuah pilihan. Yakni antara menggunakan penyedia jasa pernikahan seperti Wedding Organizer (WO), mengurus sendiri pernikahan namun dengan menggunakan sistem paket atau langsung terjun dalam mempersiapkan segala keperluannya sendiri.

Pilihan menggunakan WO dirasa lebih praktis serta lebih efisien dari segi waktu dan tenaga, namun anda harus siap dengan budget yang cukup. Sedangkan bila anda memilih untuk mengurus sendiri persiapannya, tentu akan banyak menguras waktu, tenaga dan pikiran anda karena harus terjun langsung satu persatu.

Bagi anda yang tidak ingin terlalu besar dalam mengeluarkan biaya pernikahan, anda bisa mengurus sendiri pernikahan. Bahkan sebagian orang menganggap bahwa dengan turun langsung dalam persiapan pernikahan lebih mendapatkan kepuasan pribadi.

Namun dengan segala konsekuensi yang harus dijalani tentu lebih berat ketimbang menggunakan jasa WO. Nah, bagi anda yang ingin lebih mudah untuk mengurus persiapan pernikahan ini anda bisa menggunakan jasa WO.

wowkeren.com

Ketika anda memilih menggunakan jasa WO, anda hanya perlu menyampaikan keinginan mengenai pesta pernikahan yang anda inginkan, untuk konsep dan praktiknya akan dilakukan oleh mereka. Nantinya anda akan diundang untuk berdiskusi sampai mendapatkan kesepakatan.

Jadi, meskipun anda sudah menggunakan jasa WO pun anda masih diberikan kesempatan untuk terlibat langsung didalamnya seperti halnya dalam menentukan vendor-vendor yang akan digunakan.

Meskipun umumnya vendor-vendor tersebut merupakan partner mereka, oleh karenanya anda hanya tinggal memilih saja dan tidak perlu mencarinya sendiri. Akan tetapi ada hal yang perlu diluruskan, bahwa vendor pernikahan ini tidak selalu sebuah WO.

Artinya, ketika anda ingin mengurus pernikahan sendiri namun dengan menggunakan paket pernikahan, anda bisa mendapatkannya diluar WO. Pengelola gedung yang biasa digunakan untuk menggelar acara, umumnya juga memiliki paket pernikahan.

Jenis-Jenis Paket Pernikahan

swara.tunaiku.com

Ada yang perlu anda ketahui tentang jenis paket pernikahan ini. Sistem paket pernikahan terbagi menjadi dua, yaitu paket fleksibel dan tidak fleksibel.

Katering biasanya memiliki paket fleksibel. Harga yang ditawarkan paket fleksibel masih bisa diubah-ubah. Contoh sederhananya adalah ketika anda ditawari sebuah paket yang juga mencakup vendor-vendor partner dari pihak katering tersebut seharga 30 juta.

Ketika anda hanya ingin menggunakan kateringnya saja tanpa menggunakan vendor partner mereka, maka harganya bisa dikurangi sejumlah yang tidak termasuk tersebut. Katakanlah jika vendor yang tidak diinginkan, menggunakan dana sebesar 5 juta, maka anda hanya perlu membayar 25 juta saja.

Sedangkan untuk paket yang tidak fleksibel biasanya dimiliki oleh pengelola gedung tempat dilaksanakannya pesta pernikahan. Dalam paket ini, umumnya mencakup gedung, katering, dekorasi, fotografer, maupun WO.

Paket tidak fleksibel ini sifatnya statis, jadi anda tidak bisa mengurangi biaya yang sudah ditetapkan dalam sebuah paket meskipun anda tidak mengambil salah satu vendor yang termasuk dalam paket tersebut.

Misalnya ketika anda mengambil sebuah paket lengkap seharga 85 juta, namun anda tidak ingin menggunakan salah satu vendornya, katakanlah menggunakan dana sebesar 5 juta. Anda tidak lantas mendapatkan potongan harga sejumlah pengurangan itu selayaknya dalam paket fleksibel.

Lantas apakah jadi rugi? Tentu tidak. Dana 5 juta yang tidak jadi digunakan untuk membayar vendor yang tidak dipilih tadi akan digunakan untuk menambah biaya vendor lainnya.

