Pengertian Sholat | Hukum, Syarat Wajib, Syarat Sah dan Rukun

Setiap muslim mempunyai kewajiban untuk melaksanakan ibadah sholat fardhu 5 waktu dalam sehari seperti yang sudah tertuang dalam rukun islam yang kedua.

Sejak dari kecil kita sudah dididik agar harus menanamkan kebiasaan sholat dan ketika sudah beranjak baligh akan menjadi kewajiban.

Sholat memiliki banyak keutamaan yang dapat diperoleh dalam kehidupan sehari-hari baik di dunia maupun nanti di akhirat kelak.

Pada artikel ini, akan dibahas mengenai pengertian sholat, hukum sholat, syarat wajib sholat, syarat sahnya sholat dan rukun sholat.

Yuk simak penjelasannya!


Pengertian Sholat


Image Source: islamarticles.net

Sholat secara bahasa memiliki makna do’a, sedangkan secara terminology/istilah, sholat adalah sebuah ibadah yang hukumnya wajib, terdiri dari ucapan dan gerakan yang awalnya di awali dengan takbiraktul ihram kemudian diakhiri dengan mengucapkan salam.

Menurut Hasbi Ash Shiddieqy, sholat mempunyai arti berupa gambaran jiwa sholat yaitu berharap kepada Allah SWT dengan sungguh-sungguh dan sebenar-benarnya yang juga dengan sepenuh hati dan jiwa raga dengan segala kekhusyu’an di hadapan Allah serta ikhlas yang didasari dengan hati yang selalu berzikir, berdoa dan memujinya.

Dalam melaksanakan sholat, harus selalu berusaha untuk menjaga kekhusyu’annya. Khusyu secara bahasa berasal dari kata khasya’a yakhsya’u yang memiliki arti memusatkan penglihatan pada bumi, memejamkan mata dan meringankan suara pada saat sholat.

Khusyu’ juga memiliki arti lebih dekat dengan kudhu’, yaitu tunduk dan takhasysyu, yaitu membuat diri menjadi khusyu’.

Suara, pengelihatan dan gerakan badan itu dapat menjadi tanda kekhusyu’an seseorang dalam melaksanakan ibadah sholat.


Hukum Sholat


Image Source: konsultasisyariah.com

Hukum sholat memiliki hukum yang dapat dikategorikan sebagai sholat fardhu dan sholat sunnah.

Sholat fardhu merupakan sholat yang wajib hukumnya untuk dikerjakan atau dilaksanakan oleh tiap orang muslim.

Fardhu sendiri terbagi lagi menjadi dua yaitu fardhu ain (merupakan kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan oleh dilaksanakan oleh orang lain, misalnya seperti sholat lima waktu dan juga sholat jum’at untuk pria) dan fardhu kifayah (merupakan kewajiban yang tidak langsung berkaitan dengan diri yang kewajiban itu akan menjadi sunnah setelah ada yang mengerjakannya dan akan menjadi dosa jika tidak di kerjakan, misalnya seperti sholat jenazah).

Sholat sunnah (sholat nafilah) merupakan sholat yang dianjurkan/disunnahkan namun tidak diwajibkan.

Sholat nafilah juga terbagi lagi menjadi dua yaitu nafil muakad (sholat sunnah yang dianjurkan dengan penekanan kuat hampir mendekati wajib, misalnya seperti sholat dua hari raya, sholat sunnah witir dan sholat sunnah thawaf) dan nafil ghairu muakkad (sholat sunnah yang dianjutkan namun tanpa penekanan yang kuat misalnya seperti sholat sunnah rawatib).


Syarat Wajib Sholat


Image Source: kiblat.net

Melaksanakan sholat tidak dapat dilakukan jika tidak memiliki ilmunya. Anda haruslah mengetahui mengenai syarat wajib sholat yang harus terpenuhi dalam melaksanakan sholat.

Menurut Imam Abu Suja yang merupakan pengarang kitab dasar Taqrib yang kemudian disarahi kitab Fathul Qarib, syarat wajib sholat ada tiga yaitu:
– Islam
– Baligh
– Berakal.


Syarat Sah Sholat


Image Source: islampos.com

Tidak hanya syarat wajib, terdapat juga syarat sah sholat yang perlu diperhatikan. Masih menurut Imam Abu Suja, syarat sah sholat yang pertama yaitu:

– Sucinya badan dari hadats dan najis
– Menutup aurat dengan pakaian suci
– Berada di tempat suci
– Tahu pasti terhadap waku masuknya sholat
– Menghadap kiblat.


Rukun Sholat


Image Source: republika.co.id

Mengutip dari nu.or.id terdapat 18 rukun sholat diantaranya sebagai berikut:

1) Niat
2) Berdiri bagi yang mampu
3) Takbiratul ihram
4) Membaca surat alfatihah
5) Ruku’
6) Thuma’ninah
7) Bandung dari ruku’ dan I’tidal
8) Thuma’ninah
9) Sujud
10) Thuma’ninah
11) Duduk diantara dua sujud
12) Thumaninah
13) Duduk antara tasyahhud akhir
14) Membaca tasyahhud akhir
15) Membaca sholawat pada Nabi SAW saat tasyahhud akhir
16) Salam pertama
17) Niat keluar dari sholat
18) Tertib, yaitu mengurutkan rukun-rukun sesuai seperti apa yang telah dituturkan.

Demikian penjelasan kami mengenai Pengertian Sholat beserta Hukum, Syarat Wajib, Syarat Sah dan Rukun nya. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.