Memang jika ingin lebih praktis, anda bisa menggunakan paket pernikahan yang sudah lengkap. Sehingga nantinya hanya langsung diaplikasikan saja tanpa perlu banyak hal yang diubah. Meskipun begitu, tidak semua paket yang ditawarkan itu sudah pasti baik.

Karena tentu saja, ada kelebihan dan kekurangan jika menggunakan paket pernikahan ini. Oleh sebab itu, anda perlu memastikan lebih detil agar tidak kecewa dengan hasilnya nanti. Berikut ini kelebihan dan kekurangan dari menggunakan sistem paket pernikahan.


Plus-Minus Menggunakan Jasa Paket Pernikahan


Kelebihan

merdeka.com

Kelebihan yang bisa dirasakan jika menggunakan sistem paket pernikahan:

a. Menghemat waktu.

Jika anda dan pasangan tidak memiliki banyak waktu untuk terjun langsung mengurus pernikahan satu-persatu, pilihan menggunakan sistem paket merupakan keputusan yang tepat.

Bayangkan saja ketika anda berdua sibuk bekerja, namun harus mengurus pernikahan dengan rinci mulai dari berkeliling mencari vendor dan berkali-kali harus berpindah tempat untuk survey, tentu akan sangat melelahkan.

Sehingga hal ini akan membantu anda menghemat tenaga pula. Waktu yang ada bisa anda gunakan untuk mempersiapkan hal-hal pribadi diri anda.

b. Bisa jadi lebih murah

Mengapa dikatakan bisa jadi? Karena harga paket lengkap umumnya memang dibuat lebih terjangkau dibandingkan jika menggunakan berbagai vendor secara terpisah. Itu karena biasanya mereka tidak banyak mengambil keuntungan karena sudah saling bekerja sama, sehingga biaya yang dikeluarkan bisa ditekan.

c. Praktis

Persiapan pernikahan yang begitu banyak sering kali membuat pasangan mengalami ‘hari-hari buruk’ karena terlalu pusing memikirkannya. Tidak jarang banyak yang mengalami perdebatan yang alot sehingga justru membuat tegang suasana.

Padahal pernikahan merupakan momen yang bahagia, baiknya dipersiapkan dengan hati dan pikiran yang tenang. Oleh karena itu, dengan menggunakan paket pernikahan, setidaknya akan mampu mengurangi hal-hal seperti itu karena jauh lebih praktis.

Kekurangan

popbela.com

Selain kelebihan, terdapat kekurangan dari penggunaan sistem paket ini, diantaranya seperti:

a. Bentuk sesuai budget

Pepatah mengatakan ada barang ada uang, nampaknya juga berlaku pada paket pernikahan yang dipilih. Artinya apa yang anda pilih itulah yang akan anda terima.

Ketika dana anda terbatas, maka paket yang anda dapatkan juga akan menyesuaikan. Maka jangan berpikiran untuk mendapatkan hasil yang selalu maksimal ketika dana anda tidak mencukupi.

b. Tidak sesuai ekspektasi

Ini menjadi hal yang sangat riskan terjadi, ketika anda tidak menemukan vendor yang tepat. Bisa saja anda mendapatkan paket pernikahan yang hasilnya tidak sesuai dengan harapan. Parahnya ketika anda mendapati bahwa sudah banyak mengeluarkan biaya namun hasilnya jauh dari apa yang dijanjikan.

Untuk mengantisipasi kejadian seperti itu, anda baiknya mengetahui kelebihan dan kekurangan menggunakan sistem paket ini. Matangkan juga konsep acara yang akan anda laksanakan dengan mempertimbangkan budget yang dimiliki.

Serta berhati-hati dalam memilih vendor pernikahan. Banyak sekali yang menyediakan paket dengan berbagai varian harga.

Jangan mudah tergiur juga ketika mendapati vendor yang menawarkan harga murah namun tidak memberikan rincian ataupun detil produk yang ditawarkan. Karena yang seperti itu, justru bisa berpotensi untuk merugikan anda.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.